Candi sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten,provinsi Jawa Tengah dengan jarak 17 Km dari Kota Yogyakarta, letaknya masih satu kompleks dengan candi prambanan, candi sewu merupakan situs candi budha terbesar setelah candi borobudur di Magelang. Nama candi sewu sendiri bukan berarti candi sewu mempunyai bangunan candi berjumlah sewu (seribu), candi sewu hanya mempunyai bangunan berjumlah 257.  Dengan 1 candi utama 8 candi apit dan sisanya sebagai candi perwara dengan berbagai macam arca dan relief yang bisa anda temukan didalamnya. Setelah berkunjung kecandi prambanan anda bisa berkunjung ke candi sewu ini untuk melihat megahnya bangunan candi sewu yang dibangun pada abad ke-8 ,yang merupakan candi budha terbesar kedua setelah candi borobudur, candi sewu merupakan bangunan yang menggambarkan betapa harmonisnya hubungan hindhu dan budha pada waktu itu, yang bisa dilihat bangunan candi budha dan candi hindhu berada alam satu kompleks candi prambanan.

Banyak arca, relief dan pahatan yang bisa anda temukan di candi sewu ini, memasuki gerbang candi ini anda akan menemukan dua arca Dwarapala di kanan dan kiri yang mempunyai ukuran tinggi dan besar, sekitar mempunyai tinggi 2,5 meter dengan posisi berlutut dan memegang gadang. Ada juga arca budha yang berada didalam candi utama dan masih banyak lainnya yang bisa anda temukan, sedangkan untuk reliefnya, anda bisa menemukan berberapa relief bangunan candi utama, di kaki candi utama anda akan menemukan pahatan yang berbentuk bunga dalam jambangan, anda juga bisa melihat pahatan yang berbentuk kalpawreksa, sedangkan diambang pintu masuk candi utama anda bisa melihat pahatan kepala naga dengan seekor singa yang terdapat dimulut naga. Sedangkan didinding canid perwara ( candi pendamping) dihiasi pahatan yang berbentuk pria yang memegang teratai dan mengenakan busana kebesaran agama budha.

sangat menyenangkan berkunjung ke kompleks prambanan, selain candi sewu anda juga bisa menemukan candi- candi yang lainnya seperti candi barong dan candi banyuniba yang bisa anda datangi setelah berkunjung ke candi sewu tentunya. Jadikan candi sewu sebagai alternatif tujuan liburan anda setelah berwisata  ke berbagai tempat di Yogyakarta maupun Surakarta, kepuasan tentang sejarah dan peninggalnya bisa anda temukan di wisata candi sewu ini. bagi anda yang suka dengan fotografi, candi ini bisa anda jadikan obyek yang bagus untuk keahlian anda tersebut.

 

How to get There :

Untuk menuju lokasi Candi Sewu bisa menggunakan bus umum berupa trans Jogja jalur 1A dan 1B  turun dihalte Prambanan dilanjutkan dengan ojek atau becak sekitar 1 km bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi candi Sewu diantaranya University Hotel Sunan Kalijaga atau Grand Quality Hotel

Peta Lokasi  :

 

Lihat Candi Sewu di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • candi sewu
  • candi prambanan
  • gambar candi sewu
  • sejarah candi sewu
  • candi budha di indonesia
  • candi budha
  • gambar candi prambanan
  • sejarah candi borobudur
  • sejarah candi prambanan
  • candi di indonesia dan sejarahnya