Museum Purba Sangiran terletak di Desa Sangiran, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen dengan jarak 18 km dari Kota Solo, dan  mempunyai luas sebesar 56 km persegi . Didaerah Sangiran banyak ditemukan fosil manusia dan hewan purba, mulai dari gajah, kerang,  kerbau , buaya ,rusa dan masih banyak yang lainnya, untuk manusia purbanya sendiri didominasi oleh Homo Erectus. Yang paling menakjubankan, daerah Sangiran menjadi situs yang menyumbangkan hampir 50% dari penemuan fosil manusia pra sejarah didunia, mulai dari penemuan- penemuan besar didaerah ini, dari situlah kemudian  UNESCO menetapkan Sangiran sebagai Cagar Budaya Dunia sebagai situs manusia purba pada 5 Desember 1996 di Merida, Meksiko.

Daerah Museum Manusia Purba Sangiran dulu merupakan aliran lahar Gunung Lawu yang menjadikan daerah disekitar museum hijau dan subur, dari kesuburan wilayah tersebut daerah Sangiran banyak ditempati dan dihuni banyak manusia purba.  Museum ini sendiri dibagi menjadi beberapa ruangan pameran, dengan setiap ruangan mempunyai cerita yang berbeda- beda tentang fosil-fosil purba. Memasuki Ruang Pameran yang pertama anda akan menemukan fosil manusia purba, dari tengkorak kepala, badan, tangan dan alat- alat yang digunakan untuk berburu, disini anda juga bisa melihat fosil- fosil bintang purba jutaan tahun yang lalu, seperti gajah, harimau dan masih banyak yang lainnya, fosil- fosil itu meliputi dari bagian tubuh, tengkorak kepala , kaki dan badan, terdapat juga disini fosil dari binatang laut. Diruangan ini anda juga bisa melihat replika patung manusia purba lengkap dengan deskripsinya yang menggunakan dua bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Anda bisa belajar banyak tentang manusia purba disini.

Memasuki ruang pameran berikutnya, ruangan pameran ini  dilengkapi dengan fasilitas Audio Visual, disini anda akan melihat tayangan yang berdurasi  5 menit  tentang terjadinya Tata Surya berjuta- juta tahun yang lalu. Anda juga bisa melihat Foto- foto tentang penyebaran manusia purba didaerah Jawa dan sekitarnya, dan beberapa foto tentang  penemu atau tokoh yang berhasil menemukan fosil- fosil purba didaerah Sangiran. Diruangan pameran terakhir ,anda akan menemukan 3 diorama tentang kehidupan manusia purba pada masanya, diorama manusia purba sedang berburu. Bagi anda yang sedang berlibur kedaerah Surakarta dan Yogyakarta, tempat ini bisa anda jadikan wisata edukasi bagi anak- anak anda untuk lebih mengerti kehidupan manusia purba jutaan tahun yang lalu.

Untuk biaya masuk  museum ini dikenakan sebesar Rp.3.000/ orang untuk wisatawan domestik, dan Rp.7.000/ orang untuk wisatawan mancanegara. Museum Manusia Purba Sangiran buka mulai Pukul 08.00-16.00 WIB dari hari Selasa- Minggu.

 

 

How to get There :

Untuk menuju tempat ini bisa menggunakan kendaraan umum dari Yogyakarta dengan jurusan Solo kemudian Solo jurusan Purwodadi. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hotel terdekat :

Beberapa hotel yang dapat dijadikan sebagai tempat bermalam saat berkunjung ke lokasi ini diantaranya Rumah Turi Green Boutique Hotel atau Griya Teratai Hotel

Tempat terdekat :

Selain museum purba Sangiran anda bisa berkunjung ke museum lain yang ada di solo seperti museum batik danar hadi dan museum monumen pers nasional.

Peta Lokasi  :


Lihat Peta Lebih Besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • manusia purba
  • kehidupan manusia purba
  • museum sangiran
  • situs manusia purba sangiran
  • MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRAN
  • manusia purba di indonesia
  • sangiran museum
  • sangiran
  • gambar manusia purba
  • mengenal manusia purba sangiran