Grojogan sewu

Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan di kaki Gunung Lawu sebelah Barat dan termasuk kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa tengah. Tempat ini terkenal dengan hasil sayur mayurnya, lokasi tepatnya berada di 37 Km kearah timur dari Kota Solo. Sebenarnya tempat ini mempunyai banyak lokasi tempat wisata, ada beberapa candi, yakni candi Sukuh dan Candi cetho, dan beberapa Wana wisata. Namun yang identik dan sering orang beranggapan kalau ke Tawangmu pasti tujuannya adalah ke air terjun bernama Gerojogan sewu. Gerojogan sewu ini mempunyai ketinggian air terjun kurang lebih 81 meter.

Lokasi Grojogan sewu sangat mudah dijangkau dari terminal tawangmangu berjarak sekitar 800 m saja, yakni didalam komplek Wana wisata Tawangmangu menempati lahan seluas 20 ha. Namun perlu di ingat bahwa jalan untuk sampai ke Grojogan sewu berupa anak tangga yang lumayan banyak. Tapi jangan kuatir pada jarak tertentu disediakan tempat unyuk beristirahat jika merasa kelelahan. Satu hal lagi yang perlu diwaspadai yakni monyet yang kadang turun untuk mencari makan, namun monyet ditempat ini tidak seagresif kera di Bali, jarang yang sampai merebut bawaan pengunjung. Sesampainya dibawah rasa lelah kita sehabis menuruni tangga terbayar dengan segarnya air terjun yang dingin, kita bisa menikmati mata air yang ada disekelilin air terjun atau bahkan mandi dibawah guyuran air terjun tersebut, namun hati hati karena untuk, mencapai dibawah air terjun langsung harus melewati bebatuan yang lumayan besar dan licin.

Tangga Grojogan sewuDari kejauhan pun sebenarnya kita sudah dapat merasakan kesegarannya karena begitu derasnya air terjun tersebut kita sudah terkena percikannya bahkan lama lama bisa basah kuyub juga.

Bagi anak-anak bisa diajak untuk bermain ditaman yaitu taman Balaikambang sambil menikmati makanan yang banyak dijual disekeliling taman. Seperti daerah-daerah dingin yang paling banyak kita jumpai adalah penjual sate kelinci seperti halnya di sarangan. Untuk anak-anak juga ada kolam renang didalam taman tersebut.

satwa yangdi tawangmanguSetelah puas bermain di derasnya air terjun jangan lupa untuk belanja aneka sayur mayor yang segar dan pasti lebih murah di pasar depan terminal. Pasar saat ini sudah dibangun sehingga jauh dari kesan kumuh, diharapkan para pengunjung merasa nyaman dengan kondisi tersebut. Pemda setempat telah berupaya menghubungkan beberapa tempat wisata dengan membangun akses jalan yang baik dan tentu saja waktu yang singkat yang dapat ditempuh.

Tempat wisata Grojogan sewu dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB adapun tiket masuk sebesar Rp,.Rp. 18.000,- sedangkan untuk pelajar mendapat potongan 50% yakni sebesar Rp. 9.000,-

 

How to get There :

UNtuk menuju lokasi ini Anda bisa menggunakan kendaraan umum jurusan Yogya Solo kemudian sesampainya di Terminal Solo dilanjutkan dengan Bus jurusan Tawangmangu yang banyak tersedia di terminal tersebut. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Hotel terdekat :

Beberapa hotel di kota solo yang dapat di singgahi diantaranya Solo Paragon Hotel & Residences atau Arini Hotel

Peta Lokasi  :

View Larger Map 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • gunung lawu
  • tawangmangu
  • wisata tawangmangu sarangan
  • wisata tawangmangu solo
  • tempat wisata tawangmangu solo
  • grojogan sewu
  • tempat wisata di tawangmangu
  • objek wisata karanganyar solo
  • Obyek wisata Tawangmangu
  • tempat rekreasi tawang mangun yogyakarta