papan nama, kampung sukunan

Desa sukunan terletak di kelurahan Banyuraden kecamatan Gamping, kabupaten Sleman atau sekitar 5 km dari arah barat Tugu Yogyakarta. Desa sukunan menjadi kampung wisata lingkungan pada tanggal 19 Januari 2009. Desa sukunan menawarkan beragam kegiatan yang berbasis lingkungan, kegiatan yang disebut ecotourism ini sudah dilakukan sejak tahun 2003. Yakni perintisan desa ini untuk menjadi desa berbasis lingkungan. Dikenal dengan desa berbasis lingkungan karena desa ini telah berhasil mengolah sampah mandiri secara baik. Mulai dari tingkat rumah tangga, hingga kelompok yang menghasilkan produk dari sampah tersebut.

bak sampah, sukunanPara pengunjung di kampung sukunan dapat belajar mengenai system pengolahan sampah yang diterapkan di kampung ini. Dengan kesadaran warga kampung ini yang telah membiasakan diri dalam mengolah sampah maka tidak heran jika para pengunjung akan melihat pemandangan desa yang asri dengan rindangnya pepohonan dan hamparan sawahnya yang masih luas.

Kampung ini menawarkan beragam paket wisata berupa pelatihan yang berbasis lingkungan yang penuh dengan edukasi dan rekreasi. Kegiatan tersebut antara lain pengolahan sampah mandiri, pembuatan kerajinan dari limbah plastic, pembuatan kerajinan dari kain perca, pembuatan kompos dan juga atraksi yang tak kalah menarik yakni kegiatan khas pedesaan yakni membajak sawah, menanam benih padi bahkan memanen padi serta anggon bebek. Kegiatan ini sangat cocok bagi semua lapisan umur baik dari tk hingga perguruan tinggi bahkan masyarakat umum yang ingin mengembangkan kosep melestarikan lingkungan sekitar.

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh desa wisata sukunan ini antara lain juara pertama lomba daur ulang nasional sukunan, kerajinantahun 2004, peraih trophy kementrian lingkungan tahun 2004, peraih trophy kementrian pemberdayaan perempuan tahun 2004, juara tiga penyelamat lingkungan kabupaten sleman, dan kelompok Best practice dalam category pengelolaan sampah di Indonesia oleh Departemen Pekerjaan Umum pada tahun 2007.

Fasilitas yang di sediakan oleh desa wisata sukunan  adalah berupa homestay yang berupa rumah rumah penduduk yang dapat disewa sekaligus sebagai tempat berinteraksi langsung dengan warga sekitar.  Dengan terbentuknya desa wisata lingkungan sukunan ini diharapkan menjadi contoh bagi desa desa lain untuk mewujudkan kelestarian lingkungan dan juga dengan kunjungan ke tempat ini dapat membangkitkan rasa kepedulian terhadap kampung mereka untuk mewujudkan bagi kampung atau desa masing masing.

How to get there :

  1. Dengan bus kota jalur 15 turun di perempatan dekat pasar telogorejo kemudian bisa naik becak atau ojek arah selatan kurang lebih 1 km.
  2. Dengan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat.

Tempat terdekat :

Tempat wisata terdekat dengan lokasi tersebut Malioboro, Keraton

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Gowongan Inn atau Amaris Hotel Yogyakarta

Peta Lokasi  :

Lihat Desa Sukunan di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • desa sukunan
  • kampung sukunan yogyakarta
  • desa sukunan sleman yogyakarta
  • sukunan
  • desa sukunan yogyakarta
  • Kampung Sukunan
  • sukunan yogyakarta
  • desa wisata sukunan sleman
  • desa sukunan sleman
  • desa wisata sukunan