kinahrejo

Tak pernah tiada henti membahas keberadaan gunung merapi, dikala tenang sangatlah indah dengan kepulan asap putih yang menandakan keaktifannya namun begitu bermasalah maka yang ada hanya kengerian dan ketakutan. Bagaimana tidak hembusan awan panas yang terkenal dengan wedhus gembel dengan panas lebih dari 600 derajat celcius sanggup meluluhlantakkan area perkampungan.

Demikian pula desa Kinahrejo yang merupakan desa terdekat gerbang kinahrejo, kinahrejodengan gunung merapi kurang lebih hanya 5 km. Desa kinahrejo yang secara administrasi berada kecamatan Cangkringan kabupaten sleman. Desa kinarejo merupakan tempat tinggal Almarhum Mbah Maridjan yang beberapa waktu lalu menjadi kontroversi karena keinginannya untuk tetap tinggal dirumahnya walaupun kondisi merapi benar benar membahayakan saat itu. Desa ini sering menjadi pintu masuk menuju pendakian gunung merapi, dan juga sebagai tempat melakukan labuhan merapi yakni upacara adat yang dilaksanakan oleh keraton Kasultanan Yogyakarta setiap bulan rajab dalam penanggalan jawa sebagai peringatan jumenengan Ndalem atau naik tahta raja Keraton Yogyakarta tersebut.

Sebelum erupsi tahun 2010 desa wisata kinahrejo memiliki panorama dan kinahrejo, pemandanganpemandangan yang sangat menawan dan beberapa atraksi didesa ini juga sungguh menarik perhatian selain labuhan ada jathilan, kethoprak, wayang kulit, sholawatan dan beberpa fasilitas yang mendukung wisata yakni berupa treeking, camping ground, outbond area, kali kuning dan kali adem.

Namun kesemuanya itu sirna tatkala erupsi merapi tahun 2010 tepatnya tanggal 26 Oktober 2010 silam. Seluruh desa rata dengan tanah disapu awan panas atau wedhus gembel tersebut. Korban pun berjatuhan dan desa ini kehilangan beberapa warganya yang menjadi korban awan panas tersebut. Termasuk sang juru kunci Mbah Maridjan yang ditemukan oleh tim evakuasi dalam posisi bersujud di dalam kediamannya.

Saat ini desa kinahrejo terus berbenah para warganya saling bahu membahu membenahi segala sesuatunya untuk membangun kembali keberadaan desa wisata kinahrejo ini. Tempat ini pun sekarang masih dimanfaatkan sebagai area wisata lava tour, karena banyak wisawatan yang ingin mengetahui dan melihat secara langsung akibat keganasan gunung merapi saat melanda desa ini. Selain itu banyak dari beberapa komunitas menyempatkan diri berwisata sekaligus menghijaukan kembali kawasan ini dengan beramai ramai menanam pohon.

Desa ini merupakan salah satu yang menjadi saksi bisu keindahan, kesejukan yang gunung merapi tawarkan namun juga sebagai saksi bisu keganasan dan kemurkaan gunung merapi tersebut.

How to get there :

Kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda 2 dari pertigaan pakem ketimur ikuti arah ke cangkringan yakni lurus kearah utara.

Tempat terdekat :

Lokasi lain terdekat yang dapat Anda kunjungi diantaranya Lava Tour kaliadem, desa wisata Pentingsari

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Shangrila Villa atau The Cangkringan Jogja Villas & Spa

Peta Lokasi  :

Lihat Desa Kinahrejo di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • desa kinahrejo
  • kinahrejo
  • wisata kinahrejo
  • desa wisata kinahrejo
  • arah dari kota yogya ke kinahrejo
  • bumi perkemahan senolewah yogyakarta
  • gunung terindah di yogyakarta
  • Potensi Wisata di Cangkringan
  • sejarah desa wisata kinarejo