sendang tirtomoyo

Sebuah tempat wisata berupa tempat pemandian yang sangat unik dan mungkin hanya satu satunya, yakni sendang Tirtomoyo atau juga dikenal dengan nama Sendang Silerak atau pasiraman (pemandian) Silerak.  Keunikannya dikarenakan di kawasan sendang tersebut dapat kita jumpai beberapa peningalan zaman Mataram kuno berupa batu batu arca Hindu yang dapat dinikmati keindahannya yang tersebar di beberapa tempat.

Pada sisi utara terdapat 3 arca setinggi 25 cm yang terlindungi oleh punden berundak yang menyerupai gunung. Yang berada ditengah merupakan arca Siwa yang diapit oleh relief kala yang berbentuk unik yakni berbentuk setengah lingkaran. Kemudian disebelah kiri merupakan arca yang berbentuk arca Ganesha yang sudah rusak yakni patah pada belalainya yang oleh masyarakat setempat disempurnakan dengan menggunakan semen. Dan pada bagian kiri sebuah arca yang sedikit kurang jelas , namun diperkirakan adalah arca Dewi Parwati, isteri dari Dewa Siwa dan juga merupakan ibunda Ganesha. Sedangkan disisi barat dan timur kolam terdapat patung patung Nandi yang merupakan sapi tungangan Siwa, dengan kondisi kepala yang sudah hilang.

Konon menurut dongeng yang ada  merupakan tempat pemandian putri kahyangan yang menjelma menjadi manusia. Namun ada pendapat lain yang lebih logis yakni mata air tersebut merupakan tempat para pendeta membersihkan diri sebelum melaksanakan ibadah. Kolam atau sendang tersebut mempunyai kedalaman kurang lebih 1,5 m, dengan air berwarna hijau. Walupun demikian sendang ini dipergunakan oleh beberapa masyarakat terutama anak anak untuk bermain dan berenang bahkan oleh beberapa masyarakat dipergunakan untuk mencuci.

 

How to get there :

Sendang Tirtomoyo atau Sendang Silerak  ini berada dalam bagian dari Desa Wisata Ngepas/Silerak yang berada di utara Desa Wisata Brayut dan Desa Wisata Tanjung. Bisa ditempuh dengan dua rute yakni rute pertama dari Yogyakarta  dengan melewati jalan Magelang sesampainya perempatan Denggung belok kanan hingga perempatan Grojogan belok kiri kemudian menuju desa brayut, dari desa ini masih ke utara hingga sekitar 3 km. Sedang rute kedua dapat melewati Jl. Palagan Tentara Pelajar atau dari tugu ke utara hingga perempatan Mbalong belok kiri sejauh 1 km hingga pertigaan belok kiri sejauh 600 meter. Akses jalan yang sudah baik sehingga kawasan ini dapat ditempuh dengan menggunakan motor atau mobil sedangkan angkutan umum tidak melewati kawasan ini.

Hotel terdekat :

Sebagai tempat persinggahan bermalam seperti halnya Desa wisata Ngepas/Silerak dapt di singgah di hotel Rumah Palagan Guest House atau Ndalem Padma Asri Guest House yang berada satu jalur menuju lokasi dari kota yogyakarta yakni di Jl. Palagan Tentara Pelajar.

Peta Lokasi  :

Lihat Sendang Tirtomoyo di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • kahyangan tirtomoyo
  • sendang kayangan
  • sejarah tirtomoyo
  • air terjun sendang putri
  • sumber mata air di magelang
  • sendang tirto moyo
  • sendang jogja sedayu
  • poto pitri kayangan
  • penampakan putri putri kayangan
  • Penampakan putri kayangan