goa maria tritis

Goa yang dahulunya sempat sebagai persinggahan pangeran-pangeran Kerajaan Mataram, yang terletak di atas perbukitan Kapur Gunung Kidul yakni di ladang Jati. Tempat ini tidak jauh dari Pantai Baron yakni di desa Giring Kecamatan Paliyan, Gunung Kidul. Dinamakan tritis karena adanya air yang menetes (tumaritis) melalui stalaktit di langit-langit gua.

Pengelolaan tempat ini baru dimulai tahun 1974 ketika tempat ini digunakan sebagai tempat ekaristi Natal tahun tersebut, sebelumnya tidak ada orang yang berani ke tempat ini, karena menilai tempat tersebut angker dan sepi. Lambat laun tempat ini berubah dari tahun ketahun semakin banyak orang yang mengunjungi untuk sekedar melihat ataupun yang berdoa untuk mengenang Cinta kasih Tuhan yang disalibkan.

Goa maria tritisAda dua pilihan jalur jalan salib untuk mencapai gua-nya, yang pertama rute dengan jarak tempuh sepanjang 1,5 km. Perjalanan jalan salib ini terbagi menjadi 14 stasi pemberhentian. Dan setiap stasi terpampang kisah penyaliban Yesus yang berbentuk diorama, dan pada pemberhentian  ke 12 dibangun 3 salib dibawah bukit yang menggambarkan tentang penyaliban Yesus dengan 2 penjahat di bukit Golgota masa itu.Sedangkan untuk jalan salin  yang pendek jarak tempuhnya 500 meter.

Tempat ini mulai dikenalkan  melalui Pastur Paroki Wonosari Hardjo Sudarmo SJ yang kemudian mendapat pemberkatan dari Uskup Agung Kardinal Darmojuwono, SJ. Setiap bulan Maria Yakni bulan Mei dan Oktober semakin sering dikunjungi dan secara tidak langsung telah membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. Ada yang mendirikan warung makan dan minum bahkan souvenir yang khas dari tempat tersebut.

Saat ini sarana dan prasarana tempat ini sudah banyak mengalami Goa Maria Tritisperkembangan, jalan yang sebagai sarana jalan salib sudah dibenahi sedemikian rupa hingga enak untuk dilewati. Kemudian fasilitas didalam Goa juga disediakan beberapa buku panduan doa, berupa Madah Bakti, Kidung Adi, Padupan Kecana dan Tasbih Rosario.

Karena banyaknya pengunjung yang ingin berziarah maka Paroki Wonosari menjadwalkan tiap Minggu diselenggarakan Ibadah Ekaristi yang didahului prosesi Jalan Salib. Sedangkan bagi yang ingin mengikuti ibadah Novena maka bisa menghadiri pada hari minggu pertama pada setiap bulannya.

How to get There :

Untuk menuju tempat ini akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat namun jika ingin menggunakan kendaraan umum bisa juga yakni menggunakan bus jurusan yogya wonosari kemudian dari terminal Wonosari ganti dengan bus jurusan Wonosari Paliyan dan turun di desa Giring.

Hotel terdekat :

Di sekitar lokasi belum tersedia hotel namun jika anda dari luar kota bisa bermalam di pusat kota Yogyakarta seperti di kawasan Malioboro yang bisa mengakses beberapa tempat keramaian di kota Yogya yakni Titik Nol kota Yogyakarta diantaranya Whiz Hotel atau Hotel Ibis Malioboro

Peta Lokasi  :

View Gua Maria Tritis in a larger map

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata pantai gunung kidul
  • tempat wisata gunung kidul
  • goa maria tritis
  • goa maria
  • goa tritis
  • pantai baru di gunung kidul
  • goa di gunung kidul
  • gua maria tritis
  • gua maria tritis gunungkidul
  • goa maria tritis gunungkidul