prajurit nyutro

Prajurit Nyutra merupakan prajurit pengawal pribadi raja atau Sri Sultan, karena merupakan kesayangan raja dan selalu dekat dengan raja. Nama Nyutra berasal dari kata sutera, menurut bahasa kawi berarti unggul ,  lulungidan (ketajaman), pipingitan/sinengker.  Sedang menurut bahas jawa berarti jenis kain yang halus. Sehingga secara filosofi  prajurit Nyutro diartikan prajurit yang halus seperti halusnya sutera dalam menjaga dan mendampingi raja namun memiliki ketajaman rasa dan ketrampilan yang unggul. Dan masa pemerintahan sebelum Sulatn Hamengku Buwono ke IX para prajurit diwajibkan bisa menari. Tugas prajurit ini adalah sebagai pengawal dalam upacara gerebeg sebagai keselamatan sultan saat  duduk pada singgasana di sitihinggil. Bregada ini prajurit nyutroterbagi menjadi 2 kelompok dengan seragam yang berbeda

Prajurit Nyutro terdiri dari 8 perwira berpangkat panji, 8 bintara berpangkat sersan, 46 prajurit dan 2 orang pembawa dwaja yakni yang bernama kanjeng Kyai Trisula

Panji panji atau bendera darai prajurit Nyutro karena ada dua kelompok maka bendera tersebut juga dua yakni Podhang Ngingsep sari dan Padma sri kresna. Podhang Ngingsep sari untuk prajurit Nyutra merah berbentuk empat persegi panjang dengan warna dasar kuing ditengahnya berupa lingkaran warna merah sedangkan padma sri kresna untuk Prajurit Nyutra hitam berbentuk empat persegi panjang dengan dasar warna kuning dengan lingkaran di bagian tengah berwarna hitam.

Podhang Ngingsep sari yang berasal dari kata podhang yang berartyi kepodang prajurit nyutrojenis burung dengan warna bulu kuninng keemasan, ngingsep berarti menghisap dan sari berarti inti sehingga secara filosofi prajurit Nyutro merah berarti prajurit yang selalu memegang teguh pada keluhuran. Padama Sri Kresnaberasal dari tiga bahasa sansekerta yakni padma berarti bunga teratai, sri berarti cahaya, indah dan kresna berarti hitam sehingga secara filosofi bermakna prajurit yang selalu membasmi kejahatan seperti Kresna sebagai titisan dewa Wisnu.

Untuk nyutro Hitam  seragam yang digunakan  ikat kepala berbentuk udheng gilig berwarna hitam, rompi dan celana panji berwarna hitam, kain kampuh biru tua dengan warna putih ditengahnya. Kalau Prajurit Nyutro Hitam didominasi warna hitam maka Nyutro merah  di dominasi warna merah.

Untuk persenjataan prajurit ini terhitung paling lengkap karena merupakan pengawal pribadi raja yakni berupa tombak, towok, dan tamen, senapan, serta panah/jemparing.

Perangkat music yang dipakai PRajurit Nyutro adalah Tambur, seruling serta terompet. Nama music yang dimainkan adalah Mares Mbat Embat Penjalin dengan iringan gamelan untuk memperagakan tarian tayungan, mares Tamtomo Balik untuk berjalan pelan dan digayakan sedang mare Sorengprang untuk berjalan cepat.

Keberadaan Prajurit ini menjadi nama kampung yakni Nyutran.

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Prajurit NYUTRO
  • foto raja duduk dan pengawal
  • nama pengawal raja
  • PRAJURIT NYUTRAN
  • prajurit pengawal hb x
  • prajurit pengawal raja
  • tari nyutro