masjid nurul huda, pathok negoro

Masjid Nurul Huda Dongkelan terletak di desa Kauman, dusun Dongkelan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1775, yang digunakan sebagai tempat ibadah dan sekaligus benteng pertahanan. Dan yang ditugaskan untuk menjadi penghulu untuk mengelola masjid ini adalah Kyai Syihabudin. Seorang yang memenangkan sayembara dimana Pangeran Mangkubumi mencari seorang pengawal yang mempunyai kesaktian tinggi. Sang kyai yang berilmu agama dan juga mempunyai kesaktian dianggap sangat cocok untuk mengelola masjid yang awalnya bertujuan untuk kegiatan agama dan juga sebagai tempat pertahanan.

masjid dongkelan, pathok negoroPada masa perang jawa atau perang Diponegoro masjid tersebut pernah dibakar oleh Belanda, hal ini dikarenakan tempat ini dianggap sebagai tempat para pemberontak.pada tahun 1830 atau setelah selesainya perang Diponegoro warga dan juga pihak Keraton Kasultanan Yogyakarta membangun kembali masjid tersebut yakni dengan membangun bagian inti masjid kemudian pada tahun 1948 tahap renovasi di lanjutkan hal ini mengacu pada tulisan angka tahun yang terdapat pada soko guru atau tiang masjid yang ada di serambi masjid. Walaupun mengalami renovasi namun bangunan masjid tidak banyak berubah. Dan setalah tahun 1950-an sudah tidak lagi digunakan lagi sebgai tempat pertahanan namun hanya untuk kegiatan agama saja yakni beribadah, mengaji, dan sebagai tempat peringatan hari hari besar agama.

Bangunan masjid ini tergolong paling sederhana sebagai Masjid Pathok Negoro, ini terlihat dengan masjid nurul huda, masjid dongkelanbangunan yang sangat sederhana. Seperti halnya masjid pathok negoro yang lain atap dahulunya juga berupa ijuk dan juga lantainya berwarna hitam namun setelah renovasi berubah lantai berubah menjadi keramik putih polos. Di Masjid inipun masih terdapat Beduk yang usianya sudah mencapai kurang lebih 106 tahun yang berwarna coklat hingga saat ini masih berfungsi dengan baik.

Tempat ini terbuka bagi para pengunjung yang hanya sekedar melihat untuk mengungkap sejarah yang pernah ada teristmewa mengenai masjid tersebut atau bagi anda yang ingin beribadah. Anda tidak dipungut biaya untuk mengunjungi tempat tersebut, hanya saja wajib menjaga ketenangan jika tempat ini sedang dipergunakan sebagai kegiatan ibadah.

Fasilitas yang ada yang dapat anda nikmati berupa fasilitas umum yakni kamar mandi, tempat wudhu dan juga area parkir.

 

How to get there :

  1. Dengan bus kota jalur 11 turun di perempatan dongkelan dilanjutkan ojek atau jalan kaki kearah barat kurang lebih 1 km.
  2. Kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang terdekat yang dapat dikunjungi diantaranya Panggung Krapyak

Hotel terdekat :

Beberapa hotel disekitar lokasi diantaranya The Grand Palace Hotel atau Brongto Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Masjid Nurul Huda Dongkelan di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kesaktian mangkubumi yogyakarta siapa
  • kesaktian pangeran mangkubumi