Jika Anda hanya mempunyai waktu 3 hari saja di kota Gudeg ini, pasti Anda akan sangat bingung untuk mengatur waktunya, memilih tempat yang harus Anda kunjungi! Ya.. karena Jogja merupakan kota dengan seribu tempat yang layak dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari alamnya yang sejuk dengan orang sekitar yang ramah, Batiknya, jajanan kulinernya, pantainya yang juga menawarkan keindahan dan makanan yang akan menggoyang lidah Anda semua, dan masih banyak lagi.

Dari sederetan tempat yang harus dikunjungi, ini adalah 9 tempat favourite para wisatawan:

Hari pertama:

1. Candi Borobudur (8am-11am) DAY 1

Anda salah satu pecinta fotografi dan alam serta sejarah? Untuk itu Anda harus mengunjungi Candi Borobudur ini pada pagi hari sekitar pukul 8.00 am dan pulang ke kota Jogja sebelum pukul 12 siang untuk menghindari teriknya sinar matahari siang. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Jogja ke Candi Borobudur ini.  Disarankan Anda untuk memakai sunblock/kacamata hitam/ membawa payung untuk mengurangi teriknya pasan menjelang siang hari. Di Candi ini Anda dapat belajar bagaimana Candi ini terbentuk dan sejarahnya dari tur guide yang ada. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi disarankan untuk menyewa mobil beserta supirnya untuk mengantar Anda bepergian sehari-harinya dan tidak membuang waktu kehilangan arah jalan. Sepanjang jalanan ke Borobudur Anda dapat membeli oleh-oleh yang berasal dari batu, seperti patung yang dibuat dari batu, dan ada juga cobek (alat untuk membuat sambal) yang terbuat asli dari batu jadi untuk ibu-ibu tidak perlu khawatir pecah. Letusan Gunung Merapi pada akhir tahun 2010 pun sampai sekarang masi dapat Anda lihat imbasnya di sepanjang jalan menuju Borobudur dengan banyaknya material berupa batu-batu dari kerikil sampai batu raksasa yang ada di pinggir-pinggir jalan akibat terseret oleh hujan lebat yang menyebabkan banjir lahar dingin.

Saran Makan Pagi: di hotel

2. Malioboro , Pasar Beringharjo/ Mirota Batik (12am-17pm) DAY 1

Rasanya belum lengkap ke jika belum ke Malioboro. Ya sehabis melihat sejarah di Candi Borobudur tentunya Anda ingin menikmati suasana khas Jogja, oleh karena itu Anda harus mampir ke Malioboro. Di sepanjang Malioboro terdapat pedagang asongan kaki 5 yang menjual berbagai macam oleh-oleh dari Jogja seperti batik, gantungan kunci, sandal batik, tas anyaman, dsb yang berujung pada pasar Batik Beringharjo surganya batik Jogja. Di seberang Pasar Beringharjo ada Mirota Batik, salah satu toko batik terlengkap di Jogjakarta. Jika Anda adalah tipe orang yang pintar menawar harga dan tidak mempunyai masalah dalam berdesak-desakan masuklah ke pasar Beringharjo. Tetapi jika Anda tipe orang yang kurang bisa untuk menawar dan mencari sedikit kenyamanan berbelanja maka Anda cukup mampir ke Mirota Batik, tentu saja dengan harga yang berbeda suasana berbelanja Andapun berbeda. Sayangnya pedagang kaki lima dan pasar Beringharjo ini buka dari jam 10am sampai dengan pukul 17pm. sehingga Anda harus cepat-cepat dalam melihat peluang waktu ini.

Saran Makan siang: jajanan sekitar Malioboro

3. Bakmi Kadin (18pm-20pm) DAY 1

Setelah lelah mengitari daerah ini Anda pastinya menginginkan makanan yang menggoyang lidah Anda! Bakmi jawa kadin berada di Jalan Bintaro Kulon 3 dan 6, Yogyakarta, berada disebelah wartel kadin. Kelezatannya tidak diragukan lagi karena banyak wisatawan yang mampir kesana hanya sekedar untuk makan Mie Jawa dan Minuman Bajigur khas Jogja. Pada malam hari biasanya ada alunan musik dari para pengamen yang akan mempermanis makan malam Anda. Jangan salah, pengamen yang ini bukan sembarang pengamen karena mereka selalu mangkal di Bakmi Kadin dan membawa alunan-alunan khas Jawa. Setelah selesai menyantap makan malam Anda, Anda bisa kembali ke hotel untuk istirahat supaya besok harinya tetap segar untuk berwisata di kota Gudeg ini.

