candi gedongsongo

Candi Gedongsongo terletak di desa candi, lima kilometer dari pusat keramaian daerah wisata Bandungan, Candi ini merupakan peninggalan Zaman Mataram Kuno atau Mataram Hindhu. Dibangun kurang lebih pada abad ke -8/9 Masehi yang saat itu tanah Jawa dikuasai oleh Dinasti Sailendra. Keberadaanya diperkiakan sama dengan Candi Dieng.

candi gedongsongoCandi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1740 oleh Loten. Yang selanjutnya pada awal tahun 1800-an Raffles member nama Gedong pitoe , hal ini didasarkan oleh jumlah temuan candi yang waktu itu berjumlah tujuh buah. Pemugaran beberapa kali dilakukan dan yang terakhir dilakukan oleh Kantor Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala provinsi Jawa Tengah. Yakni pada tahun 1928 hingga 1929, kemudian tahun 1930 hingga 1931 serta tahun 1977 hingga tahun 1983.

Candi candi di komplek candi Gedong songo ini tersebar di lima wilayah, yang terpisah oleh lembah jajaran cemara serta ladang penduduk setempat. Pada Kelompok candi kelima atau yang berada paling atas ini berada di ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut. Candi ini menyatu dengan kontur lereng gunung ungaran. Suasana hening serta sakral sangat terasa ditempat ini, seakan membawa keberadaan kita yang berkunjung ketempat ini merasakan ketenangan dan kenyamanan didukung dengan kesejukan udara yang terhembus di lokasi ini.

Pengunjung ditempat ini mencapai 100 hingga 200 orang perharinya, dengan dominasi rombongan sekolah dan  Turis mancanegara. Untuk mencapai tempat ini memang membutuhkan energy yang cukup, pasalnya dari pintu masuk komplek candi dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk sampai ke posisi paling puncak tersebut dengan kondisi yang lumayan terjal. Namun bagi para pengunjung yang tidak ingin berlelah lelah di pintu masuk komplek ini tersedia penyewaan kuda yang tergabung dalam paguyuban Turonggo Mulyo yang saat ini mempunyai 60 anggota. Anda dapat menggunakan jasa mereka untuk mengantar anda sampai tujuan dengan membayar tariff Rp. 50.000. Tarif sebesar itu nantinya akan dibagi untuk membeli makanan kuda.

Dengan mengunjungi candi Gedongsongo yang berada paling puncak tersebut kita dapat menikmati pemandangan yang luar biasa diantara puncak gunung Merapi dan Merbabu.

 

How to get there :

  1. Dari Yogyakarta menggunakan kendaraan umum jurusan semarang turun di terminal Ambarawa dilanjutkan angkot menuju kawasan bandungan
  2. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat rute arah bandungan, Ambarawa, Jawa Tengah

 Tempat terdekat :

  1. Museum Kereta Api Ambarawa
  2. Menikmati Kopi, di Kampung kopi Banaran
  3. Rawa Pening, Danau alami di Jawa tengah

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Plataran Borobudur Resort & Spa atau The Oxalis Regency Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Candi Gedong Songo di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • cando gedong songo bandungan
  • wisata paling indah di jawa tengah