Jl. Gito gati

Seniman kethoprak serba bisa Sugati merupakan kembaran dari Sugito putra seorang dalang bernama Ki Cermo Taruna. Mereka berdua dibesarkan dalam lingkungan kesenian wayang oleh ayahnya. Dengan mengikuti dari panggung ke panggung membuatnya terbengkalai dalam hal sekolah, namun kemampuan seninya lambat laun semakin terasah. Pada umur 15 tahun dia diberi kesempatan oleh ayahnya untuk mementaskan ketrampilannya dalam hal seni yakni memainkan wayang seperti halnya ayahnya. Ayahnya pun tak mengira kalau kemampuan gati sungguh piawai dalam memainkan wayang dan juga dalam penguasaan dialognya (antawacana)

ps bayuAkhirnya gati dan gito pun terus mengembangkan potensi seninya terutama wayang, ketoprak dan juga karawitan. Yang kemudian mendirikan PS Bayu yang semakin terkenal setelah pementasannya di TVRI.

Itulah sekelumit kisah yang dianggap masyarakat desa Wisata Pajangan sebagai Bapak desa. Desa wisata pajangan terletak di Dusun Panjangan, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Ya mereka lahir di desa tersebut dan walaupun sibuk dengan kegiatan pementasan seni mereka, namun mbah Gati sebutan Sugati masih juga menjabat sebagai kepala dukuh Pajangan, bahkan aktif memberikan pelatihan bidang seni yang mereka kuasai.

Saat ini apa yang pernah dirintis keduanya menjadi potensi wisata di desa ini, yakni berupa kesenian kethoprak PS. Bayu, pedalangan, campursari dan juga Dagelan Mataram. Sedangkan beberapa tradisi budaya yang masih bisa dijumpai di desa wisata ini berupa upacara tradisional yakni Nyadran, ruwatan, wiwit dan upacara kenduri.

Tidak heran kalau desa ini penuh talenta seni, seni lain yang berkembang yang dapat dinikmati para pengunjung desa pemandangan alam desawisata pajangan ini adalah seni tari terutama seni tari jawa, seni gamelan yang para pengunjung dapatkan berupa pelatihan ketrampilan memainkan gamelan atau alat lat music tradisional jawa seperti kendang, boning, siter, gong, saron , gender dan masih banyak lagi yang tersedia di desa ini. Seni Olah suara atau seni vocal atau nembang sebagai iringan gamelan dan pementasan wayang. Lagu yang dimainkan berupa tembang tembang jawa. Seni pedhalangan, disini para pengunjung diberi kesempatan belajar dan memainkan wayang kulit serta mengerti alur cerita pewayangan secara umum. Bahkan para pengunjung dapat mengetahui semua seluk beluk tentang pewayangan beserta sejarah pewayangan itu sendiri.

Untuk menghormati jasa jasa gito gati saat ini diabadikan sebagai salah satu ruas jalan di Sleman,

 

How to get there :

  1. Dengan bus umum jurusan Tempel / Magelang/ Muntilan turun di jl. Magelang Km. 10 diteruskan ojek
  2. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat.

 Tempat terdekat :

Beberapa lokasi terdekat yang ddari tempat ini diantaranya Jejamuran, Taman Denggung, Monumen Yogya kembali

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Ndalem Padma Asri Guest House atau Hyatt Regency Yogyakarta Hotel

Peta Lokasi  :

Lihat Desa Wisata Pajangan di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gito gati
  • Ketoprak gito gati
  • ketoprak ps bayu
  • kethoprak gito gati
  • ps bayu gito gati
  • mengenai ketoprak ps bayu yogya
  • kisah gito gati
  • ketoprak rabies
  • download ketoprak ps bayu
  • kesenian ketoprak gito gati sleman