Gunung tidar memang tidak seheboh dengan gunung merapi yang saat saat tertentu membahayakan penduduk dilerengnya seperti desa kinahrejo beberapa waktu yang lalu. Namun gunung yang berada ditengah kota magelang tersebut disalah satu lerengnya merupakan kawah candradimuka bagi Akademi Militer yang mencetak perwira perwira pejuang sapta marga yang berdiri pada 11 Nopember 1957. Di Akademi militer ini pula terdapat museum taruna Abdul jalil yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan sebagai pendukung pendidikan di Akademi militer tersebut.

Gunung tidar yang berada pada ketinggian 503 meter dari permukaan laut inipun dalam legenda dikenal dengan pakunya pulau jawa dan memiliki sejarah yang berkaitan dengan perjuangan bangsa indonesia. Menurut cerita yang ada konon gunung tidar tidak ada yang berani mendatangi kawasan ini karena tempat ini ditunggu oleh jin dan setan yang dipimpin oleh kiai semar namun buka semar punokawan yang di maksu di cerita ini. Setiap ada orang yang berniat untuk tinggal di gunung tidar ini maka kiai semar akan mengutus anak buahnya yang berupa raksasa raksasa untuk memangsanya.

Namun setelah syaikh subakir berhasil menaklukkan gunung tidar yang pertama kali dengan mengalahkan jin penunggu gunung tidar maka keberadaan gunung tidar mulai banyak dikunjungi orang. Syaikh Subakir merupakan orang yang berasal dari Turki yang datang bersama syaikh Jangkung untuk menyebarkan agama islam. Sampai akhir hayatnya syaikh Subakir berada di gunung tidar, dan makamnya dapat kita jumpai di atas gunung tidar tersebut yang hingga saat ini sebagai tempat ziarah kubur menjelang bulan ramadhan tiba. Selain makam syaikh Subakir ada makam yang panjangnya 7 meter yang merupakan makam Kyai Sepanjang, Kyai Sepnjang merupakan tombak dari Syaikh Subakir untuk mengalahkan para Jin Gunung tidar.

Untuk mencapai puncak tidar tidak dibutuhkan waktu yang lama hanya sekitar 30 menit, dengan keberadaannya yang masih alami terdapat pohon pohon pinus dan tanaman buah buahan tahunan seperti salak hasil penghijauan era tahun 1960 yang menjadikan gunung tidur semakin hijau. Dipuncak gunung tidar terdapat lapangan yang luas danditengah lapangan tersebut terdapat Tugu dengan simbol So dalam huruf jawa dalam tiga sisinya dan menurut juru kunci hal itu berarti Sopo Salah Seleh atau kurang lebih artinya siapa yang bersalah sebaiknya mengakui kesalahannya. Tugu inilah yang disebut sebagai pakunya tanah jawa yang membuat keberadaan tanah jawa tetap tenang dan aman.

How to get there :

  1. Dari Yogyakarta menggunakan kendaraan umum tujuan magelang atau semarang turun diterminal magelang kemudian berganti dengan angkot jalur 4 hingga jalur 11
  2. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Tempat terdekat :

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Plataran Borobudur Resort & Spa atau The Oxalis Regency Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Gunung Tidar di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gunung tidar
  • gunung tidar magelang
  • syekh subakir
  • tidar
  • 7 tombak ratu pantai selatan
  • sejarah gunung tidar magelang
  • Pakunya pulau jawa
  • makam gunung tidar
  • sejarah gunung tidar
  • makam syekh subakir gunung tidar