Ganjuran, Gereja, Gereja Ganjuran

Terletak di Desa Ganjuran, Sumbermulya, Bambanglipura, Bantul, Yogyakarta, sejauh 20 km kearah selatan dari kota Yogyakarta. Rute jalan sama dengan jika kita akan bepergian ke Pantai samas atau pantai Goa Cemara. Lokasi ini dulu hampir pernah dijadikan sebagai pusat kerajaan Mataram oleh Panembahan Senopati, namun entah mengapa dibatalkan.

Sedangkan nama Ganjuran diambil dari kisah asmara Ki Ageng Mangir dan Rara Pembayun yang diasingkan oleh kerajaan Mataram yang mengilhami terciptanya sebuah tembang atau lagu “Kala Ganjur”, yang artinya tali pengikat dasar manusia dalam mengarungi kehidupan bersama dengan dasar cinta. Dari lagu tersebutlah nama Ganjuran diperoleh.

Sedangkan Gereja ini sendiri mulai dibangun pada tahun 1924 oleh dua bersaudara dari negeri Patung Yesus Belanda yakni Joseph Smutzer dan Julius Smutzer. Kedua bersaudara ini adalah pengelola Pabrik gula Gondang Lipuro. Sedangkan arsitek pembangunan Gereja ini adalah arsitek Belanda bernama J. Yh. Van Oyen. Pembangunan ini merupakan wujud sosial dari kedua bersaudara ini untuk kesejahteraan masyarakat sekitar pabrik khususnya para karyawan Pabrik yang mereka kelola.

Kemudian pada tahun 1927 untuk menyempurnakan tempat ini dibuatlah candi yang dinamai Candi Hati Kudus, dengan hiasan relief bunga teratai dan patung Kristus dengan pakaian jawa. Didepan candi candi saat ini sering digunakan untuk misa dan ziarah selain gereja utama. Ini di buat agar nuansa budaya jawa melekat pada gereja ini.

Patung Bunda Maria Melihat seluruh bangunan gereja disini memang merupakan perpaduan antara gaya Eropa, Jawa dan Hindu. Bentuk bangunan yang berbentuk salib jika terlihat dari udara merupakan nuansa gaya eropa yang dipakai, sedangkan atap yang berbentuk tajug dan didukung 4 tiang kayu jati yang mengambarkan empat penulis Injil, yakni Matius, Markus, Lukas, Yohanes yang merupakan gaya Jawa. Gaya jawa juga terlihat pada altar, sancristi (tempat penyimpanan alat misa), doopvont (wadah air Baptis), dan chatevummenen (tempat katekis), serta patung Yesus dan Bunda Maria yang sedang mengendong putranya dengan berbusana jawa. Sedangkan Nuansa Hindu terlihat pada bangunan candinya dan juga bentuk rambut Yesus yang digambarkan mirip pendeta Hindu.

Uskup pertama Indonesia Rm. Albertus Soegijapranata, SJ dahulunya merupakan pastor di gereja ini dan ditahbiskan pada tahun 1942, Kardinal pertama di Indonesia Rm. Yustinus Darmayuwana, Pr, juga pernah menjadi Pastor di Gereja Ganjuran ini pada tahun 1947 s/d 1950, tahun 1964 menjadi Uskup dan tahun 1974 beliau ditahbiskan jadi Kardinal.

Pada tahun 1998 dibawah candi ditemukan mata air dari dasar candi Hati Kudus Tuhan Yesus. Tirta PerwitasariAirnya jernih dapat langsung diminum dan berkhasiat menyembuhkan dan waktu petama kali yang merasakan khasiat tersebut bernama perwita maka sumber air tersebut dinamai Tirta Perwitasari. Maka setiap peziarah pasti tidak akan lupa membawa pulang air ini, berharap dapat beroleh kesembuhan bagi mereka yang sakit. Dan kesaksian kesaksian sudah banyak di tuliskan setelah meminum air ini. Alur pengambilan air ini sebagai berikut, ambil tirta perwitasari disamping candi, kemudian duduk bersimpuh didepan candi dan memanjatkan doa serta permohonan, kemudian diakhiri dengan masuk dalam candi dan berdoa didepan patung Kristus.

Misa harian dalam bahasa jawa dengan nyanyian dengan iringan gamelan dilaksanakan setiap hari pukul 5.30 WIB di dalam Gereja, sedangkan misa jumat pertama dilaksanakan setiap hari kamis malam minggu pertama jam 19.00 di pelataran candi.

 

How to get There :

Untuk menuju Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus atau lebih dikenal sebagai Gereja Ganjuran Anda dapat menggunakanTransportasi umum dari jurusan Pantai Samas dari terminal Giwangan Yogyakarta turun di pertigaan Jowilayan kemudian dilanjutkan jalan kaki kearah timur kurang lebih 900 m. Anda bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dan tersedia tempat parkir.

Hotel terdekat :

Disekitar lokasi Gereja tidak ada hotel yang dapat dijadikan sebagai tempat bermalam namun demikian Anda dapat menginap di kawasan kota Yogyakarta diantaranya ada Whiz Hotel   atau Ameera Boutique Hotel

Peta Lokasi  :

View Larger Map 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gereja ganjuran
  • bunda maria
  • gereja ganjuran bantul yogyakarta
  • cara jalan ke gereja ganjura
  • lokasi doa ganjuran
  • pantai dekat ganjuran
  • rute ganjuran dari giwangan
  • situs candi ganjuran
  • akses menuju gereja ganjuran yogyakarta
  • transport dari ganjuran ke malioboro