Tak perlu menawar dan menyediakan segala macam souvenir khas Yogyakarta. Itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan Mirota Batik. Mirota merupakan kependekan dari “Minuman, Roti, Tawar”.

Berdiri di ujung selatan Malioboro, tepatnya di seberang Pasar Beringharjo, Mirota Batik adalah ikon. Berdiri sejak tahun 1980an, Mirota Batik bagaikan toko serba ada. Ada batik, kerajinan dan souvenir untuk oleh-oleh.

Begitu masuk, Anda akan merasakan nuansa Jawa yang kental plus sambutan wanita berkebaya yang memberikan salam selamat datang. Aroma terapi khas tempo dulu menguar di bangunan 3 lantai ini. Lantai pertama diisi dengan berbagai model baju batik baik untuk wanita maupun pria segala usia. Tidak hanya batik yang sudah jadi, yang masih berbentuk lembaran kain pun tersedia. Batik-batik di Mirota dibanderol mulai harga Rp. 20.000an hingga ratusan ribu. Selain batik, di ruangan ini juga tersedia lulur tradisional, aneka barang antik, coklat khas Yogya dan minuman instan tradisional seperti bandrek, jahe dan teh.

Berbelanja di Mirota tidak sekedar melihat barang yang bagus untuk dibeli. Kita juga bisa melihat-lihat dengan seksama aneka pajangan kuno yang ada di beberapa sudut toko. Sesekali perhatian pengunjung di lantai ini akan tertuju pada ibu-ibu tua yang membatik dengan cara tradisional di salah satu sudut ruangan. Ia tak keberatan menjawab pertanyaan Anda sekaligus berfoto bersama.

Puas berbelanja batik di lantai 1, naiklah ke lantai dua yang menyediakan bermacam souvenir dan kerajinan tangan. Menuju lantai dua, Anda harus menaiki tangga. Di tangga ini terdapat sepeda-sepeda kuno yang juga dijual dengan harga mulai Rp. 1.000.000an.

Nah, bersiaplah untuk memilih barang-barang yang Anda suka. Di sebelah kiri tangga, kita akan menemukan penghias interior rumah seperti lampu hias, tempat tisu yang terbuat dari bambu, tempat sampah, asbak, mainan anak-anak dari kayu, tikar, kursi dari anyaman rotan, tempat koran dan masih banyak lagi.

Sedangkan di bagian yang lurus dengan anak tangga terdapat berbagai asesoris seperti kalung, gelang, cincin dengan desain beragam. Gantungan kunci, tas batik, tas kulit dan sandal etnik tersedia.

Beralih di sebelah kanan tangga, disini terdapat berbagai hiasan yang cocok sebagai pajangan rumah. Ada bermacam – macam kerajinan gerabah, replika tokoh pewayangan, lukisan dan hiasan-hiasan lain bernuansa Jawa. Oya, jangan risau masalah harga karena benda-benda unik di Mirota Batik yang buka sejak pukul 08.00-21.00 WIB ini berbanderol mulai dari Rp. 1500 hingga ratusan ribu. Murah meriah bukan?

Usai puas berbelanja, Anda bisa beristirahat sejenak di lantai paling atas. Ada kafe Oyot Godhong yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Desain kafe mengusung nuansa pedesaan dengan saung-saung dari bambu dan kayu. Anda bisa lesehan meluruskan kaki sambil menikmati kudapan yang sudah dipesan. Saung-saung yang mengelilingi panggung itu akan disesaki penonton acara kabaret setiap Sabtu malam.

Beberapa hotel yang bisa Anda singgahi selama berlibur di Yogyakarta adalah Inna Garuda Hotel, Hotel Mutiara atau Gloria Amanda Hotel

Destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Sari, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat danwisata kuliner Gudeg Wijilan.

Peta lokasi

View Larger Map

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • mirota batik online
  • harga batik di jogja
  • sovenir wisata jogja
  • sejarah oyot godhong
  • oyot godong jalan palagan
  • oyot godong
  • oyot godhong palagan
  • model baju batik mirota
  • baju batik mirota surabaya
  • macam souvenir wisata