rumah dome

Rumah merupakan salah satu kebutuhan hidup. Menurut budaya jawa yang menjadi kelengkapan hidup adalah sandang (pakaian),  pangan (makanan) dan papan (rumah tinggal). Rata rata bentuk rumah di Jawa berbentuk limasan atau joglo.

Namun saat ini anda bisa menjumpai rumah khas orang Eskimo yakni rumah Iglo atau rumah Honai suku asli dari papua, rumah tersebut dinamai rumah dome. Rumah ini wujudnya seperti kubah,sekilas seperti rumah salah satu film serial boneka Teletubies yang  sangat jauh berbeda dengan gaya rumah dijawa pada umumnya. Rumah dome ini dapat dijumpai disalah satu desa di kabupaten Sleman. Tepatnya berada di dusun Nglepen, Prambanan, Kabupaten Sleman. Salah satu tempat relokasi setelah gempa yang melanda Yogyakarta 27 Mei 2006. Rumah dome tersebut merurumah domepakan satu satunya di Indonesia bahkan Asia sedangkan di dunia hanya ada 5 negara yakni India, Nicaragua, Haiti, Paraguay dan Indonesia.

Gempa yang meluluhlantakkan dusun sengir, salah satu dusun di perbukitan tanahnya ambles sehingga rumah-rumah didaerah tersebut hancur. Waktu itu gempa melanda Yogyakarta membuka simpati dari berbagai Negara yang tergabung dalam berbagai LSM. Salah satu LSM tergerak untuk membantu kondisi didaerah tersebut yakni LSM WANGO (Word Association of Non-Governmental Organization) dan DFTW (Domes for the Word Foundation) dengan memberikan sebuah cara rekonstruksi rumah tahan gempa yakni membangun rumah dome. Pada tanggal 10 Oktober 2006 pembanguan rumah dome dimulai dengan memilih lokasi daerah Nglepen yang mempunyai kontur tanah yang datar. Donatur tunggal pembangunan komplek rumah dome ini adalah Muhammad Ali Alabar pemilik Emmar Property Dubai dan di tempati warga pada akhir april 2007.Warga menamai komplek perumahan ini dengan nama New Nglepen Village.

Rumah dome di nilai tahan gempa dan bahkan tahan terpaan angin hingga 450 km/jam ini dikarena pada bangunaromah dome, domen rumah dome tidak terdapat sambungan yang merupakan titik lemah saat bangunan diguncang gempa. Cara pembangunan rumah dome sangat unik yakni dengan membuat cetakan  berbentuk balon (airform)kemudian diatas cetakan balon tersebut dicor beton semen. Dikomplek perumahan tersebut dibangun sebanyak 80 unit rumah dome terdiri dari 71 rumah hunian, 6 MCK komunal, 3 fasilitas umum berupa masjid, aula dan poliklinik. Dimensi rumah dome sendiri bergaris tengah 7 meter terdiri dari dua lantai dengan luas sekitar 38 meter persegi. Ruangan bawah terbagi atas 4 ruang, dan bisa terbagi atas ruang tamu, ruang makan, dapur dan tempat tidur, sedangkan lantai 2 difungsikan sebagai ruang keluarga atau tempat tidur. Sedangkan untuk masjid dan aula dibentuk dengan diameter 9 meter dan hanya satu lantai. Sedangkan rumah dome yang digunakan sebagai MCK komunal lebih luas satu MCK disekat menjadi 8 bagian dan digunakan 12 Keluarga dalam satu blok.

Untuk menikmati kawasan ini anda harus membayar rp. 1.500,- dan jika menngikuti paket kegiatan ditambah rp. 6.000,-. Dan jika ingin menikmati menikmati sensasi tinggal dirumah tersebut dapat menikmati paket homestay cukup membayar Rp. 55.000,- fasilitas menginap semalam dome, rumah domedan makan tiga kali. Atau paket seni budaya seharga Rp. 200.000,- anda akan di suguhkan pertunjukkan tradisional yakni randa tek-tek, Jathilan, Karawitan dan organ tunggal.

How to get there :

Kedaerah tersebut belum ada angkutan umum jadi disarankan menggunakan kendaraan pribadi, kalaupun menggunakan kendaraan umum hanya bisa sampai di jl. Raya Prambanan Piyungan dan sampai kelokasi masih harus jalan kaki sejauh 2,7 km atau dengan jasa ojek. Adapun dua rute yang dapat dilalui dari kota Yogyakarta yakni :

  1. Melewati Jalan Raya Yogya Solo, sesampainya di pertigaan prambanan belok kanan kearah piyungan sekitar 9 km aka nada penunjuk arah kea arah rumah dome yakni belok kiri.
  2. Melalui jl. Raya Yogya Wonosari, sesampainya di pertigaan pasar piyungan belok kiri. Setelah jarak  6 km akan ada penunjuk arah kearah rumah dome.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, University Hotel Sunan Kalijaga

Tempat wisata terdekat :

Berebapa lokasi lain yang dapat dikunjungi dari tempat ini diantaranya  Candi Ratu Boko, Candi Banyuniba

Peta Lokasi  :

Lihat Komplek Rumah Dome di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Rumah dome
  • rumah dome yogyakarta
  • rumah tahan gempa
  • rumah dome jogja
  • rumah anti gempa di jogja
  • rumah anti gempa
  • rumah tahan gempa di jogja
  • rumah anti gempa jogja
  • rumah dome prambanan
  • rumah domes