Museum Biologi UGM terletak di Jalan Sultan Agung no. 22, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta. Museum ini dibangun dan didirikan sebagai media pembelajaran alam dengan kurang lebih sudah mencapai koleksi  4.000 spesies. Terdiri dari spesimen hewan dan tumbuhan dalam bentuk awetan kering dan basah, serta fosil yang terdapat dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa dari luar Negeri. Museum ini dikelola oleh Fakultas Biologi UGM dan diresmikan pada tahun 1969, sebagai media pembelajaran untuk dosen , guru, pelajar , mahasiswa dan umum. Museum yang mengkhususkan pada koleksi flora dan fauna yang diawetkan, menjadikan museum ini merupakan satu- satunya di Yogyakarta bahkan di Indonesia yang menyajikan dan menampilkan koleksi seperti ini. Museum ini dibagi menjadi delapan ruangan dengan  setiap ruangan mempunyai koleksi dan keistimewaannya yang berbeda- beda.

Mulai dari ruang I dan II anda akan disambut dengan koleksi kupu- kupu dan serangga, kuda laut, ikan hiu, musang, kerangka kambing yang sudah dikering dan ditata rapi diatas rak kayu. Terdapat juga kerangka manusia, kerangka sipanse, terumbu karang dan diorama komodo kata dan ular yang diletakan dietalase- etalase kaca. Memasuki ruangan III dan IV anda akan melihat ratusan awetan hewan basah dan awetan tumbuhan basah yang diletakkan didalam toples kaca yang dipajang diatas rak bertingkat empat. Di ruangan V anda melihat kerangka gajah dan Kuda yang utuh, yang anda bisa pelajari sturuktur tulang dan bentuk- bentuk tulangnya. Selanjutnya diruangan VI anda akan dimanjakan dengan ratusan awetan aves atau burung, anda bisa mempelajari jenis- jenis burung disini dan bentuknya. Sedangkan diruangan VII merupakan ruang penyu, anda akan bisa melihat penyu dan kura- kura khas Indonesia.

Diruangan VIII ruangan terakhir anda bisa melihat kotak kotak kayu yang burlapis kaca yang berisi satu atau kelompok hewan dengan latar belakang habitat mereka yang dikemas menjadi ilustrasi gambar tiga dimensi, dengan melihat ilustrasi ini anda akan  diberi pembelajaran tentang kehidupan nyata hewan- hewan yang telah dibekukan. Museum ini memang cocok untuk anda yang ingin tahu secara mendalam tentang flora dan fauna, yang setiap saat spesimennya akan terus bertambah untuk anda bisa pelajari semuanya.

Untuk masuk kedalam museum biologi ini anda akan dikenakan biaya masuk Rp.3.000 untuk pelajar, Rp.5.000 untuk umum, dan Rp.10.000 untuk wisatawan asing. selain museum biologi anda bisa berkunjung ke museum menarik lainnya yang ada dijogja seperti museum geoteknologi dan museum gunung merapi.

 

How to get There :

Untuk menuju lokasi Museum bisa menggunakan berbagai alat transportasi yang ada dikota yogyakara. beberapa pilihan tersebut diantaranya :

1.  Transjogja jalur 1 A dan 1 B turun di halte depan Museum Biologi

2. Bus Kota jalur 12 dan 16 turun di depan Museum Biologi

3.Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

4. Taksi, Becak bahkan Andong bisa menggantar anda sampai tujuan.

 

Hotel terdekat :

Beberapa hotel yang berada di sekitar lokasi adalah  Yogya Kembali Hotel yang berada di sebelah barat titik nol atau yang berada di kawasan malioboro yakni Whiz Hotel

Peta Lokasi  :


View Larger Map

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • museum biologi yogyakarta
  • MUSEUM BIOLOGI UGM
  • museum biologi
  • sejarah museum biologi yogyakarta
  • flora dan fauna di yogyakarta
  • sejarah museum biologi
  • meseum biologi bandung
  • Mengapa museum biologi dibangun
  • makanan musang lombok
  • latar belakang didirikannya museum biologi