Museum Sasmitaloka berada di Jalan Bintaran Wetan no.3 , Yogyakarta. Museum Sasmitaloka merupakan penghargaan bagi Jendral Sudirman karena dedikasihnya pada bangsa Indonesia, pengorbanan beliau sangat luar biasa untuk bangsa ini. Sesuai dengan nama museum sasmitaloka, yang mempunyai arti”rumah untuk mengenang”, anda akan diajak kembali untuk mengingat  perjuangan, perjalanan hidup dan dedikasih beliau waktu dulu dengan lengkap. Museum ini merupakan sebuah biografi beliau sejak masa kecil di Purwokerto sampai wafat dan dimakamkan di makam pahlawan semaki, Yogyakarta. Rumah yang sebelumnya menjadi museum Pusat TNI AD ini diresmikan menjadi Museum Sasmitaloka Pangsar Sudirman pada Tanggal 30 Agustus 1982, dengan mempunyai 14 ruangan, yang disetiap ruangannya adalah cerita yang disusun secara kronologis tentang kehidupan dan perjuangan beliau. Anda akan mendapatkan pelajaran banyak tentang Jendral Sudirman dimuseum ini lengkap dengan benda – benda peninggalan beliau.

Sebelum memasuki ruangan pertama anda kan menemukan berbagai macam pengharga Jendral Sudirman mulai dari piagam, lencana, bintang pangkat, dan medali, disini anda akan mengetahui nama Jendral Sudirman begitu besar bagi rakyat Indonesia. Diruangan ini anda juga akan menemukan papan yang meriwayatka kehidupan beliau. Memasuki ruangan I, ruangan I merupakan ruangan tamu yang dipergunakan beliau untuk menyambut setiap tamu yang datang kerumahnya, disini anda akan menemukan meja kursi yang dipergunakan beliau. Diruangan II, Ruangan ini merupakan ruangan santai keluarga Jendral Sudirman bersama istri dan putra- putrinya, ruangan ini terhubung dengan ruangan I dan dilengkapi meja kursi beliau, terdapat juga radio tua yang diatasnya terdapat lukisan beliau yang gagah berani menaiki kuda. Ruang III merupakan ruangan kerja Jendral sudriman, disini anda akan menemukan dokumen- dokumen penting beliau, meja kerja, berbagai lukisan dan foto, prabot rumah tangga, mesin jahit istri beliau, sampai senjata dan rancangan strategi perang kemerdekaan. Ruang IV berfungsi sebagai ruang tidur tamu, ruang V merupakan ruangan tidur Jendral Sudirman, ruang VI adalah ruangan tidur putra dan putri beliau. Ruangan VII ruangan pengangkatan ABRI dan ruang VIII sebagai ruangan Palagan Ambarawa, dikedua ruangan anda akan menemukan kursi, meja dan rute perang griliya Ambarawa yang terbagi menjadi dua peta, yang menceritakan karisma pahlawan- pahlawan dan perjuangan tokoh dalam pristiwa bersejarah tersebut.

Memasuki ruangan IX, ruang RS. Panti Rapih, yang berisi foto- foto beliau saat dirawat di rumah sakit tersebut yang ditampilkan melalui diorama yang menceritakan saat beliau duduk dikursi roda, sedang menulis dan menggunakan pakaian perawatan. Ruangan XI( ruangan sobo Pacitan), Ruangan XII (ruang diorama perang griliya[), ruang XII ( ruang koleksi pribadi), dan yang terakhir ruangan XIV(ruangan foto dan dokumentasi). Di keempat ruangan tersebut anda akan menemukan berbagai macam benda dan foto koleksi mulai dari, cangkir, gelas, teko, kuali, toples, kaca , mangkuk, miniature markas beliau yang berbentuk limas di Pacitan, berbagai macam lukisan pristiwa yang terjadi di Pacitan, diorama perang griliya, hingga foto- foto dokumentasi pakain perang militer, sampai koleksi pribadi beliau mulai dari, peci, ikat kepala, koper, tongkat danberbagai pakain perang beliau, terdapat juga manekin Jendral Sudirman yang berdiri kokoh lengkap dengan jas Coklat.

Tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk museum sasmitaloka, tapi anda harus awajib mengisi buku tamu di pos jaga. Museum sasmitaloka buka mulai dari hari Senin – Kamis dari Pukul 08.00-14.00, dan hari Sabtu- Minggu mulai Pukul 08.00-12.00, untuk hari Jumat museum ini libur. Untuk Akses menuju kemuseum ini sangat mudah, anda bisa menaiki trans jogja jalur 1A dan 1B, anda juga bisa menggunakan bis kota dari terminal Giwangan jalur 12 atau 16 dengan tarif Rp.2000/ orang, dan berhenti di Bintaran Wetan, Selanjutnya anda bisa melanjutkan dengan jalan kaki 50 meter menuju ke museum. Selain museum sasmitaloka anda bisa mengunjungi berbagai museum di jogja yang menarik untuk dikunjungi seperti Museum Batik Yogyakarta dan Museum Geoteknologi

How to get There :

Untuk menuju ke Museum tersebut dapat menggunakan Bus Transjogja jalur 1A dan 1 B turun di Halte Puro Pakualaman atau bus kota Jalur 12 turun di sebelah barat Puro Pakualaman dilanjutkan jalan kaki ke arah selatan kurang lebih 100 meter. Atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Yogya Kembali Hotel atau Hotel Ibis Malioboro

 

Peta Lokasi  :


Lihat Peta Lebih Besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • museum sudirman yogyakarta
  • museum jendral sudirman yogyakarta
  • museum sasmitaloka jenderal sudirman yogyakarta
  • sejarah museum sudirman yogyakarta
  • Benda peninggalan jenderal sudirman
  • Perjuangan Pangsar Sudirman
  • macam-macam benda koleksi museum jendral sudirman
  • lokasi lengkap museum sudirman
  • keluarga jendral sudirman
  • foto peninggalan pahlawn jenderal sudirman