Anda ingin menikmati aktivitas nelayan yang sanggup bertarung dengan ombak besar laut selatan yang terkenal ganas sekaligus menikmati indahnya pantai. Ada sebuah sebuah pantai dikawasan Gunung Kidul yang terletak dibagian barat Kabupaten ini dan belum banyak yang mengenalnya sehingga Anda dengan sangat leluasa mengamati kehidupan nelayan. Keberadaan pantai ini lebih banyak sebagai kegiatan nelayan dengan tempat pelelangan ikannya. Hal ini disebabkan karena belum adanya promosi akan pantai ini, sehingga hanya para tengkulak ikan yang banyak berkunjung ke tempat ini untuk membeli ikan tangkapan nelayan.

Pemandangan khas pelabuhan nelayan terlihat di Pantai ini yang terletak di bawah bukit. Secara geografis bentuk pantai ini mirip dengan pantai Ngrenehan hanya saja lebih luas. Dari kejauhan terlihat pasir pantai yang berwarna agak kecoklatan berpadu dengan warna hijaunya tanaman rumput yang tumbuh di pesisir pantai.

pantai gesingDeburan ombak khas pantai selatan yang besar  berkali kali menghantam tebing laut, namun tak menyurutkan nelayan ditempat ini untuk mencari nafkah dari penangkapan ikan.  Pemandangan indah pun tersaji ditempat ini dengan bebatuan karang yang terlihat sangat kokoh dihempas derasnya ombak yang bergulung gulung tiada henti.

Di area pantai ini juga tersedia beberapa warung yang menyajikan beberapa masakan khas pedesaan dan masakan hasil laut namun tidak selengkap yang ada di Pantai Baron. Dipantai ini tidak lebih dari dua jenis ikan laut tangkapan nelayan, karena sebagian besar nelayan ditempat ini menjual langsung kepada tengkulak yang sering menampung hasil tangkapan mereka untuk dijual di kota.  Jika ombak terlalu besar dan dianggap sangat membahayakan para nelayan memilih untuk tidak melaut dan ini akan berakibat sepinya tempat pelelangan ikan di tempat tersebut.

Selain aktivitas nelayan dengan perahu dan jaringnya tempat ini juga banyak digunakan sebagai area memancing. Dengan melalui jalan setapak anda dapat menjangkau beberapa tebing laut untuk memilih spot untuk memancing. Untuk saat ini belum ada retribusi atau tiket masuk ke tempat ini.

Keberadaan pantai ini bukan mustahil akan menjadi destinasi wisata yang tak pantai gesingkalah menariknya dibanding dengan kawasan pantai  yang lain yang ada di kabupaten Gunung kidul  seperti halnya pantai Indrayanti yang saat ini menjadi idola para pengunjung asalkan ada penataan yang baik serta dikembangkan lebih lanjut, salah satunya adalah akses jalan dan penunjuk arah yang lebih jelas. Hal ini bisa terwujud dengan kerjasama semua pihak.

 

How to get there :

Pantai ini terletak di desa Girikarto, kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Akses jalan akan lebih dekat jika melalui jalur Imogiri – Panggang daripada harus lewat piyungan, patuk dan lewat paliyan. Dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat Anda dapat meleati jalur tersebut.

 Hotel terdekat :

Untuk keberadaan hotel sebagai pendukung kawasan ini juga masih belum tersedia jika harus menginap maka hotel yang bisa disinggahi adalah D’Omah Boutique Hotel Yogyakarta atau Hotel Indah Palace Yogyakarta yang berada di wilayah kota Yogyakarta bagian selatan.

Peta Lokasi  :

Lihat Pantai Gesing di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • pantai gesing
  • pantai gesing gunung kidul
  • pantai gesing yogyakarta
  • pantai gunung kidul jogja
  • pantai gesing panggang
  • pantai gesing jogja
  • pantai gesing gunung kidul yogyakarta
  • foto laut gesing gunung kidul
  • pantai gesing di gunung kidul
  • misteri pantai gesing gunung kidul