Candi selogriyo terletak di Dusun Campurrejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Situs candi di Kabupaten Magelang memang menarik untuk dikunjungi setiap bangunan candinya, tentunya anda akan menemukan pengetahuan banyak dari peninggalan sejarah dan budaya yang sangat fenomenal menakjubkan itu, mulai dari relif, arca dan bangunannya. Dan di candi selogriyo ini anda akan menemukan itu semua. Candi selogriyo diperkirakan dibangun pada abad ke 8 pada masa oleh wangsa sanjaya, dengan berada di atas bukit dan berada diketinggian 648 diatas permukaan laut, tentunya tidak hanya sejarah yang anda dapatkan, keindahan alam dan kesejukan alam pun anda akan temukan dilokasi candi selogriyo ini. jika anda sedang berwisata kedaerah Yogyakarta dan Magelang khusunya, anda bisa jadikan wisata sejarah candi selogriyo ini sebagai alternative tujuan wisata anda setelah berkunjung ke candi borobudur, karena letaknya yang tidak begitu jauh, hanya berjarak 24 Km dari candi borobodur.

Candi yang ditemukan oleh Hartman , residen Magelang pada jaman penjajahan pada tahun 1835 ini terleta dikaki bukit Sukorini dan bukit Giyanti, dilereng gunung Sumbing  memiliki denah bangunannya berbentuk palang dengan ukuran 5,2 x 5,2 meter dan tinggi 4,9 meter ini terdapat  berbagai arca yang bisa anda lihat, mulai dari arca durga yang berdiri diatas lembu dan membawa anak laki- laki disebelah kirinya, arca ganesa duduk dan tanpa kepala, arca agastya yang berdiri dengan tangan yang diletakan dibelakang badan, arca mahakala yang berdiri dengan tangan kiri didepan dengan memgang busan, dan tangan kiri dibelakang badan, serta masih ada beberapa arca yang bisa anda lihat di candi selogriyo ini.

Akses untuk menuju candi ini dari kota Magelang kurang lebih mempunyai  jarak 15 Km, yang bisa ditempuh lewat kota  kecamatan Bandongan sataupun Windusari, dari jalan utama   Windusari- Bandongan di desa kembangkuning candi ini masih berjarak 3 meter, dan dari posisi desa kembangkuning menuju candi selogriyo hanya bisa ditempuh menggunakan jalan kaki, namun begitu perjalan anda sejauh 3 km akan dipuaskan dengan pemandangan alam yang sangat menawan, dengan kesejukan khas perbukitan. Selain berkunjung ke candi selogriyo ini anda juga bisa berkunjung ke situs candi lainnya yang berada di Magelang, seperti candi gunungsari , candi mendut dan candi pawon yang masih membutuhkan perhatian wisatawan.

 

How to get There :

Untuk menuju Candi Selogriyo sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, Medan yang cukup sulit kendaraan Anda tidak dapat parkir di dekat Candi.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi Candi Griyo diantaranya Plataran Borobudur Resort & Spa atau The Oxalis Regency Hotel

Peta Lokasi  :


Lihat Candi Selogriyo di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • candi selogriyo
  • sejarah candi selogriyo
  • selogriyo
  • peta kecamatan windusari
  • candi selogrio
  • candi selo griyo
  • letak candi selogriyo
  • sejarah candi di windusari magelang
  • dusun jawa
  • candi selogriyo magelang