Goa Pindul, Cave Pindul

Lokasi wisata ini terletak di dusun Gelaran, desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya sebelah utara kota Wonosari, Akses jalan sudah bagus cuma dari Jalan utama ke lokasi jalan sudah banyak yang rusak. Tempat ini baru diresmikan sebagai tempat wisata pada tanggal 10 Oktober 2010, oleh Bp. Almarhum Sumpeno Putra yang waktu itu menjabat sebagai Bupati Gunung Kidul

Nama Goa Pindul sendiri didasari atas kisah perjalanan Abdi Panembahan Senopati yakni ki Juru Martani dan Ki Ageng Pemanahan untuk membunuh bayi laki-laki yang dilahirkan oleh putrinya. Kedua abdi ini sepakat tidak akan membunuh bayi tersebut maka mereka pergi kearah timur dari kerajaan saat itu dan sampai didaerah karangmojo. Ditempat tersebut kedua abdi menggelar tikar dan alas tempat tidur bekas persalinan sang bayi dan mengubur tikar tersebut, maka tanah disitu kemudian dinamakan Gelaran. Pada saat ingin memandikan sang bayi Ki Juru Martani dengan kesaktiannya menginjak tanah diatas salah satu bukit maka berlubanglah tanah tersebut yang membentuk goa dan terlihat dibawahnya aliran sungai. Selanjutnya sang bayi dibawa turun untuk dimandikan, namun saat memandikan tersebut Pipi sang bayi terbentur (Jw. : Kebendhul) batu maka tempat itu dinamakan Goa Pindul.

Stalaktit, stalagnitUntuk menyusuri Gua Pindul ini harus dengan pemandu, makanya terlebih dahulu harus mendaftar untuk menentukan akan mengikuti paket wisata jelajah Goa Pindul. Setelah itu bersiap dimulut goa sambil membawa ban karet berfungsi untuk pelampung dikedalaman sungai di Goa dan juga jaket pelampung, sepatu, dan lampu dikepala. Ini merupakan syarat wajib juga untuk menjaga kesselamatan pengunjung apalagi bagi yang tidak bisa berenang. Mulai masuk keadaan gua makin gelap, fungsi lampu tadi tuk penerangan selama menelusuri Goa. Pemandu akan menjelaskan mengenai beberapa keberadaan tempat ini sambil terus menyusuri goa. Didalam akan ditemui bermacam-macam bentuk stalaktit yang sangat indah dan menakjubkan, bahkan ada satu stalaktit yang masuk peringkat 4 dunia, ujungnya masuk hingga ke sungai hingga menutup sebgaian rongga goa. Ada juga Stalaktit Hiasan batu tirai karena memang indah dan membentuk seperti tirai.

Sampailah diujung lorong goa cahaya mulai kelihatan, di penghujung goa ini disebut goa vertical atau luweng. Bagi yang bisa berenang dipersilahkan terjun kedalam air dari atas Goa Pindultebing, namun harus tetap menggunkan pelampung dan ban karena kedalaman air tempat ini mencapai 15 meter. Setelah selesai maka kita menaiki tebing yang dipasan tali untuk memudahkan kita berjalan keluar goa. Kemudian berjalan kaki menuju pos awal kita berangkat tadi. Di pos ini kita bisa mandi membersihkan diri dan menikmati bakso dan the rosella yang masih merupakan satu paket wisata ini.

Paket Wisata ini dapat kita nikmati dengan tariff Rp. 30.000,- per orang (minimal 2 orang) sudah termasuk Pemandu, Peralatan , Bakso dan teh rosella

 

How to get there :

Bisa menggunakan kendaraan pribadi yakni dengan rute sebagai berikut : Dari yogyakarta menuju arah Wonosari melewati Piyungan, ikuti jalan tersebut menuju arah kota wonosari sesampainya di Bunderan Siyono belok kanan hingga ringroad Wonosari setelah menemui perempatan Ringroad Bejiharjo ikuti petunjuk arah yang ada. Jika menggunakan angkutan umum dari Yogyakarta menggunakan bus jurusan jogja Wonosari turun di terminal Wonosari atau Perempatan Grogol dilanjutkan dengan menggunakan Ojek atau Angkutan umum ke arah Dusun Bejiharjo.

Hotel terdekat :

Disekitar lokasi belum ada penginapan yang memadai, Namun jika sekaligus menikmati suasana wisata Yogyakarta yang lain anda bisa menginap di Kawasan Malioboro diantaranya Hotel Mutiara pada malam hari dapat melihat keramaian di titik nol Yogyakarta atau bisa didaerah Prawirotaman yang dikenal dengan Kampung Turis dengan hotel terdekat The Grand Palace Hotel

 

Peta Lokasi :

Lihat Goa Pindul di peta yang lebih besar

 

Info penyewaan / rental mobil murah dengan berbagai type bisa klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • goa pindul wonosari
  • goa pindul yogyakarta
  • wisata goa pindul
  • goa pindul jogja
  • tempat wisata di wonosari
  • wisata goa pindul wonosari
  • tempat wisata goa pindul
  • wisata goa pindul gunung kidul
  • tempat wisata di wonosari gunung kidul
  • goa pindul gunung kidul yogyakarta