Candi Cetho berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar tepat dilereng  gunung lawu.Tempat berdirinya candi cetho berada diketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut, kenyataan sejarah dibalut dengan udara sejuk khas pegunungan. Akses jalan untuk menuju lokasi candi ini beraspal sempit dan berkelok, namun ketidak puasan dijalan akan terbayar jika sudah berada ditempat tujuan. Pemandangan alam yang masih terjaga keindahanya menjadi suatu harmonisasi pemandangan dengan candi cetho. Anda akan mendapatkan pengalaman sejarah sekaligus menikmati keindahan lereng gunung lawu.

Candi cetho dibangun pada abad ke 15 pada akhir kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh rajanya, Brawijaya V. Bangunan candi cetho berupa punden berundak dengan 9 teras yang terdapat gapura disetiap terasnya.  Diteras pertama merupakan halaman candi, anda bisa melihat pemandangan disekitar kompleks candi cetho. Diteras kedua anda akan menemukan petilasan dari Kyai Ageng Krincing Wesi yang merupakan tokoh dari dusun cetho sendiri. Diteras ketiga anda akan menemukan phallus yang menjadi symbol Siwa yang berbentuk alat kemaluan dengan panjang 2 meter. Banyak relief – relief yang akan anda temukan diteras keempat, memasuki teras kelima dan keenam anda akan menjumpai tempat yang digunakan untuk upacara keagamaan. Diteras ketujuh terdapat sebuah arca sabdopalon dan Nayagenggong abdi dalem yang merupakan penasehat Brawijaya. Diteras kedelapan anda akan menemukan arca phallus kuntobimo, arca Brawijaya juga bisa anda lihat disini, yang melambangkan suri tauladan dan raja yang berbudi luhur . Diterasa yang terakhir merupakan tempat untuk memanjatkan doa, yang mempunyai luas 1,5 meter. Banyak yang bisa anda pelajari  tentang peninggalan Kerajaan Majapahit dicandi ini.

Untuk biaya masuk kecandi cetho Rp.2.500/ orang, untuk wisatawan dalam negeri, dan Rp.10.000/ orang untuk wisatawan mancanegara. Banyak tempat wisata alam dan wisata sejarah di lereng gunung lawu, dan candi cetho sendiri yang bisa anda jadikan tujuan liburan anda.

How to get There :

Untuk akses menuju lokasi ini cukup mudah anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat  maupun angkutan umum. Anda bisa menaiki angkutan umum jurusan Karangpandan, Ngargoyoso dan Jenawi.

Hotel terdekat :

Disekitar Lokasi belum ada penginapan atau hotel yang memadai, hotel yang terdekat berada di sekitar kota solo diantaranya Best Western Premier Hotel atau Novotel Solo Hotel

Tempat terdekat :

Selain candi cetho anda bisa berkunjung ketempat lainnya yang mengandung sejarah di solo seperti kraton surakarta dan museum purba sangiran.

Peta Lokasi  :

 

Lihat Peta Lebih Besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • candi cetho
  • candi cetho karanganyar
  • sejarah candi cetho
  • gambar candi cetho
  • yhsm-imp1
  • candi cetho karang anyar
  • peninggalan kerajaan majapahit
  • candi peninggalan sejarah
  • kerajaan majapahit
  • brawijaya v