Situs Payak terletak di Dusun Payak , Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Merupakan peninggalan sejarah dari hindhu, situ payak sangat menarik untuk dilihat dan dipelajari asal usulnya. Ditemukan sekitar  tahun 1970an ini  menurut penelitian para arkeologi situs ini merupakan pertitaan atau secara umum sebagai bangunan pemandian. Bangunan ini situs payak ini mempunyai ukuran 312 x 124 Cm yang dilengkapi dengan dinding Berbentuk huruf U, dan didalam situsnya terdapat saluaran air yang berukuran 25 x 25 Cm. jika anda berkunjung  dab berwisata ke Yogyakarta terutama didaerah Bantul, jadikan situs payak ini menjadi alternatif tujuan wiasta anda, dengan berkunjung ke situs ini, secara tidak langsung anda bisa membuat situs ini bisa dikenal oleh para wisatawan.

Situs Payak yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 ini mempunyai berberapa arca sebelum akhirnya disimpan BP3 Yogyakarta, pernah ditemukan disitus ini arca siwa dengan posisi duduk sila, dengan dibuat menggunakan batu putih. Selain itu juga pernah ditemukan 17 buah lubang yang melambangkan  wastupurusamandala yang merupakan diagram yang berfungsi sebagai rancangan metafisika dan tata letak bangunan, perpih tersebut terdiri atas lempengan – lempengan dari emas dan perak, gambaran betapa mewahnya situ ini sebelum hancur ditelan jaman.

Dibagian badan pertitaan ini terdapat relung- relung yang diperkirakan digunakan untuk menempatakan arca siwa yang sudah di disimpan BP3.  Memang menarik meliti, mempelajari peninggalan sejarah dan budaya jaman dulu, tidak hanya candi yang menarik untuk dikunjungi dan dipelajari namun situs – situs ini juga menarik untuk diteliti. Selain situs payak ini anda juga bisa mengunjungi peninggalan – peninggalan sejarah dan budaya agam hindhu dan budha yang menarik juga untuk dikunjungi, seperti  candi mantup dan candi gampingan yang masih membutuhkan perhatian dari wisatawan, untuk lebih dikenal masyarakat luas.

How to get There :

Untuk mennuju dan mengunjungi situs Payak Anda bisa menggunakan bus umum jurusan Jogja Wonosari dan turun di 2 km dari Kid’s Fun Parks atau desa Payak

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Hotel Indah Palace Yogyakarta atau Hotel Grand Rosela

Peta Lokasi  :


Lihat Situs Payak di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • peninggalan sejarah
  • peninggalan bersejarah di yogyakarta
  • sejarah bantul
  • tempat wisata sido mukti semarang
  • tempat wisata sekitar piyungan
  • tempat wisata di kab semarang
  • situs peningalan daerah piyungan
  • sejarah desa payak
  • objek wisata kabupaten semarang
  • peta kecamatan piyungan bantul