Pantai, memang menyenangkan untuk dikunjungi dan menjadi tujuan wisata alam yang menyenangkan untuk dinikmati keindahannnya, dan Yogyakarta menjadi hal tempat yang mengkoleksi banyak pantai didalamnya, tentunya dengan keindahan dan ke eksotisan menakjubkan tak kalah pantai- pantai yang ada di Bali. Berikut ini 10 pantai di Yogyakarta yang mempunyai keindahan dan ke eksotisan luar biasa, dengan segala keunikan da keistimewaannya yang harus anda kunjungi.

1.Pantai Parangtritis

pantai yang begitu elok dengan segala keindahannya, ombak yang besar dan angin yang kencang selalu menerpa tubuh kita. Namun bagi anda yang ingin berenang dipantai ini tidak boleh begitu jauh dan tidak boleh melewati batas aman. Pantai yang penuh mitos didalamny dimana pantai parangtritis merupakan kerajaan dari Ratu Pantai Selatan “ Nyi Roro Kidul” sosok gaib yang merupakan penguasa laut selatan, walaupun begitu pantai ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal, untuk menikmati sunset dan bercanda tawa dengan teman dan pasangan, tentunya ini menjadi hal yang romantis dan harmonis bagi anda. Ataupun bisa anda jadikan tempat berkumpul bersama keluarga, angin yang kencang bisa gunakan  untuk menerbangkan layang- layang, tentunya anak- anak akan semakin senang. Pantai  Parangtritis, paling terkenal di Joga yang ini menjadi kebanggan dan unggulan kota Yogyakarta dalam hal pariwisata……. (read more)

2. Pantai Baron

Sangatlah elok pantai ini dengan diapit dua bukit karena pantai ini bebrbentuk sebagai teluk dan disebelah kanan dapat anda jumpai muara sungai air tawar yang berpadu dengan air laut. Pantai ini tergolong masih alami dan asri. Disini kita dapat bermain ditepi pantai asal tidak melebihi garis batas yang sudah ditentukan oleh pengelola karena Pantai selatan terkenal dengan seretan ombaknya yang kencang. Atau kalau hanya sekedar ingin melihat-lihat tanpa ingin basah-basahan anda bisa menikmati pantai ini sambil menikmati hasil laut yang banyak disediakan oleh warung-warung disekitar pantai namun yang paling banyak orang pesan adalah Sop Kakap. Wah rasanya lengkap menikmati sop kakap dengan melihat deburan ombak yang bersamaan dengan hembusan angin yang sama sama menyegarkan……..(read more)

3. Pantai Kukup

Pantai berpasir putih sama dengan halnya Pantai Baron, letaknya 1 km kearah timur. Sehingga setelah anda puas bermain di Pantai Baron bisa meluangkan waktu untuk menikmati keindahan pantai kukup yang menyerupai tanah Lot di Bali. Kenapa dikatakan demikian karena ada sebuah karang yang letaknya agak ketengah terpisah dari daratan yang ada. Untuk bisa kebatu karang tersebut pihak pengelola menghubungkan daratan yang ada dengan karang tersebut menggunakan jembatan. Dari atas kita dapat melihat hamparan pantai yang sangat indah. Sama halnya dengan Pantai Baron dengan pasir putihnya. Untuk sampai dipinggir pantai pengunjung harus berjalan dari tempat parkir, karena lahan parkir yang cukup luas berada di dekat pintu masuk area pantai. Selama berjalan dari tempat parkir sampai ke pantai kanan kiri jalan tersebut sudah banyak dijumpai pedagang yang menawarkan dagangan hasil biota laut, baik souvenir, makanan, dan bahkan ikan hias. Ditepi pantai banyak pengunjung yang menangkap ikan yang terjebak saat ombak menghempas diantara karang- karang kecil…….. (read more)

4. Pantai Drini

Pantai ini tidak kalah menariknya dari pantai pantai yang lain. Walalupun serasa kondisi pantai yang terisolir karena terapitnya pantai oleh dua bukit karang yang tinggi dan beberapa bukit kecil justeru disini letak keindahan dan kesejukan pantai ini. Dengan mentari yang cukup panas menyinari pantai pada umumnya akan terasa panas namun dipantai ini seolah sirna karena terserap oleh pepohonan yang tumbuh dibukit. Yang lebih istimewa di Pantai ini adanya sebuah karang yang ditumbuhi pohon Drini, yang menurut cerita pohon ini dapat menangkal ular berbisa dan juga di karang ini dibangun mercusuar yang dapat melihat sekeliling pantai secara menyeluruh.Dipantai ini juga sangat mudah melihat karang-karang yang ditumbuhi rumput laut, dan mungkin anak-anak sukai yakni mereka dapat menangkap berbagai jenis ikan yang beragam disela-sela karang tersebut…….. (read more)

