Desa ngamboh terletak di dusun Ngamboh, desa Margorejo, Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman. Potensi yang ada di dusun tersebut menjadi ispirator dusun yang lain untuk bersama sama menjaga konservasi alam desa di sekitar dusun ngamboh. Dengan konservasi tersebut bahkan membuat perekonomian masyarakat dusun ngamboh semakin meningkat, selain kondisi udara yang semakin sejuk karena terpeliharanya alam sekitar dengan beberapa tanaman besar dan langka.

Sebagai obyek wisata di dusun tersebut adalah berupa pembelajaran berbagai tanaman dan juga perikanan sedangkan atraksi wisata baru dalam tahap pengembangan. Sebagai makanan khas daerah yang menjadi andalan dusun Ngamboh adalah Lemper dan salak Pondoh.

Pada tanggal 24 Nopember 2005, desa ini dikukuhkan sebagai desa lestari oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakatra yakni Sri Sultan Hamengku Buwono X dimana dusun tersebut mampu mengupayakan keberadaan desa menjadi hijau dan kembali kealam desa untuk mewujudkan keseimbangan ekosistem yang hampir hilang.

Hal ini tidak terlepas dari peran seorang warga dusun Ngamboh yang bernama Yulianus Sunarto yang melihat awal keberadaan desanya sudah mulai lunturnya semangat menjaga kelestarian lingkungan dan ekologi desa mereka. Dengan banyaknya berbagai daerah yang tadinya indah mulai berubah menjadi kumuh. Dengan upaya upaya yang dilakukan yang dimulai dari diri sendiri hingga kemudian membangun kebersamaan bersama warga yang lain maka terciptalah pemulihan pemulihan tersebut. Dimulainya dengan membangun beberapa toilet umum, kemudian sumur resapan dan juga pemanfaatan aliran sungai yang ada untuk menjadikan sebuah kolam warga. Dari situlah kemudian berangsur angsur kawasan tersebut tertata yang akhirnya warga mulai menyadari kembali akan pentignya menjaga lingkungan terutama kebersihan sungai yang ada di desa ngamboh.

Kerja keras bersama keseluruhan warga ternyata menjadi nilai tambah bagi desa mereka  dan sekaligus dapat menambah ekonomi warga desa tersebut yakni dengan memulai usaha perikanan memanfaatkan sungai yang sudah bersih, kemudian peternakan dan juga perkebunan.

Dengan keberhasilan tersebut membuat desa sekitar juga tertarik untuk membenahi lingkungan dusun mereka yang akhirnya semua dusun yang ada di desa Bangunkerto dapat mewujudkan upaya konservasi alam tersebut. Hal ini sangat membantu dalam terwujudnya desa lestari tersebut karena jika hanya desa ngamboh sendirian saja konservasi tersebut tentunya akan kurang berhasil.

 Beberapa fasilitas desa wisata ngamboh yang dapat anda nikmati jika berkunjung adalah tersedianya home stay sebanyak 2 rumah yang masing masing mempunyai 4 kamar dengan biaya Rp. 75.000,- per orang per hari sudah termasuk makan 3 kali dan juga tersedia ruang pertemuan dengan kapasitas 50 orang. Tersedia toilet pria sebanyak 3 buah dan wanita 2 buah, sedangkan tempat parkir dapat menampung 200 motor, 30 mobil dan 5 bus.

How to get there :

  1. Dengan menggunakan kendaraan umum dari Yogyakarta menuju arah muntilan turun dipertigaan medari, ambil arah yang kekanan hingga sekitar 2 km hingga perempatan desa jurugan bangunkerto, turi, Sleman belok kiri kursng lebih 600 meter anda akan sampai lokasi.
  2. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua dan roda empat.

Tempat terdekat :

  1. Agrowisata Turi, Menikmati salak pondoh
  2. Desa Wisata Kelor
  3. Desa Wisata Garongan

Hotel terdekat : 

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Rumah Palagan Guest House atau Cakra Kusuma Hotel

Peta Lokasi :

Lihat Desa Ngamboh di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • cadangan usaha-usaha untuk mewujudkan sebuah perempatan lestari
  • dusun lestari ngamboh