Museum Anak Kolong tangga, Museum

Museum anak kolong tangga terletak di gedung taman budaya lantai 2, jalan sriwedari no. 1 Yogyakarta. Museum ini masih satu kompleks dengan Taman Pintar Yogyakarta dan Shopping center, akses untuk menuju museum ini sangat mudah, bisa menggunakan angkutan umum dan mobil pribadi dengan jarak 3 km dari pusat kota Yogyakarta, sekitar 5-10 menit dari Malioboro maupun Pasar Beringharjo. Museum ini sendiri didirikan oleh Rudi Corens yang merupakan seniman keturunan Belgia. Rudi Coren mendirikan museum ini karena keprihatinannya karena masyarakat Indonesia yang melupakan budaya sendiri, khususnya terhadap permainan tradisional asli Indonesia, dan akhirnya pada tanggal 2 Februari 2008 museum ini diresmikan. Museum ini juga bertujuan sebagai media pembelajaran bagi anak- anak agar lebih mengerti tentang budaya Indonesia sendiri. Bagi anda yang sedang datang berwisata ke Yogyakarta tidak ada salahnya mengajak putra dan putri anda untuk datang kemuseum anak kolong tangga, anak- anak anda akan dimanjakan dengan berbagai koleksi mainan tradisional asli Indonesia dan berbagai macam komik, poster dan koleksi lainnya yang berasal dari lima benua.

Museum Anak kolong tangga, MuseumKeistimewaan museum ini sudah terlihat dari ruangannya yang unik yang berada diantara kolong dua tangga yang menuju ke gedung pertunjukan TBY. Sampai sekarang museum ini sudah mempunyai lebih dari 700 koleksi mainan anak dan berbagai macam buku penunjang. Ruangan museum ini akan membuat anak anda nyaman berada didalamnya, karena dinding museum ini di cat sedimikian rupa, yang bernuansa anak- anak. Koleksi mainan di museum anak kolong tangga ini buka mainan modern hasil pabrikan, tetapi mainan anak tradisional asli buatan tangan yang mengandung usur budaya, tradisi, dan mitos pada jamannya, seperti kuda- kudaan kayu, mainan motor dari kayu, miniatur rumah- rumahan mainan, gasing dari dalam dan luar negeri, mainan yang terbuat dari kertas dan masih banyak yang lainnya, yang pastinya bisa membuat anak anda senang dan mendapatkan banyak pelajaran. Sedangkan untuk koleksi dari lima benua terdiri dari berbagai poster, komik dan berbagai macam foto tentang dunia anak.

Untuk masuk kemuseum ini dibatasi 20 orang setiap rombongannya, agar kenyaman bisa terjamin. Biaya masuk museum ini dikennakan biaya sebesar Rp. 2.500/ orang untuk dewasa, dan geratis bagi putra dan putri anda yang berumur maksimal 14 tahun. . Jadikan liburan anak anda penuh dengan pengetahuan dan pembelajaran, agar berguna bagi dirinya sendiri dan bangsa Indonesia.

 

How to get There :

Untuk menuju lokasi ini Anda bisa menggunakan :

1. Transjogja Jalur 1A, 1B, 2A, 2B  turun di Halte Taman Pintar/Kantor Pos kemudian berjalan kurang lebih 100 meter ke arah utara

2. Dengan bus kota Jalur 4, 12, 16 turun di sebelah timur Taman pintar kemudian berjalan kaki sekitar 100 meter kearah utara.

3. Angkutan umum lain seperti Taksi, becak, dan Andong pun bisa menjangkau karena masih di seputaran pusat kota Yogyakarta

4. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

 

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi ada di sekitaran Malioboro diantaranya Hotel Mutiara atau Hotel Ibis Malioboro

 

Peta Lokasi  :


Lihat Peta Lebih Besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • mainan tradisional
  • permainan tradisional yogyakarta
  • museum anak kolong tangga
  • macam-macam permainan tradisional indonesia
  • mainan anak tradisional indonesia
  • kumpulan mobil anak jogja
  • permainan di yogyakarta
  • permainan asli yogyakarta
  • museum mainan tradisional indonesia
  • Museum Anak ‘Kolong Tangga’