Museum Wayang Kekayon terletak di Jalan Raya Yogyakarta – Wonosari Km 7, Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul Yogyakarta, akses untuk menuju ke museum ini sangat mudah karena berada di kawasan jalan raya Yogyakarta- Wonosari.  Museum Wayang Kekayon didirikan untuk melesatarikan dan memberi pengetahuan kepada generasi penerus agar tidak melupakan seni dan budaya bangsa ini agar tidak diakui oleh bangsa lain. Museum ini diresmikan pada tanggal 5 Januari 1991 oleh Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam VII dan mulai dibuka oleh umum pada waktu itu. Bangunan museum ini mempunyai bangunan khas jawa, yaitu rumah Adat Joglo.

Sampai saat ini koleksi untuk museum ini sudah mencapai lebih dari 5000 wayang yang terbagi menjadi 25 jenis wayang baik yang dari dalam maupun luar negeri. Jenis Wayang yang berhasil dikoleksi sampai saat ini seperti  Wayang Purwa, Wayang Wadya, Wayang Bali Wayang Suluh, Wayang Golek, Wayang Potehi, Wayang Kancil, Wayang Thailand,Wayang India dan anda juga bisa melihat berbagai jenis kerajinan topeng dimuseum Kekayon ini. Museum Wayang Kekayon dibagi menjadi 9 unit ruangan, dan disetiap unitnya anda akan menemui jenis wayang yang berbeda- beda. Di museum ini anda bisa belajar lebih tentang seni dan budaya perwayangan.

Memasuki Unit 1 disini anda akan menemukan koleksi Wayang Purwa Ganda Gaya Yogyakarta. Di ruangan Unit 2 anda bisa melihat koleksi wayang purwa gaya Surakarta. Unit 3 anda bisa belajar dari  Koleksi dari Wayang Madya dan Gendhong. Unit 4 anda bisa menemukan koleksi dari Wayang Klitik, Krucil dan Baber. Di Unit 5 dan 6 berbagai jenis wayang anda bisa temukan disini, mulai dari wayang Madura, wayang Bali dan masih banyak yang lainnya. Dalam Unit 7 bisa anda lihat  koleksi Wayang Golek dan Wayang Kreasi Baru. Masuk Unit 8 anda akan menemukan aneka topeng dan pagelaran mini. Dan di unit yang terakhir, unit 9, aneka jenis wayang dipamerkan , mulai dari  Wayang Thailand, Wayang Potehi, Wayang Kraton, Wayang Turis dan masih banyak yang lainnya yang anda bisa lihat. Dari setiap jenis koleksi wayang disetiap unit anda bisa melihat ribuan wayang yang bisa anda pelajari , anda bisa datang langsung ke Museum Kekayon, berwisata sambil  belajar. Jika anda sedang berada di Yogyakarta sempatkan untuk datang ketempat ini, jaminan pengetahuan seni dan budaya perwayangan anda akan dapatkan.

Untuk biaya masuk Museum Kekayon Wayang ini, anda akan dikenakan Rp.7.000/ orang, dan untuk wisatawan asing dikenakan Rp. 10.000/ orang. Museum ini buka mulai dari Pukul 08.30-14.30 dari hari Selasa – Minggu.

 

How to get There :

Untuk menuju ke lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan bus jurusan wonosari dari terminal Giwangan Yogyakarta atau dapat menggunakan taksi dan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Hotel terdekat :

Hotel terdekat disekitar lokasi diantaranya Satya Nugraha atau Yogya Kembali Hotel

Tempat terdekat :
Selain Museum wayang kekayon anda bisa berkunjung kemuseum lain yang ada di jogja seperti Museum Dewantara Kirti Griya dan Museum BatikYogyakarta.

Peta Lokasi  :


View Larger Map 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • arah jalan mpi jogja
  • arah jalan museum dewantara kirti griya
  • hiburan alam yogyakarta