kerajinan serat, sentolo

Sentolo merupakan satu desa dikapubaten Kulonprogo, tepatnya di jl. Raya Jogja Wates Km. 17. Dengan pasang surutnya ekonomi dunia demikian pula industry kerajinan yan beroperasional di sentolo ini tempat persisnya di desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon progo Yogyakarta ini.

Beberapa hasil kerajinan yang dihasilkan oleh desa ini yang berbahan serat adalah anatara lain tas, topi, pajangan rumah dengan berbagai model dan bentuk. Serat yang digunakan sebagai bahan pembuat kerajinan tersebut adalah serat agel, enceng gondok dan pandan serta akar wangi. Kerajinan serat didesa tersebut sudah berkembang sejak tahun 1970, namun pemasaran sangatlah sulit hingga tahun 1980-an, dan mengakibatkan banyaknya pengrajin yang gulung tilkar.

Pada saat krisi moneter yang melanda Indonesia tahun 1997 justeru berbuah manis bagi para pengrajin serat ditempat ini. Ini karena para pengusaha dan konsumen lebih memilih produk yang dengan fungsi sama, bentuk juga tidak berbeda tetap up to date namun dengan harga yang lebih murah, kerajinan seratmaka salah satunya adalah beberapa produk yang terbuat dari serat tersebut.

Ini juga tidak lepas dari salah satu tokoh yang bernama Susmirah yang lebih dari 30 tahun menggeluti serat tersebut, dari mulai sebagai pekerja pada sebuah pengusaha serat hingga menjadi pemilik usaha kerajinan serat terbesar di Sentolo. Yang salah satunya juga perannya mendirikan Jogjavanesia Craft Shop di Sentolo tersebut.

Jumlah pengepul disentolo ini sudah lebih dari 13 orang, beberapa diantaranya telah mengekspor produk kerajinannya tersebut ke beberapa Negara seperti jepang dan korea. Setiap pengepul biasanya mensubkan bahan baku kepada pengrajin yang ada di desa salamrejo tersebut yang kerajinan seratjumlahnya sudah mencapai ratusan dengan system borongan. Kemudian para pengrajin mengerjakan serat tersebut dirumah masing masing pengrajin hingga menjadi anyaman yang selanjutnya diambil oleh pengepul untuk dilakukan finishing dengan ditambah hiasan pita dan bunga.

Tiap tiap pengepul tersebut bisa menghasilkan sedikitnya 100 tas setiap minggunya, yang sebagian besar merupakan pesanan dari pulau Bali, Yogya dan sekitarnya selain itu sebagai pajangan di showroom mereka. Walaupun demikian pekerjaan utama mereka yang mayoritas sebagai petani tidak mereka tinggalkan karena pekerjaanmembuat anyaman dari serat tersebut bisa menjadi pekerjaan sambilan yang dikerjakan dirumah mereka masing-masing.

How to get there :

  1. Dengan kendaraan umum dari Yogyakarta naik bus jurusan wates turun di dusun Salamrejo, sentolo di jl. Raya Yogya Wates Km. 17
  2. Kendaraan Pribadi roda dua maupun empat

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang ada disekitar Sentolo diantaranya Pantai trisik, pantai Bugel

Hotel terdekat :

Disekitar kawasan Sentolo ini belumada fasilitas hotel, untuk hotel terdekat berada dikawasan kota Yogyakarta diantaranya Yogya Kembali Hotel atau The Phoenix Hotel Yogyakarta

Peta Lokasi  :

Lihat Sentolo di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • kerajinan
  • yhs-newnet
  • pengrajin dan bentuk kerajinannya
  • kerajinan enceng gondok yogyakarta
  • peta kabupaten KULON PROGO
  • tas serat alam yogyakarta
  • pin anak sentolo
  • Pusat anyaman tas
  • topi kerajinan dari yogya
  • pusat tas anyaman di yogya