Panorama Pantai SIung

Pantai suing berada di wilayah pesisir pantai selatan tepatnya di dusun Wates, desa Purwodadi kecamatan Tepus, Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Area pantai Gunungkidul memang menawarkan beragam keindahan dan keelokan masing-masing, satu pantai dengan pantai yang lain pasti berbeda. Seperti halnya pantai ini yang agak sulit di kunjungi jika menggunakan angkutan umum, kebanyakan para pengunjung menggunakan mobil pribadi atau motor karena infrastruktur jalan sudah beraspal mulus. Medan yang berat berupa jalan yang naik turun dan banyak kelokan-kelokan sangat melelahkan. Namun jangan berkecil hati, sesampainya di pantai pasti semuanya itu terbalas lunas oleh keindahan dan keelokan pantai ini.

Karang Pantai SiungYang menjadi daya pikat pantai ini adalah karang-karang besar yang ada di sekeliling pantai.Bahkan konon penamaan pantai siung ini berkaitan dengan karang yang menjorok ke lautan. Karena bentuk karang yang menerupai taring kera atau Siung Wanara maka dinamailah Pantai ini dengan nama Pantai Siung. Juga kawasan ini waktu jamannya para wali juga merupakan pusat perekonomian yang sangat ramai yakni ditandai dengan berdirinya sebuah pasar didaerah Winangun tidak jauh dari pantai. Mata pencaharian penduduk pada waktu itu adalah petani Garam, yang hasilnya banyak dijual di pasar ini. Namun saat pasar Winangun ini dipindah ke kota Yogyakarta, keramaian tempat ini kian menghilang dan hampir dikata tidak terdengar lagi.

Kemudian pada sekitar tahun 1989, ada sekelompok Pecinta alam yang melihat dan mengexplorasi kawasan yang banyak tebing karang ini sebagai tempat Panjat tebing, dari sinilah keadaan pantai ini kembali terlihat. Bahkan pada tahun 90-an tempat ini dimanfaatkan sebagai tempat perlombaan panjang tebing tingkat internasional yakni Asian Climbing Gathering.

Pantai siung mempunyai banyak jalur pemanjatan, tidak kurang dari 250 jalur dapat dinikmati pencinta panjat tebing. Tempat ini akan memberika sensasi lain bagi penikmat olah raga ini, tidak hanya tantangan jalurnya namun juga pemandangan dan keindahan laut serta pantainya.

Ditempat ini juga disediakan juga ground camp sebagai penunjang olah raga Monyet Ekor Panjang Pantai Siungtersebut. Kita bisa menikmati malam di kesunyiannya yang beradu dengan derunya ombak. Jika malam menjelang masih dapat kita jumpai kera ekor panjang yang sudah langka menuruni tebing menuju ke pantai.

Tiket masuk pantai ini hanya Rp. 3.000,- sedangkan untuk parkir motor sebesar Rp. 2.000,-. Sesuatu yang minimal namun mendapatkan yang maksimal yakni keindahan sekaligus tantangan.

 

How to get There :

Lokasi ini agak sulit dicapai dengan Kendaraan umum disamping angkutan umum yang terbatas juga karena jalan yang berkelok kelok sulit untuk jenis kendaraan besar seperti Bus. Namun dengan kendaraan pribadi  Anda berupa kendaraan roda dua maupun roda empat perjalanan akan lebih nyaman, rute dapat di lihat di peta lokasi

Hotel terdekat :

Di kawasan Pantai ini belum tersedia  penginapan ataupun hotel, jika Anda menghendaki bermalam Anda bisa mencoba beberapa hotel di kawasan kota Yogyakarta diantaranya Hotel Mutiara   atau Whiz Hotel

Tempat terdekat :
Beberapa tempat terdekat dari lokasi diantaranya Pantai Sundak, Pantai Timang, pantai Wediombo

Peta Lokasi  :


View Larger Map 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • pantai siung
  • pantai siung gunung kidul
  • gambar kera & monyet
  • gambar pantai siung
  • pantai di daerah gunungkidul
  • pantai siung tepus wonosari
  • pantai wilayah gunug kidul
  • Sejarah pantai siung
  • tebing siung jogja