Candi Plaosan berada di perbatasan antara Jawa Tengah ( Klaten ) dengan Yogyakarta yang terletak di Dusun Plaosan , Kecamatan Prambanan, Klaten , Jawa Tengah. Bagi anda pecinta situs percandian inilah tempat yang bisa anda datangi. Candi plaosan didirikan oleh pasangan raja dan permaisuri Rakai Pikatan dan dan Pramudya  Wardhani. Rakai Pikatan merupakan seorang Raja ke-6 dari kerajaan mataram lama  dari dinasti sanjaya yang memerintah dari tahun 847- 856 M, dan beragama Hindu, sedangkan Pramudya Wardhani merupakan anak dari Samaratungga  dari Dinasti Syailendra yang beragama putra. Sebenarnya hubungan keduanya dalam menjalin cinta tidak direstui dari keluarga masing- masing, karena berbeda agama dan kebudayaan, namun semuanya tidak bisa menghalangi cinta mereka berdua. Sebagai symbol dari cinta dibangunlah candi plaosan, yang dibangun sendiri oleh Rakai. Candi plaosan terbagi menjadi dua, candi  plaosan Utara (lor) dan candi plaosan Selatan ( kidul). Candi plaosan Lor sebagai symbol Pramudya dan candi plaosan Kidul sebagai symbol Rakai.

Candi plaosan lor terdiri dari dua candi utama dengan tinggi 21 meter, dan dikelilingi tembok sepanjang 50 meter dan 14 meter, anda akan menemukan berbagai macam relief berbentuk dewa perempuan ditembok ini. Terdapat juga dicandi plaosan lor sebuah arca dwarpala yang saling berhadapan, dipintu masuk utara dan selatan, arca yang setinggi manusia ini berposisi duduk dengan tangan kanannya memegang gada dan tangan kirinya berada diatas lutut. Sedangkan candi plaosan kidul sebagian bangunan candi sudah berupa reruntuhan dan tidak berbentuk lagi. Kedua candi ini berjarak 20 meter dengan dipisahkan oleh tembok pembatas dan batu  yang mengelilingi.

Candi plaosan dipercaya masyarakat setempat mempunyai kekuatan cinta, dan mendatang berkah, namun apapun itu, semuanya hanya mitos dan belum pasti kebenarannya. Untuk biaya masuk candi ini dikenakan biaya seikhlasnya, karena dari pengelola tidak dipatok secara khusus biaya masuknya. Untuk biaya parkir dikenakan biaya Rp.1.000/ unit motor dan Rp.2.000/ unit mobil. Anda bisa datang ke candi Plaosan setelah berkunjung ke Candi PrambananCandi Sambisari dan Candi Kalasan  karena letaknya yang saling berdekatan.

 

How to get There :

Untuk menuju lokasi Candi Plaosan dapat menggunakan kendaraan umum jurusan Yogya Magelang turun di perempatan sesudah Candi prambanan dan dilanjutkan dengan naik ojek. Anda juga bids menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi Candi Plaosan diantaranya LPP Garden Hotel atau Grand Quality Hotel

Peta Lokasi  :


Lihat Candi Plaosan di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • candi plaosan
  • gambar candi plaosan
  • candi di jawa tengah
  • candi jawa tengah
  • candi plaosan lor
  • candi plaosan kidul
  • candi cinta yogyakarta