4. Tugu Jogja (21pm-22pm) DAY 1

Tugu berada di tengah perempatan Jl. Mangkubumi, Jl, Diponegoro, Jl. AM. Sangaji dan Jl. Jend. Sudirman.  Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I atau tepatnya satu tahun setelah berdiri keraton Yogyakarta. Keberadaan tugu  ini merupakan patokan arah Sultan dalam melakukan meditasi yang menghadap ke Gunung merapi. Karenanya Pembanguan Tugu ini berdiri pada garis Imajiner antara Gunung Merapi Tugu, Keraton dan Laut Selatan. Jika ke Jakarta selalu berfoto dengan Monas, jika ke jogja tentunya Anda akan berfoto dengan Tugu Jogja ini.

 

 

5. Kraton Yogyakarta dan  Gudeg Wijilan (7am-9am) DAY 2

Terbentuknya keraton kasultanan yogyakarta sangat panjang yakni dimulai dengan keberadaan Ki Ageng Pemanahan putra Ki Ageng Ngenis atau cucu ki Ageng Selo, pada tahun 1558 M mendapat hadiah dari Sultan pajang karena jasanya mengalahkan Arya Penangsang berupa tanah di wilayah Mataram yang kemudian pada tahun 1577 Ki Ageng Pemanahan membangun istananya di sekitar Kotagede. Selama hidupnya Ki Ageng Pemanahan tetap setia kepada Sultan Pajang. Beliau kemudian meninggal pada tahun 1584. Putera Ki Ageng Pemanahan yang bernama Sutawijaya diangkat oleh Sultan Pajang menggantikan Ayahnya sebagai penguasa mataram.

 

Sudah 2 hari di Jogja pastinya Anda harus merasakan Gudeg yang benar-benar bikinan Jogja. Sarapan pagi di hari kedua ini haruslah sesuai dengan keinginan Anda, Gudeg, dimana semua wisatawan dalam atau luar negeri selalu mengidam-idamkan makanan ini ketika berkunjung ke Jogja. Sentra makanan khas Gudeg Jogja berada di sepanjang Jalan Wijilan sebelah Timur Alun- alun Utara Yogyakarta, tempat ini menjadi tempat pertama kalinya muncul dan terkenalnya Gudeg Jogja. Tak lengkap liburan anda ke Yogyakarta jika tidak menikmati makanan khas yang sudah terkenal oleh wisatawan Mancanegara dan domestik ini. Gudeg Jogja berbahan dasar Gori atau nangka muda , yang dikukus sekitar 24 jam dalam suhu yang sangat panas untuk menguapkan kuahnya. Gudeg Jogja berbeda dengan Gudeg yang lain karena tidak berkuah, gudeg kering berwarna coklat tua kemerah- merahan dengan rasa yang manis dan gurih.

6. Pantai Parangtritis/ Pantai Depok (10am-15pm) DAY 2

Jarak dari kota Jogja ke pantai ini tidaklah jauh, hanya kira-kira 1 jam saja. Anda bisa memilih untuk pergi ke pantai Parangtritis yang terkenal dengan Nyi Roro Kidul, atau ke Pantai Depok yang terkenal dengan ikan-ikan segarnya. Di pantai Depok Anda bisa menikmati indahnya laut pantai sambil makan ikan untuk makan siang Anda. Tersedia Pasar ikan di pantai Depok yang langsung diambil oleh para nelayan dari laut. Jadi Anda bisa memilih sendiri jenis ikan apa yang Anda sukai dan mau dimasak jenis apa ikan-ikan tersebut, seperti saus tiram, goreng kering, bakar madu, dan lain sebagainya. Karena keduanya merupakan Pantai Selatan, disarankan Anda yang membawa anak-anak untuk selalu mengawasi mereka ketika bermain di pantai, karena ombak yang relatif besar. Jangan bermain terlalu ke tengah laut, dan jangan lupa untuk membawa pakaian tentunya, karena Anda dan keluarga pasti ingin bermain air.

