sriningsih, goa maria

Sendang Sriningsih  adalah satu tempat diperbukitan yang berada diwilayah Kecamatan Prambanan, dimana tempat ini banyak dijumpai banyak sekali obyek wisata yang bernuansa Hindu Budha dengan ditemukan banyaknya Candi diwilayah tersebut. Sendang sriningsih juga merupakan oyek wisata yang bernuansa religi namun untuk kaum nasrani khusunya umat Katolik dengan tempat ziarah yangkhas yakni berupa goa Maria.

pendopo, goa maria, sriningsihSendang Sriningsih lokasi tepanya berada di desa Gayamharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Rute yang dapat anda tempuh sangat mudah karena tidak jauh dari jalan utama yogya solo yakni dari Yogyakarta kea rah solo melewati candi prambanan hingga menemukan Pom bensin di kanan jalan di selatan pabrik susu SGM Kalimosodo disamping pom bensin tersebut ada jalan kecil beraspal ikuti jalan tersebut kurang lebih 6,5 km anda akan sampai diperbukitan dimana sendang sriningsih berada.

Awalnya Sendang ini bernama Sendang Duren , kemudian pada tahun 1934 ada seorang pastur yang ditugaskan didusun Jali berkunjung ke sendang tersebut. Beliau adalah Roomo D. Hardjosuwondo, SJ dan saat berkunjung  tersebut tertarik akan aura spiritual tempat tersebut. Maka dibangunlah tempat ini sebagai tempat ziarah umah katolik dengan mengganti nama sendang ini menjadi sendang sriningsih.

Lokasi sendang yang berada dibukit mengingatkan akan goa mariasengsara yesus tatkala akan disalibkan dibukit golgota. Proses ibadah ditempat ini pun sesampainya anda dilokasi diawali dengan mengikuti rute jalan salib. Tempat ini dirancang dengan menggunakan tangga yang menanjak, dengan relief relief penyaliban Yesus menuju ke golgota di beberapa pemberhentian atau staci. Perjalanan jalan salib akan berakhir jika anda sudah menjumpai pertigaan kecil dimana kearah sebelah kanan menuju ke patung Yesus disalibkan. Lokasi tersebut dinamakan Bukit Golgota sama dengan tempat dimana Yesus disalibkan. Dibawah salib tersebut sebagai tempat berdoa dan menyalakan lilin.

Sedangkan lokasi Sendang pada pertigaan tadi mengambil arah yang kekiri, dimana ditempat itu pula terdapat Goa Maria. goa maria, sriningsihSendang Sriningsih ini air di percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, bagi yang hendak mengambil air tinggal membuka kranyang berada di sebelah kanan belik atau mata air tersebut. Goa Maria sendiri terletak disebelah kanan sendang yang biasa untuk tempat berdevosi. Tempat ini sangat nyaman untuk berdoa dengan udara yang sejuk  yang berada dibawah pohon besar. Sedangkan disebelah kiri dan lebih keatas lagi dari goa maria, terdapat salib besar dengan tulisan tertier millennium dan dengan latar belakang pemandangan bukit yang hijaudan perkampungan disekitarnya. Ada yang sedikit unik di sendang ini yakni adanya ritual ibadah yang merupakan perpaduan antara budaya jawa dengan budaya katolik yakni misa yang dilakukan setiap jumat kliwon yang merupakan hari keramat bagi masyarakat jawa. Misa ini dilakukan sebanyak 9 kali dalam setahun.

How To Get There :

Untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Tempat terdekat :

Lokasi terdekat yang dapat Anda kunjungi diantaranya Candi Kalasan, Candi Ratu Boko

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi diantaranya University Hotel Sunan Kalijaga atau Grand Quality Hotel

Peta Lokasi  :

Lihat Goa Maria Sriningsih di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • wisata goa di jogja
  • tempat ziarah katolik di yogyakarta
  • Tempat ziarah
  • jalan salib
  • sendang tempa t ziarah
  • tempat wisata prambanan
  • Tempat ziarah yang sakral di Jawa Tengah untuk umat katholik dimana