monumen 1 maret, Serangan Oemoem 1 maret

Kota jogja mempunyai peranan penting tentang perjalanan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya. Beberapa bangunan dan tempat tempat bersejarah sangat banyak dijumpai  dikota ini. Ini membuktikan bahwa semasa perjuangan kemerdekaan kota yogya menjadi salah satu peran dalam sejarah bangsa. Salah satu bangunan tersebut berada dijantung kota Yogyakarta tepatnya berada dalam satu area di titik nol kota Yogyakarta yakni berada disisi sebelah timur laut. Bangunan tersebut diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tahun 1973, yang diberi nama Monumen Serangan Umum 1 Maret. Monumen tersebut di bangun sebagai peringatan atas perjuangan Tentara Nasional Indonesia untuk merebut kota Yogyakarta yang waktu itu sebagai ibukota Negara yakni pada tanggal 1 Maret 1949. Kawasan ini memang terdiri dari beberapa bangunan penting diantaranya ada Kantor Pos, Benteng Vredeburg dan juga Kraton serta istana kepresidenan Gedung Agung yang pernah sebagai pusat pemerintahan Negara Indonesia.

Monumen ini menjadi satu peringatan dimana Tentara Nasional Indonesia waktu itu merebut kota Yogyakarta dari tangan Belanda selama enam jam dan diawali tepat pukul enam pagi Tentara Nasional Indonesia menyerbu pos pos Belanda dan akhirnya berhasil. Walaupun hanya selama enam jam kota diduduki namun dampak yang sangat besar berhasil membuka mata dunia bahwa bangsa Indonesia yang beribukota di Yogyakatra waktu itu keberadaannya dapat terlihat dimata international.

Pelataran monument ini sering digunakan untuk beberapa acara karena memang letaknya sangat strategis, baik acara konser musik, pertunjukan seni budaya yang berskala besar ataupun hanya sekedar sekelompok komunitas yang menjadikan tempat ini sebagai tempat berkumpul. Monument serangan umum 1 Maret seakan tiada hari tanpa pengunjung. Suasana senantiasa ramai dikunjungi, walaupun hanya sekedar berfoto foto dengan latar belakang monument yang sangat indah menjadikan kenangan tersendiri. Ini juga dikarenakan tempat wisata lain sangat berdekatan sehingga bisa menghemat waktu dalam berwisata. Bisa ke kraton serta lingkupnya, Taman pendidikan Taman Pintar, atau mau belanja di Pasar Tradisional di Pasar Beringharjo semuanya bisa berjalan kaki tidak lebih dari 15 menit dan yang paling dekat adalah ke Benteng Vredeburg dan Gedung Agung

 

How to get There :

Untuk menuju lokasi monumen ini Anda bisa menggunakan :

- Bus Transjogja jalur 1A, 1B, 2A, 2B, dan 3 A bisa turun di halteA Yani atau halte Senopati/Taman Pintar

- Bus Kota jalur4, 9, 11, 12, 15 dan 18 turun di kawasan titik nol

- Becak, Taksi, Andong atau kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Parkir bisa disekitar benteng vredeburg atau kawasan Bank Indonesia.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Yogya Kembali Hotel atau Hotel Mutiara

Peta Lokasi  :


Lihat Monumen SO 1 Maret di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • kota jogja
  • monumen-monumen bersejarah di indonesia
  • festival malioboro 2014 di monumen serangan umum
  • gambar tempat sejarah di indonesia
  • nama monument 1 maret di jogja
  • peristiwa serangan umum 1 maret 1949 dikenang melalui monumen
  • Serangan umum 1 maret 1949 di bangun museum
  • Tentara Nasional Indonesia dimata dunia
  • tugu 1 maret di jogja