7. Oleh-Oleh Khas Jogja (17pm-18pm) DAY 2

Setelah dari Pantai, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Jogja yaitu Bakpia untuk dibawa keesokan harinya. Daerah oleh-oleh ini dinamakan Pathuk. di sepanjang jalanan ini Anda dapat menemukan berbagai macam merk Bakpia seperti Java, Bakpia 25, Bakpia 75, Bakpia Bu Sri, dsb dengan berbagai pilihan rasa seperti kacang hijaum kacang hitam, keju, coklat. Di pusat oleh-oleh itu Anda juga bisa membeli berbagai macam keripik. Rata-rata harga bakpia adalah 20.000-30.000 Rp tergantung jumlah isi dan rasanya.

 

 

8. Sate dan Ronde di Kaliurang/ Raminten (19pm-22pm) DAY 2

Jarak dari oleh-oleh khas Jogja ke Kaliurang kurang lebih adalah 1 jam. Kaliurang yang terletak di kaki gunung Merapi ini menyimpan berbagai macam makanan seperti Sate, Wedang Ronde, dsb. Untuk makan malam kami sarankan untuk ke daerah Kaliurang karena udaranya yang sejuk. Raminten berapa di sekitar km 17 di Jl. Kaliurang. Jika Anda memutuskan untuk makan di Raminten, Anda bisa memilih berbagai macam menu masakan JAwa sepeti Nasi Goreng Jawa, Me Jawa, Nasi Kucing, berbagai macam wedang, dengan suasana Jogja. Sedangkan jika Anda ingin makan sate dengan segarnya udara di pegunungan Anda bisa naik lagi (tentunya jika perut Anda belum begitu lapar) ke Kaliurang. Jarak dari Raminten ke kaliurang kurang lebih adalah 7-10km. Jika Anda memutuskan untuk makan malam di kaliurang Anda bisa makan sate ayam di Sate Pak Raji yang berada persis di depan Taman Bermain dengan menikmati Wedang Ronde, atau jika Anda alah pecinta Kambing, Anda wajib mencoba sate kambing di Pak Min. Seharian penuh Anda berjalan sebaiknya Anda istirahat setelah ini dan mengumpulkan tenaga untuk menikmati akhir hari perjalanan Anda ke Jogja.

9. Jejamuran (10am-12am) DAY 3

Jejamuran , terletak di Jln Magelang km 10 Yogyakarta, tepatnya di Niron, Kecamatan Pandowoharjo, Sleman Yogyakarta. Restoran ini mempunyai bangunan dua bagian dan belakang yang cukup luas. Jejamuran mulai buka dari pukul 10.00- 09.00 malam. Restoran ini menyediakan menu makanan yang smuanya berbahan dasar dari jamur yang segar. Mulai dari jamur tiram, jamur merang, jamur shiitake, jamur kancing, jamur lingzhie dan  masih banyak lagi. Keistimewaan restoran ini yang selain semua menu berbahan dasar dari jamur yang tidak terdapat direstoran lain, disini juga disediakan jamur segar untuk anda jadikan oleh- oleh.

 

Setelah lelah bepergian, akhirnya 3 hari sudah terlewati dan saat nya Anda untuk pulang ke kota masing-masing. Semoga hari Anda menyenangkan!

 

Untuk info lebih lanjut bisa email ke:

admin@panduanwisata.com

yogyakarta.panduanwisata@gmail.com

twitter : @PanduanJogja

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta

 

Incoming search terms:

  • tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi
  • tempat wisata di yogyakarta yang wajib dikunjungi
  • tempat yang wajib dikunjungi di jogja
  • tempat yang harus dikunjungi di jogja
  • tempat wisata di bali yang wajib dikunjungi
  • tempat yang harus dikunjungi di bali
  • tempat yang wajib dikunjungi di yogyakarta
  • tempat yang harus dikunjungi di yogyakarta
  • wisata di jogja apa aja
  • tempat yang wajib dikunjungi di bali