wisata pantai

Wisata pantai pada dasarnya sama, yakni menikmati air laut, deburan ombak dan bermain pasir. Wisata pantai menjadi salah satu obyek wisata yang senang dikunjungi karena pemandangan sekitar yang bagus, terlebih bisa melihat sunrise atau pun sunset. Pantai di Kabupaten Bantul berikut dapat menyajikan wisata pantai yang unik, karena masing masing pantai mempunyai cirri khas tersendiri. Simak referensi wisata pantai kami dan temukan hal hal yang membuat anda ingin menikmati semua wisata pantai di Kabupaten Bantul ini berurutan dari pantai paling timur hingga ujung barat :

1. Pantai Parangtritis

Parangtritis, Pantai, YogyakartaPantai parangtritis sendiri selain merupakan tempat rekreasi juga dikenal sebagai tempat Ziarah, ini dikarenakan orang jawa sangat memepercayai bahwa pantai tersebut merupakan tempat Kerajaan tempat dimana Nyai Roro Kidul berkuasa. Dan juga sebagai garis imajiner dengan Keraton Yogyakarta serta Gunung Merapi. Dan pada saat tertentu di Komplek Pantai ini diadakan acara labuhan dari pihak Keraton Yogyakarta.

Dipantai ini dapat ditemukan gundukan-gundukan pasir yang tinggi (Gumuk) yang indah, juga ada pemandian air hangat yang dulunya kolam pemandian ini ditemukan oleh Sultan Hamengku Buwono VII dan diyakini mampu menyembuhkan beberapa penyakit, juga ada beberapa makam Syeh, kemudian bukit karang disebelah timur kawasan pantai ini, dari tempat inilah kita dapat menikmati sunset yang sangat indah dimana dapat dinikmati Mentari sore yang secara bertahap seolah ditelan oleh air laut dan dari bukit ini pula seluruh kawasan pantai dapat terlihat dengan jelas…….(read more)

2. Pantai Parangkusumo

parangkusumo, labuhanPantai ini mempunyai satu tempat tersendiri bagi para pelaku spiritual, karena pantai dianggap sebagai pintu masuk ke istana ratu kidul, tempat ini juga sering digunakan sebagai labuhan alit dari Kraton Kasultanan Yogyakarta…….(read more)

 

 

 

3. Pantai Depok

Pantai Depok, TPI DepokPantai ini mungkin merupakan tempat pertama kali yang menerapkan wisata kuliner sekaligus wisata alam. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Parangtritis kurang lebih 1,5 km kearah  barat secara administrative masih sama dengan Pantai Parangtritis yakni di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini merupakan surganya pecinta sea food, karena ikan yang dimasak masih merupakan ikan segar, didukung juga oleh warung warung yang menghadap kelaut sehingga dalam menikmati segal hidangan para pengunjung bisa langsung sekaligus menikmati keindahan deburan ombak pantai……..(read more)

4. Pantai Samas

Pantai samas terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di pantai samas ini anda akan menapatkan hal yang menarik dan istimewa, selain keindahan alam pantai yang sangat luar biasa, bersama dengan angin yang kencang dan ombak yang deras, pantai ini merupakan rumah bagi penyu untuk bertelur dan singgah setelah berpetualang dilaut lepas, di pantai ini juga terdapat delta- delat sungai dan danau air tawar yang membentu telaga, yang selanjutnya itu semua dijadikan sebagai tempat untuk pengembangan ikan tawar dan udang , semua itu menjadikan pantai ini begitu menarik untuk dikunjungi dan bagi anak- anak semua ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang menarik dan juga menyenangkan, selain itu bagi mahasiswa ini juga bisa dijadikan penelitian dan bahan skripsi untuk ujian…….(read more)

5. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa CemaraSebelum sampai ke tepi pantai hamparan pohon cemara dikanan kiri kita. Ditempat-tempat tersebut banyak di bangun warung, tempat-tempat pertemuan bahkan untuk acara outbond dan juga ada kolam untuk anak anak bermain. Penataan kawasan hampir sama dengan Pantai Kuwaru. Pantai ini dibuka sebagai tempat wisata kurang lebih pertengahan tahun 2010 oleh Bp. Bupati Bantul saat itu Bp. Idham Samawi. Pohon cemara ini tidak serta merta tumbuh sendiri namun memang dibudidayakan oleh warga sekitar dalam wadah kelompok tani. Fungsi utama dari pohon cemara tersebut pada mulanya merupakan sarana untuk menahan tiupan angin dari laut. Karena kencangnya tiupan angin dari laut yang mengandung asam tersebut para petani kesulitan dalam bercocok tanam maka pihak dinas Kehutanan memberikan bibit pohon cemara tersebut untuk ditanam diarea tersebut yang memang cocok dengan area berpasir……(read more)

6. Pantai Kuwaru

Pantai, Kuwaru, Cemara udangLokasi Pantai Kuwaru terletak di sisi barat kota Bantul, tepatnya masuk wilayah Dusun Kuwaru, desa Poncosari, Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 29 Km. Dari Kota Yogyakarta kea rah selatan menuju Kota Bantul sampai perempatan Palbapang ke barat sebelum Jembatan Srandakan belok keselatan. Saat ini sudah banyak petunjuk arah yang di pasang sehingga para pengunjung tidak kebingungan saat ingin menuju Pantai Kuwaru ini. Dipantai ini juga dapat dijumpai banyak sekali warung makan yang menyajikan dengan menu beragam ada masakan hasil laut, dan lain-lain. Ada pula bermacam arena permainan; ada kolam renang, Motor ATV dengan harga sewa sekitar Rp. 25.000,- untuk 15 menit, kadang disisi paling timur banyak dijumpai orang memancing…….(read more)

 

7. Pantai Baru

pantai baru, pandansimoSecara penataan memang baru namun pengunjung ke pantai baru ini sudah ramai apalagi hari hari libur, dan menjadi tujuan wisata baik keluarga, anak-anak ataupun muda mudi.   Bahkan  Pantai ini akan dikembangkan sebagai Wisata Alam, wisata pendidikan berbasis teknologi yakni kincir angin sebagai pembangkit listrik, juga agrowisata, dan Perikanan dengan kolam sebanyak 10 kolam serta peternakan dengan 150 kandang dengan kelompok nelayan yang beranggotakan 96 orang…….(read more)

 

 

8. Pantai Pandansimo

Pantai Pandasimo terletak disisi paling barat gugusan pantai di wilayah Kabupaten bantul dan berdekatan dengan muara sungai progo yang secara histories merupakan salah satu jalur penghubung antara Gunung merapi dengan Pantai selatanSuasana mistis terasa karena pernah menjadi tempat tirakat, yang diresmikan sejak jaman Raja Kasultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono  VIII bahkan dibangun satu padepokan yang dibangun dengan gaya bangunan khas bangunan jawa. Dan juga suasana tersebut semakin kentara saat malam malam hari khusus yakni malam juma’t kliwon yang sering menjadi hari keramat karena tidak jauh dari pantai pandansimo ini terdapat tempat ziarah yakni Pandan sari dan pandanpayung yang jaraknya tidak lebih dari 1 kilometer…….(read more)

Silahkan kunjungi pantai pantai yang dapat anda nikmati kekhasannya masing-masing.

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • yhs-0001
  • pantai di bantul
  • wisata pantai di jogja
  • pantai di bantul yogyakarta
  • wisata pantai bantul
  • peta tempat wisata di yogyakarta
  • pantai bantul
  • tempat wisata di bantul jogja
  • pemandangan pantai sunset
  • kabupaten bantul