Kraton Surakarta merupakan Sejarah bagi Kota Surakarta sendiri, dari kraton Surakarta inilah ribuan kisah kerjaan yang dulu pernah jaya hingga akhirnya hancur dan terbelah menjadi dua bagian, kasultanan Surakarta dan kasultanan Yogyakarta, yang hancur akibat campur tangan dari Belanda melalui perjanjian Giyanti. Di Kraton Surakarta Hadiningrat, anda akan diajak  melihat kembali kemasa dimana kejayaan Kraton Surakarta melalui peninggalan- peninggalan bersejarah yang ada dikraton ini. Setiap Sudut bangunan kraton Surakarta ini mempunyai cerita yang terkandung didalamnya.

Kraton Surakarta sendiri adalah sebuah kompleks, yang didalamnya terdapat alun- alun,  masjid dan pendapa besar , sementara bangunan utama kraton berada dibelakang. Komposisi bangunan Kraton Surakarta dan Kraton Yogyakarta kurang lebih sama, yang membedakan keduanya, kraton Surakarta tidak mempunyai jalan besar Utara dan Selatan yang terdapat pada Kraton Yogyakarta. Untuk bangunan utama kraton ini terdapat sebuah museum yang dulu merupakan ruang perkantoran Paku Buwono III, didalam bangunan utama ini sendiri terbagi menjadi beberapa ruangan, disetiap ruangannya terdapat pusaka dan benda kuno yang merupakan peninggalan dari Kejayaan kraton Surakarta.

Didalam Kraton Surakarta ini terdapat juga patung Eropa yang merupakan hadiah dari bangsa Belanda yang  dulu mempunyai hubungan dekat dengan Kraton.  Dari sekian banyak barang dan pusaka- pusaka yang terdapat didalam kraton ini, anda akan diajak untuk mengenal dan melihat sejarah tentang Kraton Surakarta pada masanya, sempatkan waktu liburan anda untuk datang ke Kraton Surakarta jika anda sedang berlibur didaerah Surakarta dan Yogyakarta ataupun sedang merencanakan liburan. Anda akan dipuasakan dengan megahnya Kraton Surakarta Hadiningrat.

Untuk biaya masuk Kraton Surakarta Hadiningrat berbeda- beda disetiap ruangannya, untuk bangsa pagelaran dikenakan biaya sebesar Rp.2.500/ orang, dan untuk masuk kedalam museum dikenakan biaya Rp. 8.000/ orang, kraton Surakarta mulai buka pukul 09.00-14.00 untuk hari Senin – Kamis, dan untuk Sabtu- Minggu buka mulai pukul 09.00-13.00.

How to get There :

Dari Yogyakarta menggunakan bus jurusan Yogya Solo turun di dekat Stasiun Purwosari kemudian naik bus jurusan Keraton. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat untuk memudahkan dapat mengikuti rute sesuai dengan peta lokasi.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat jika Anda berwisata ke Kraton Surakarta diantaranya adalah Best Western Premier Hotel atau Novotel Solo Hotel

Tempat terdekat :
Selain kraton surakarta anda bisa berkunjung ketempat- tempat yang bernilai sejarah di solo, seperti museum radya pustaka dan museum monumen pers indonesia yang syarat akan sejarah.

Peta Lokasi  :

Lihat Peta Lebih Besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • keraton surakarta
  • keraton solo
  • KRATON SURAKARTA
  • museum keraton surakarta
  • surakarta
  • misteri keraton surakarta
  • keraton
  • panduan wisata keraton surakarta
  • jam buka keraton solo
  • wisata pusaka kerajaan surakarta