Turi merupakan nama sebuah kecamatan di daerah lereng merapi disebelah selatan, Agrowisata turi sendiri berada di dusun Gadung, desa Kebun Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kurang lebih 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Rute yang dilewati pun cukup mudah bisa lewat jalan magelang ataupun melewati Jl. Palagan yakni dari Tugu Yogyakarta keutara melewati Monumen Jogja kembali masih keutara hingga pertigaan kalau kekanan kearah pakem dan ke arah wisata Kaliurang kita ambil jalan lurusnya ikuti jalan utama tersebut maka kita akan sampai ditempat tersebut. Agrowisata Turi ini secara resmi dibuka sejak 1994.

Yang menjadi andalan dari Agrowisata di tempat ini adalah kebun Salak Pondohnya, Tempat ini berada di ketinggian 200 meter diatas permukaan laut, dengan kondisi ekosistem yang terjaga dengan baik para pengunjung dapat menyaksikan tanaman pohon salak yang mirip dengan pohon kelapa sawit. Di salak pondoh, turi, agrowisataTempat ini karena areanya sangat luas kurang lebih 27 ha maka para pengunjung akan di temani oleh seorang pemandu yang akan membantu pengunjung berkeliling kebun salak. Di tempat ini pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman salak yakni sekitar 17 jenis yang antara lain Salak pondoh super , Salak pondoh kuning, salak pondoh hitam, salak bali, salak tanonjaya, salak semeru, salak gading dan lain sebagainya. Dan yang menyenangkan ditempat ini kita bisa mendapatkan buah salak langsung dari pohonnya sekaligus cara pembudidayaan pohon salak tersebut.

Selain tanaman salak pondok di tempat ini juga dibudidayakan tanaman obat, disini dapat dijumpai temulawak, jahe, kencur dan lain sebagainya. Tanaman tanaman tersebut dapat difungsikan sebagai tanaman apotik hidup. Selain berbagai tanaman tersebut Agrowisata Turi juga memberikan sarana agar anak-anak khususnya tidak jenuh karena menikmati perkebunan semata, disini sudah dipersiapkan fasilitas berupa kolam renang, kolam pemancingan ikan, perahu dayung di olam, dan arena bermain bagi anak-anak.

Kawasan Agrowisata ini sendiri terbentuk tidak terlepas dari seorang profesor salak pondoh, turi, agrowisatakedokteran gigi bernama Sudibyo. Beliau ini mendapat pengalaman dalam hal pengembangan budidaya salak pondok dari orang tuanya sejak beliau berada di bangku SMP yakni sekitar tahun 1958. Berkat pengalaman inilah beliau mampu menemukan cara budidaya salak pondoh dimana beliau menemukan cara bagaimana memindahkan tanaman salak tanpa membuatnya mati.

Dengan kerja keras beliau mulai memotivasi masyarakat sekitar untuk turut membudidayakan tanaman salak pondoh tersebut. Yang akhirnya para warga masyarakat mulai tertarik dan memahami cara cara membudiyakan salak pondoh tersebut maka Bp. Sudibyo ini kemudian membuat suatu kawasan yang kemudian kita kenal dengan Agrowisata Turi ini.

Untuk mengunjungi Agrowisata dengan menjelajahi kebun salak anda dikenai biaya Rp. 2.000,- sedangkan jika ingin sekaligus memetik salak podok dikenai biaya Rp. 8.000,-

How to get there :

  1. Dari dalam kota yogyakarta menggunakan bus Trans Jogja jalur 2A dan 2B hingga halte di terminal Jombor kemudian naik bus jurusan Turi
  2. Kendaraan Pribadi ada dua rute yakni lewat Jl. Magelang dan Jl. Palagan

Hotel terdekat :

Beberapa hotel yang terdekat dengan lokasi Agrowisata Turi diantaranya Rumah alagan Guest House, Cakra Kusuma Hotel, Sekitar Kaliurang

Peta Lokasi  :

Lihat Peta Lebih Besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Jika Anda tertarik untuk bercerita mengenai pengalaman Anda.. Anda bisa langsung share ke forum kami di http://forum.panduanwisata.com/

Incoming search terms:

  • agrowisata salak pondoh
  • agrowisata salak pondoh yogyakarta
  • agrowisata turi
  • agrowisata salak pondoh turi
  • perkebunan salak pondoh
  • agrowisata turi yogyakarta
  • cara menanam salak pondoh
  • budidaya salak
  • agrowisata salak pondoh sleman
  • cara budidaya salak pondoh