5. Pantai Samas

Di pantai samas ini anda akan menapatkan hal yang menarik dan istimewa, selain keindahan alam pantai yang sangat luar biasa, bersama dengan angin yang kencang dan ombak yang deras, pantai ini merupakan rumah bagi penyu untuk bertelur dan singgah setelah berpetualang dilaut lepas, di pantai ini juga terdapat delta- delat sungai dan danau air tawar yang membentu telaga, yang selanjutnya itu semua dijadikan sebagai tempat untuk pengembangan ikan tawar dan udang , semua itu menjadikan pantai ini begitu menarik untuk dikunjungi dan bagi anak- anak semua ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang menarik dan juga menyenangkan, selain itu bagi mahasiswa ini juga bisa dijadikan penelitian dan bahan skripsi untuk ujian. Keistimewaan  pantai ini tentunya tentang penyu, selain keindahan alam yang  menarik dan bisa menenagkan pikiran.  Pantai samas ini merupakan  pantai yang sering dikunjungi oleh penyu, berbagai jenis penyu mulai dari penyu blimbing, penyu sisik dan penyu hijau datang kepantai ini diwaktu- waktu yang tertentu dan diwaktu musim penyu bertelur, dipantai samas ini andak akan menemukan konsevasi  penyu sebagai kepedulian masyarakat dan pemerintah terhadap hewan yang bisa hidup puluhan sampai ratusan tahun ini. di lokasi konservasi anda akan menemukan kolam- kolam untuk bayi penyu yang sering disebut tukik- tukik. Tukik- tuki itu akan dirawat sebelum pada akhirnya sampai pada waktu yang sudah ditentukan dimana penyu sudah cukup umur untuk hidup dilaut, untuk menghindari ancaman predator…….. (read more)

6.Pantai Wediombo

Wedi artinya Pasir, Ombo artinya luas. Wediombo berarti Pasir yang luas. Itulah arti sebuah nana Pantai Wediombo yang terletak di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini masih merupakan jajaran pantai yang ada di psisir selatan pulau Jawa atau Samudera Hindia. Melihat nama sebenarnya tidak pas dengan kondisi yang ada di Pantai ini, karena hamparan pasir tidak terlalu luas. Hamparan pasirnya terbatas oleh dua dinding karang yang mengapit pantai sehingga menyerupai sebuah teluk yang luasannya lebih besar dari teluk pada umumnya. Bahkan yang paling eksotis adalah bentuk teluk tersebut menghadap kebarat sehingga untuk menikmati sunset alangkah luar biasa indahnya.Terlepas dari itu semua pantai Wediombo merupakan tempat wisata yang perlu anda kunjungi, Karena menawarkan sesuatu pemandangan yang indah tidak kalah menarik dari pantai yang lain. Kondisi pantai yang masih bersih belum banyak terusik keindahan alamnya dan suasana yang tenang menambah kenikmatan tuk melepas penat dan jenuh.Bagi yang senang berselancar, pantai ini bisa digunakan karena mempunyai ombak yang besar yang cocok untuk berselancar, berbeda dengan pantai lain yang ada di pesisir Pantai selatan yang rata rata tidak dapat digunakan untuk surfing…….. (read more)

7. Pantai Siung

Area pantai Gunungkidul memang menawarkan beragam keindahan dan keelokan masing-masing, satu pantai dengan pantai yang lain pasti berbeda. Dengan halnya pantai ini yang agak sulit di kunjungi jika menggunkan angkutan umum, kebanyakan para pengunjung menggunakan mobil pribadi atau motor karena infrastruktur jalan sudah beraspal mulus. Medan yang berat berupa jalan yang naik turun dan banyak kelokan-kelokan sangat melelahkan. Namun jangan berkecil hati, sesampainya di pantai pasti semuanya itu terbalas lunas oleh keindahan dan keelokan pantai ini. Yang menjadi daya pikat pantai ini adalah karangk-karang besar yang ada di sekeliling pantai.Bahkan konon penamaan pantai siung ini berkaitan dengan karang yang menjorok ke lautan. Karena bentuk karang yang menerupai taring kera atau Siung Wanara maka dinamailah Pantai ini dengan nama Pantai Siung…….. (read more)

