bursa agro jogja

Bursa Agro Jogja atau BAJ merupakan bursa pemasaran pertanian perkotaan yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Pengembangan Kebun Bibit Dongkelan Barat. Hal ini merupakan pemenuhan kebutuhan konsumen atas pertanian hobies, karena kota Yogyakarta merupakan salah satu konsumen utamanya. Dengan menempati lahan yang cukup luas yakni kurang lebih 14.000 meter persegi di daerah Dongkelan kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta Bursa Agro Jogja ini diresmikan pada tanggal 20 Januari 2008 oleh walikota Yogyakarta.

Berbagai kegiatan digelar ditempat ini sebagai salah satu sarana pengembangan pertanian pola perkotaan., sehingga tempat ini dirancang secara nyaman untuk bursa agro jogjamendukung segala kegiatan tersebut. Adapun beberapa kegiatan tersebut meliputi pengembangan promosi dan informasi teknologi pertanian pola perkotaan melalui kegiatan pameran dan lomba pertanian pola perkotaan dengan nuansa hobies, pengembangan pemasaran dari hasil pertanian pola perkotaan melalui penyediaan sarana tempat penjualan serta pengembangan taman pendidikan pertanian.

Bangunan di Bursa Agro Jogja terbagi menjadi beberapa Zona, hal ini dimaksudkan agar mendukung berbagai kegiatan yang selenggarakan. Zona zona tersebut antara lain Zona penerimaan, Zona edukasi, Zona display tanaman hias, Zona retail Ikan hias, Zona Sub Raiser Ikan hias, Zona pameran dan kontes pertanian, Bangunan eks stasiun dongkelanl, Taman pendidikan pertanian, Gazebo olahan dan gazebo kolam, serta fasilitas Bursa Agro untuk menambah kenyamanan para pengunjung yakni tempat parkir, mushola, toilet serta taman bermain.

Dari beberapa zona tersebut sebagian sudah dimanfaatkan sebagai showroom bursa agro jogjadan transaksi komoditas pertanian perkotaan  terutama tanaman hias dan sarana produksinya serta sarana pendukung berupa pot, alat semprot, rak, dll. Lahan yang dipakai seluas 1.500 meter persegi dikelola oleh PIPA (Pusat Informasi Promosi Agribisnis) sebagai anjungan PIPA. Selain itu Zona Display Tanaman hias di dipergunakan oleh Asosiasi/pelaku usaha pertanian atau Kelompok tani untuk berjualan tanaman hias, sarana produksi beserta sarana pendukung dan telah terisi sebanyak 25 kios.

Untuk mendukung promosi Bursa Agro Jogja sendiri  memanfaatkan Zona Pameran dan Kontes pertanian setiap sebulan sekali dengan penyelenggara dari Unit pelaksana teknis sendiri ataupun dari pihak swasta yang diikuti oleh Asosiasi/Kelompok Tani/pelaku usaha pertanian di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Sedangkan zona retail ikan hias sebanyak 20 kios dipergunakan oleh pedagang ikan hias dari pasar ngasem yang beberapa waktu lalu direlokasi ketempat ini. Untuk Zona Edukasi walaupun belum sempurna namun sudah seringkali dimanfaatkan oleh beberapa sekolah baik tingkat TK, SD, dan SLTP dari kota Yogyakarta bahkan luar propinsi.

Dan bangunan eks stasiun dongkelan menjadi tempat yang mengasyikkan, sebagai bangunan tua bekas stasiun kereta api jurusan Palbapang-dongkelan-salam dan magelang dan merupakan cagar budaya di pergunakan sebagai resto yang dikelola oleh unit pelaksana teknis dan swasta.

How to get there :

  1. Dengan kendaraan umum jurusan Yogya Bantul turun didepan BAJ atau sebelum ringroad selatan
  2. Bus kota jalur 11 turun didepan BAJ
  3. Kendaraan Pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Tempat terdekat :

  1. Pasthy; relokasi pedagang pasar Ngasem yang berjualan aneka satwa dan tanaman hias
  2. Panggung Krapyak; sebagai tempat bekas lokasi berburu raja raja mataram
  3. Tamansari; Taman air sekaligus benteng pertahanan keraton

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya The Grand Palace Hotel atau Brongto Hotel

Peta Lokasi  :

Lihat Bursa Agro Jogja di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • jual tanaman hias jogja
  • toko pertanian yogyakarta
  • alamat bibit tanaman hias di jogja
  • toko pertanian lengkap bantul yogyakarta
  • Toko pertanian jogja
  • tempat perkebunan bunga di Yogya
  • Kios pertanian yogyakarta
  • kelompok tani jogja
  • jual pot bunga jogja
  • jual bibit bunga murah yogyakarta