Bagi Anda yang ingin beribadah haji atau umroh wajib memiliki paspor atau dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Jenis – jenis paspor yang berlaku antara lain paspor biasa, paspor diplomatik, paspor dinas, paspor orang asing, paspor kelompok dan paspor haji dan umroh. Paspor biasa digunakan untuk perjalanan reguler, paspor ini diberi sampul berwarna hijau dan dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Paspor diplomatik digunakan untuk mengidentifikasi perwakilan diplomatik dari luar negeri. Karena itu, pemegang paspor ini menikmati beberapa kemudahan perlakuan dan kekebalan di negara tempat mereka bertugas. Di Indonesia, paspor ini diberi sampul berwarna hitam dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri.

Paspor dinas diterbitkan untuk kalangan teknisi dan petugas administrasi dari suatu misi diplomatik seperti kedutaan dan konsulat ataupun bagi pegawai negeri / pemerintah yang sedang melaksanakan tugas ke luar negeri.

Paspor orang asing adalah paspor yang diberikan kepada seseorang yang bukan warga negaranya. Syarat dan ketentuan untuk memiliki paspor jenis ini diatur oleh masing-masing negara. Contoh paspor ini adalah paspor yang dipakai untuk berhaji (paspor coklat), yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Paspor kelompok akan diberikan untuk, misalnya, kelompok perjalanan anak liburan sekolah. Semua anak dalam perjalanan tersebut cukup memiliki sebuah paspor kelompok selama perjalanan liburan mereka berlangsung.

Khusus jamaah haji dan umroh, nama yang tertera dalam paspor harus menggunakan 3 kata sesuai prosedur resmi dari Direktorat Jenderal Imigrasi berikut ini :

  1. Bagi Calon Jemaah Haji Indonesia diterbitkan Paspor biasa 48 (empat puluh delapan) halaman.
  2. Dalam hal Paspor telah dimiliki Calon Jemaah Haji dan masih berlaku paling sedikit 6 (enam) bulan terhitung pada saat hari keberangkatan, dapat dipergunakan untuk kegiatan ibadah haji.
  3. Pengajuan permohonan Paspor dapat dilakukan baik secara manual maupun elektronik.
  4. Pengajuan permohonan Paspor diajukan melalui kantor Imigrasi yang wilayah kerjanya meliputi domisili Jemaah haji atau kantor Imigrasi terdekat, atau melalui website www.imigrasi.go.id dengan mengisi formulir yang telah tersedia.
  5. Pengajuan permohonan Paspor dapat dilakukan secara perorangan atau kolektif yang dikoordinir oleh Kantor Kementerian Agama di pusat atau Kantor Wilayah Agama di provinsi.
  6. Calon Jemaah Haji pemohon paspor wajib datang ke kantor Imigrasi untuk proses  pengambilan biometrik, wawancara, dan penandatanganan paspor.
  7. Pelayanan penerbitan Paspor bagi Calon Jemaah Haji yang berdomisili jauh dari kantor Imigrasi dapat dilakukan dengan fasilitas perangkat mobile unit oleh kantor Imigrasi tertentu.
  8. Pelayanan penerbitan paspor bagi Calon Jemaah Haji dilaksanakan mulai 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan haji dan dapat dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu.
  9. Nama Calon Jemaah Haji yang tercantum pada Paspor paling sedikit 3 (tiga) kata.Dalam hal nama Calon Jemaah Haji kurang dari 3 (tiga) kata maka ditambahkan dengan nama ayah dan/atau nama kakek.
  10. Bagi Calon Jemaah Haji yang telah memiliki Paspor yang masih berlaku dengan nama kurang dari 3 (tiga) kata, diberikan penambahan nama pada lembar pengesahan/endorsement.
  11. Paspor yang telah selesai diproses tidak perlu difotokopi.

Cek juga syarat pembuatan paspor biasa, prosedur pembuatan paspor biasa dan paspor bagi calon TKI. Hotel yang dapat Anda pilih di Yogyakarta antara lain adalah The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa, Grand Quality Hotel atau LPP Garden Hotel 

Lokasi Direktorat Jenderal Imigrasi, Yogyakarta View Larger Map

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Umroh
  • syarat2 bikin passport untuk haji
  • syarat pasport umroh janda
  • syarat membuat paspor haji 2014
  • passport haji
  • paspor haji dan umroh
  • paspor haji
  • jenis paspor umroh
  • foto paspor
  • dokumen resmi haji