8. Pantai Sepanjang

Pantai ini belum lama dibuka sebagai tempat wisata jadi masih belum banyak yang mengetahuinya dibanding pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Jadi keindahan dan keasrianya juga masih sangat terjaga dan kalau diamati dengan seksama merupakan gambaran pantai Kuta di Bali di masa lalu yang masih sepi.  Keindahan terasa ketika kita berada bibir pantai yang masih bersih dan terlihat hijau oleh tanaman Palem dan juga ada beberapa tempat yang lain yang di pakai oleh penduduk sekitar untuk menanam kedelai, karena penduduk sekitar tidak ada yang melaut karena kondisi pantai yang sangat landai. Ketika air surut, dibibir pantai akan tampak cekungan – cekungan karang dimana disitu dapat kita temukan aneka biota laut, ada kerang-kerangan, bulu babi, gangang laut, rumput laut, bintang laut, dan landak laut. Saat saat seperti ini juga di gunakan penduduk setempat unutk mencari rumput laut yang diolah untuk kebutuhan sendiri atau dijual…….. (read more)

9. Pantai Ngobaran

Pantai ini sangat indah jika air surut maka tampaklah kolam kolam kecil yang terbentuk dari karang karang yang tertutp oleh alga (rumput laut yang hijau sebagai bahan baku kosmetik) dan terdapat banyak biota laut lainnya yang mungkin terjebak di kolam karang tersebut. Hal inilah yang menopanng kehidupan nelayan darat yakni para nelayan yang tidak memerlukan kapal atau perahu untuk mendapatkan hasil laut cukup beraktifitas dipinggir pantai. Biota laut yang sering di dapat adalah Lobster, landak laut, kerang-kerangan, bintang laut dan rumput laut itu sendiri tentunya. Tempat ini selain hasil laut yang didapat namun juga menggambarkan keanekaragaman sosial yang tercermin dari terdapatnya 4 tempat ibadah secara berdampingan. Bangunan yang paling menonjol adalah bangunan Pura yang dibangun pada tahun 2003, tempat ini merupakan tempat peribadahan dari penganut kepercayaan Kejawan yakni penganut dari keturunan Brawijaya V. dan disebelah kirinya terdapat pendapat dimana tempat ini sebagai tempat peribadatan aliran Kejawen, Dengan melewati jalan setapak depan pendopo anda akan menjumpai sebuah kotak batu, beberapa meter dari tempat itu berdiri sebuah Pura tempat peribadatan Agama Hindu. Kemudian didepan Kotak batu tersebur terdapat bangunan Masjid yang sederhana dengan alas berupa pasir pantai. Keunikan masjid ini adalah pintunya yang menghadap keselatan sehingga imam dapat langsung melihat ke laut lepas, berbeda dengan masjid pada umumnya. Inilah gambaran keberagaman yang terpadu harmonis, tergambar jelas kerukunan yang sinergi dalam menjalani kehidupan sosialnya. Dengan menjalankan tuntunan ibadah masing masing tanpa ada saling merasa terganggu…….. (read more)

10. Pantai Indrayanti

Pada dasarnya pantai pantai yang berada di sepanjang Kabupaten Gunungkidul tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya dan terkenal dengan pasir putihnya, hanya saja proses terjadinya pantai pantai ini yang terbentuk ribuan tahun lalu terhalang oleh bebatuan karang yang sangat besar dan tinggi. Inilah exotic yang ditawarkan dari pantai satu dengan yang lainnya yakni dihiasi tebing-tebing karang yang menakjubkan.  Penataan dan konsep modern dalam pantai ini jelas sekali terlihat peralatan atau sarana yang  disediakan, ada jet sky, bahkan pantai ini memberikan denda bagi siapa saja yang membuang sampah sembarang, jadi  biasakan membuang sampah pada tempatnya. Ini sangat berpengaruh terhadap kebersihan yang dapat kita nikmati di Pantai ini. Namun jangan berpikiran kalau penataan tersebut mengurangi keasrian pantai ini. Justeru dengan konsep konsep ini keasrian pantai ini semakin terlihat lebih indah…….. (read more)

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pantai di yogyakarta
  • foto tempat wisata di jogja
  • sejarah pantai parangtritis
  • pantai jogjakarta
  • pantai yogya
  • keunikan yogyakarta
  • pantai yang ada di yogyakarta
  • pantai eksotis di jogja
  • pantai pantai di jogja
  • pantai DIYOGYAKARTA