Umbul ingas tadinya merupakan sebuah sumber mata air yang digunakan untuk pemandian, namun sejak dikembangkan oleh pemerintah setempat yakni mulai tahun 2008 maka semakin nampak sebagai tempat obyek wisata yang mampu menjadi daya tarik bagi para pengunjung, tidak hanya sekitar tempat ini saja melainkan dari kota kota lain.

Umbul ingas terletak di desa cokro, kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa tengah, sekitar 17 km dari kota klaten. Umbul ingas saat ini menjadi obyek wisata yang eksotis dan merupakan andalan bagi kota klaten ini. Dengan penambahan beberapa fasilitas diantaranya berupa flying fox dan juga waterboom semakin menambah jumlah kunjungan obyek wisata umbul ingas tersebut.

Selain air yang dingin dan menyegarkan  serta kejernihan airnya, tempat ini di dukung dengan pemandangan yang indah di sekliling lokasi, menjadikan keberadaan kolam renang tersebut terkesan alami. Mata air yang dipergunakan untuk menyuplai ke kolam renang tersebut juga tidak pernah kering walau musim kemarau yang berasal mata air alam seperti halnya Taman Sabda Alam Kalibening.

Pada saat menjelang Ramadan umbul ingas tersebut sangat ramai dengan acara budaya sebelum memasuki bulan Ramadan atau menjalankan puasa yakni Padusan. Acara tradisi tersebut diawali dengan kirab budaya yang menampilkan iring iringan pasukan keraton, punokawan, atraksi reog, drumband pelajar, beberapa atraksi yang memanfaatkan wahana waterboom, Mas dan Mbak Klaten yang melakukan mandi kembang dan berbagai macam hiburan. Dan selanjutnya acara dilanjutkan dengan mandi di kolam tersebut.

Selain sebagai kolam renang ini umbul ingas yang tinggi kandungan mineralnya dimanfaatkan juga oleh para petani untuk mengaliri sawahnya dan bahkan dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum kemasan yang cukup terkenal dan hasilnya pun sudah dapat dirasakan hampir oleh semua masyarakat.

 

How to get there :

  1. Dengan kendaraan umum dari Yogyakarta dengan jurusan Solo turun di timur trafight light pakis dilanjutkan dengan naik ojek
  2. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dengan rute Delangu-polanharjo, Umbul Ingas atau Klaten-karanganom-tulung-umul ingas

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Riyadi Palace Hotel atau De Solo Boutique Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Umbul Ingas di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • umbul manding
  • pemandian umbul manding
  • water park di klaten
  • Ijin angkutan pariwisata kabupaten klaten
  • tiket masuk pemandian di gondang klaten
  • umbul ingas cokro tulung
  • umbul manding foto
  • video mandi di umbul manding
  • water boom klaten
  • waterboom klaten