desa brajan

Desa wisata Brajan terletak di dusun Brajan, desa Sendangagung, Minggir, Kabupaten Sleman. Nama dusun tersebut diambil dari nama cikal bakal atau orang yang pertama kali menetap di desa tersebut yakni yang bernama Kyai Brojo Setiko. Dusun Brajan merupakan desa kecil namun demikian karena masyarakatnya trampil akan kerajinan Bambu, yang hasil karyanya tidak hanya menembus pasar nasional saja tetapi sudah merambah ke pasar internasional.

Awalnya kerajinan bambu tersebut hanya merupakan industry rumah tangga biasa dan hasil karyanya juga sebatas alat alat rumah tangga saja, seperti besek, wakul dan pincuk. Namun berkat ketekunan dan perkembangan jaman maka saat ini telah dapat memproduksi kurang lebih 20 macam jenis kerajinan. Kerajinan bambu tersebut  merupakan industry kreatif  yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi sehingga sangat digemari oleh wisatawan local maupun mancanegara. UKM kerajinan bambu menjadi ikon dusun brajan sebagai desa wisata Budaya dan sentra Kerajinan Bambu. Dan beberapa UKM tersebut merupakan Mitra binaan dari PT. Jasa Rahardja, Universitas Islam Indonesia yang didukung oleh Dikti RI dengan pengembangan desain, teknologi produksi serta pemasaran. Dengan demikian produk kerajinan dusun Brajan mempunyai kualitas dan seni yang tinggi. Proses produksi di tempat ini telah didukung oleh lebih dari 100 pengrajin, teknologi, pengawetan dan pengeringan bambu secara efektif, efisien dan ramah lingkungan.

Dan berkat kerajinan bambu pula inilah desa brajan mendapat predikat desadesa brajan wisata. Sehingga desa ini dapat sebagai tujuan wisatawan, dan pembelajaran pembuatan kerajinan bambu dijadikan obyek kunjungan wisata tersebut dan sekaligus sebagai tempat dimana dapat memperoleh cinderamata.

Selain pembelajaran pembuatan kerajinan desa ini juga telah mempersiapkan potensi wisata lainnya untuk menyambut kedatangan para wisatawan diantaranya berupa kesenian Kuntulan yang merupakan seni religious Islami, ada campursari, kerawitan, cokekan, shalawatan dan juga alam pedesaan yang asri dan keramahan penduduknya.

Dan bagi anda yang berkeinginan untuk menikmati eksotisme dan kenyamanan suasana pedesaan yang alami dapat tinggal di desa wisata Brajan. Dengan beberapa fasilitasa sarana pendukung seperti halnya keberadaan tempat yang mudah dicapai, kemudian kondisi jalan  yang mudah diakses baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

How to get there  :

  1. Dengan kendaraan umum arah Kalibawang turun 200 m sebelum terminal pingitan ada jalan masuk ke utara sesampainya dipertigaan kurang lebih 500 meter belok kanan ikuti jalan tersbut kurang lebih 2 km anda akan sampai desa tersebut.
  2. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Tempat terdekat :

  1. Desa Wisata Banjaroya
  2. Goa Maria Jatiningsih
  3. Desa wisata Malangan, dengan aneka kerajinan bambu

Hotel terdekat :

Disekitar lokasi belum tersedia hotel, sedangkan hotel terdekat berada di kawasan Tugu Yogyakarta diantaranya Amaris Hotel Yogyakarta atau Gowongan Inn

Peta Lokasi :

Lihat Brajan, Sendangagung di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

  Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • desa wisata brajan
  • Desa brajan
  • Kerajinan jogja
  • panduan anyaman bambu
  • ketajinan mendong desa brajan sendang agung sleman
  • kerajinan unik dari bambu
  • kerajinan bambu sleman
  • kerajinan bambu - Minggir Sleman Jogja
  • ekspor wisata yogyakarta
  • dimana itu desa brajan minggir pengrajin bambu