Ancol, Bligo, selokan mataram

Kita ketahui bahwa Ancol Bligo merupakan bagian dari desa wisata Banjaroya, yang berada di kabupaten Kulon Progo. Nama Ancol mengingatkan kita akan tempat wisata yang mewah di Jakarta namun Ancol yang dimaksud saat ini ada satu kawasan di daerah Kulon progo yang merupakan sebuah dam atau hulu dari satu selokan sebagai sarana irigasi yang sangat terkenal di Yogyakarta yakni Selokan Mataram. Lokasi Ancol Bligo sendiri berada di perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah yakni Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini tidak jauh dari Sendangsono sebagai tempat ziarah.

Selokan mataram dibangun pada masa penjajahan jepang yakni sekitar tahun 1942 hingga 1945. Dahulu selokan ini oleh jepang diberi nama kanal Yoshiro. Pada waktu itu banyak warga yogya yang selokan mataram, ancol bligoakan dikirim jepang sebagai pekerja romusha ke luar jawa namun atas kesepakatan antara Jepang dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX maka warga yang akan dikirim keluar jawa tersebut dipekerjakan untuk membuat saluran irigasi tersebut. Saluran irigasi ini diperuntukkan bagi persawahan di Yogyakarta dan masih di pergunakan sampai saat ini. Aliran selokan mataram ini terjadi dengan mengalihkan sebagian aliran sungai progo ke dam yang dibuat tersebut. Selain mengaliri selokan mataram yang berhulu di Ancol bligo ini sungai progo mengalir hingga bermuara di Pantai selatan tepatnya disebelah barat pantai Pandansimo dan  juga menjadi saluran untuk saluran Van der wijk yang dibangun pemerintah Belanda tahun 1914 untuk mengairi persawahan dan perkebunan the di daerah moyudan, kabupaten Bantul yang dahulunya sebagai daerah industri gula.

Pada hari hari libu tempat ini dipenuhi pengunjung, mereka sangat tertarik dengan dam atau selokan mataram, ancolbendungan yang dibuat pada jaman jepang tersebut, bahkan ditempat ini juga telah disediakan tempat bermain bagi anak-anak. Perlu diperhatikan bagi pengunjung disaat musim kemarau dibagian bawah dam aliran selokan mataram air biasanya mongering, namun jangan sekali kali bermain ditempat tersebut karena sewwaktu waktu aliran sungai progo mendadak menjadi deras.

Beberapa fasilitas di obyek wisata ini dapat dijumpai bebrapa warung makan dengan menu menu standart seperti bakso, mie ayam serta berbagai minuman.

Beberapa rute dapat dijangkau untuk menuju tempat ini :

  1. Dari arah Magelang menuju Muntilan-Ngluwar _ Ancol Bligo
  2. Dari Kabupaten Sleman menuju Tempel –Sendangrejo – Ancol Bligo
  3. Dari Kota Yogyakarta menuju Jombor – Balangan –Sendangrejo – Ancol Bligo
  4. Dari Yogyakarta menuju Godean – gedongan – balangan – sendangrejo – Ancol Bligo

Sedangkan tarif masuk lokasi ini dikenai biaya Rp. 2.000,- sebagai sarana pemeliharaan kawasan Ancol Bligo ini.

How to get there :

  • Bisa menggunakan angkutan umum dari Jogjakarta jurusan Dekso, kemudian ganti angkutan ke arah candi Borobudur dan turun di Ancol Bligo
  •  Dengan kendaraan pribadi dengan rute seperti diatas

Hotel terdekat :

Hotel terdekat diantaranya Amaris Hotel Yogyakarta, Rumah Boedi Pavillion YogyakartaSekitar Yogyakarta

Peta Lokasi  :

Lihat Selokan Mataram di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Jika Anda tertarik untuk bercerita mengenai pengalaman Anda.. Anda bisa langsung share ke forum kami di http://forum.panduanwisata.com/

Incoming search terms:

  • ancol bligo
  • ancol
  • ancol jogja
  • ancol kulon progo
  • BENDUNGAN ANCOL
  • selokan mataram yogyakarta
  • ancol godean
  • wisata kulonprogo
  • objek wisata di kulon progo yogyakarta
  • wisata kalibawang