Tak perlu punya latar belakang sebagai pelukis untuk bisa menikmati karya Affandi. Lukisan-lukisan Affandi mampu menerobos alam pikiran siapapun. Karya-karya ini diperuntukkan bagi penikmat seni lintas generasi.  Untuk itu bersiaplah memasuki dunia Affandi, sang maestro lukis Indonesia.

Tidak banyak seniman yang mengabadikan karyanya dalam museum atau galeri yang tertata apik. Di Museum Affandi kita tidak hanya melihat lukisan Affandi semata namun bagaimana lukisan tersebut menjadi salah satu noktah sejarah seni Indonesia.

Karya-karya pelukis kelahiran Cirebon tahun 1907 ini setidaknya memberikan pemahaman bagi kita betapa inspirasi bisa diperoleh dari mana saja. Misalnya, beberapa lukisan yang tergantung di galeri I. Kita akan menemukan sosok Maryati, istri Affandi, yang menjadi model lukisan berjudul “Nude Woman, Back”. Sosok Maryati juga bisa kita temukan dalam  karyanya lain. Kecintaan Affandi kepada bapak dan ibunya juga tergambar jelas dalam lukisan seniman beraliran impresionis ini. Setidaknya ada sekitar 36 lukisan yang dipajang dalam galeri ini yang merupakan  karya Affandi dari tahun-tahun awal ia berkarya hingga semasa akhir hidupnya.  Galeri seluas 314,6 meter persegi ini diresmikan pada tahun 1974 disebut juga dengan ruang pameran restropektif. Selain lukisan, didalamnya ada  beberapa patung, seperti patung  dirinya dengan sang putri Kartina. Di ujung ruangan Anda bisa melihat koleksi mobil Colt Gallant tahun 1976 dan dua sepeda antik yang semasa hidup ia gunakan. Jajaran penghargaan dan beberapa benda kesayangan Affandi juga bisa kita lihat. Baju berlumuran cat, alat lukis, sandal, barang-barang pribadi seperti pipa untuk merokok berjajar di sebuah lemari display. Penghargaan dari dalam dan luar negeri dibingkai dengan rapi. Benda-benda itu berhasil menceritakan banyak hal tentang bagaimana sepak terjang Affandi di dalam dunia seni lukis dalam negeri dan dunia internasional. Tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 2010 lalu seolah meneguhkan bagaimana Affandi sangat dihargai oleh pemimpin negeri. Singkat kata, galeri yang dibangun pada tahun 1962 ini adalah rekaman jejak seni Affandi.

Melangkah ke galeri II, kita akan kembali melihat deretan lukisan Affandi dan beberapa pelukis lainnya yang diperjualbelikan. Galeri yang diresmikan pada tahun 1988 itu merupakan hasil bantuan dari Presiden Soeharto setahun sebelumnya. Tak heran jika di ruangan ini kita bisa melihat lukisan dari berbagai aliran. Beberapa pelukis ternama yang karyanya ada di galeri ini adalah Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, Mochtar Apin dan masih banyak lagi.

Galeri selanjutnya adalah galeri yang menyimpan hasil lukisan cucu Affandi. Di ruangan ini kita bisa melihat lukisan-lukisan dengan gaya yang lebih kontemporer dan tidak serumit lukisan Affandi. Di salah satu sudut ruangan terdapat sebuah tv plasma yang mendokumentasikan beberapa proses kreatif Affandi semasa hidup. Dalam rekaman itu terlihat bagaimana cara pelukis yang sudah menghasilkan lebih dari 2000 lukisan tersebut menghasilkan karyanya. Video tersebut sangat menarik terutama bagi mereka yang tidak pernah melihat sosok Affandi yang meninggal pada 23 Mei tahun 1990.

Selain lukisan, di museum yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto 167 ini kita bisa melihat jejak kehiduapan Affandi lainnya seperti rumah tinggal Affandi,  studio Gajah Wong I & II serta makam Affandi dan Maryati. Kini, bagian rumah tempat tinggal yang terbuka itu difungsikan untuk Cafe Loteng untuk pengunjung yang ingin bersantai sejenak setelah melihat galeri lukisan Museum Affandi.

Nah, untuk menikmati ratusan karya Affandi di museum ini, Anda hanya membayar tiket seharga Rp. 20 ribu plus gratis softdrink. Museum Affandi buka setiap hari pukul 09.00  – 16.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

Selain Museum Affandi, destinasi wisata keluarga lainnya adalah Taman Pelangi. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh batik dan perak.

Selama liburan di Yogyakarta Anda bisa menginap di Sriwedari Hotel, Jogjakarta Plaza Hotel atau LPP Garden Hotel

Peta lokasi

View Larger Map

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • seniman sebagai pelukis dari yogyakarta