Keberadaan sektor pariwisata sangat terdukung oleh maraknya desa desa wisata yang mucul, dengan demikian tidak membuat para pelancong atau pengunjung tidak hanya di sodori tempat wisata yang itu itu saja, walaupun keberadaan tempat tempat wisata tersebut tidak akan membuat kita bosan karena memang keindahan yang ada pada tempat tempat wisata tersebut memang sangat menarik.

agromina karangasriDikabupaten sleman sudah tidak terhitung lagi berapa banyak desa wisata yang turut memberikan kontribusi terhadap sektor ini, terlebih desa desa yang berada di sisi utara. Keberadaan gunung merapi ternyata mampu menghipnotis wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Dengan modal yang telah diberikan oleh alam tersebut maka pemberdayaan warga menjadi nilai yang sangat penting untuk mewujudkan desa mereka masing masing menjadi desa wisata.

Desa wisata Karangsari atau lebih sering disebut Agromina Wisata Karangsari yang juga berada di lereng gunung merapi tersebut mulai adalah satu desa wisata yang melibatkan semua komponen warganya. Lokasi Agromina Wisata Karangsari tersebut berlokasi di Pakem, Sleman, Yogyakarta dengan fasilitas pendukung yang dimilikinya berupa Outbond, camping ground, dan fishing.agromina karangasri

Pembangunan atau pembentukan desa wisata tersebut pada dasarnya telah berjalan sejak tahun 2008 namun karena masalah pembiayaan maka baru efektif dalam kurun waktu satu tahun ini, hal ini dikarenakan pembiayaan merupakan swadaya murni dari masyarakat itu sendiri. Sehingga pembangunan desa wisata tersebut tidak langsung sekaligus namun dengan cara bertahap. Yakni seberapa dana yang ada segera dipergunakan dan tanah seluas 3 ha tersebut saat ini siap menampung kegiatan para pengunjung dengan fasilitas yang sangat memadai.

Dikarenakan wilayah pakem dan sekitarnya mempunyai potensi perkebunan salak pondoh dan desa karangsari mempunyai juga sungai dan embung yang diberikan oleh alam maka brand yang diambil desa wisata ini adalah Agromina. Sehingga selain paket utama sebagai area outbond, susur sungai camping ground dan juga pemancingan desa wisata ini memberika pilhan lain seperti halnya desa wisata lainnya berupa paket wisata minat khusus. Diantaranya adalah :

Paket pertanian : membajak sawah, memanen padi dan sayuran

Paket perkebunan : cara budidaya salak dan memetik buah salak

Paket peternakan : cara beternak sapi/kerbau atau kambing, memberi makan ternak, memandikan ternak

Paket budaya : belajar karawitan dan gamelan.

Sedangkan sisi kuliner menyajikan makanan ala ndeso yang sangat digemari saat ini berupa sego megono, gudangan dan trancam. Biaya yang anda keluarkan pun tidak terlalu mahal hanya dengan Rp. 40.000 hingga Rp. 60.000,- per orang perhari sudah dapat menikmati fasilitas yang disediakan desa karangsari tersebut.

 

How to get there :

  1. Dengan kendaraan umum dari Yogyakarta dengan jurusan Kaliurang dan turun di pakem
  2. Dengan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua

 Tempat terdekat :

  1. Kaliurang
  2. Kampung labasan resto
  3. Waterboom Pakemsari

Hotel terdekat :

Beberapa hotel yang terdekat dengan lokasi diantaranya Villa Pakem atau  Raffles Holiday Jogja Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Pakemsari di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pemancingan karang asri yogyakarta
  • karang asri jogja
  • desa wisata karangasri
  • pemancingan karang asri
  • karang asri
  • karang asri yogyakarta
  • karangasri
  • karangsari pakem
  • hotel wisata karangasri
  • tempat wisata di pakem yogya