lemahdadi, patung batu

Kita mengenal beberapa sentra kerajinan  batu namun yang banyak terdapat di muntilan ataupun di magelang terutama daerah sekitaran Borobudur seperti di desa Taman  Agung. Di Yogyakarta terdapat satu tempat dimana kerajinan tersebut dapat anda jumpai di daerah Bangunjiwo, tepatnya di desa Lemahdadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Tempat ini tidak jauh dari balai desa lemahdadiBangunjiwo yakni  disebelah barat balai desa tersebut. Dari perempatan balai desa Bangunjiwo ambil arah ke utara sekitar 500 meter kemudian hingga menemukan pertigaan tugu lilin anda belok kiri atau  kearah barat dengan jalan menanjak sejauh 1 km, dan anda akan menjumpai patung relief ukuran sedang dengan bingkai warna hijau yang bertuliskan sentra kerajinan Lemahdadi. Sesampainya di situ ambil kekiri sampai melewati sungai dengan jembatannya yang kecil pula, maka akda akan disambut oleh workshop dan juga showroom.

Berkembangnya dusun lemahdadi ini memang tak terlepas dari daerah Muntilan, kenapa demikian karena pelopor pendiri pengarajin di tempat ini dahulunya merupakan para pekerja pembuat patung dikota Muntilan. Para pelopor ini adalah Bp. Sugiman dan Bp. Budi Mulyono yang saat ini sudah memiliki tempat produksi  atau bengkel seni Patung batu tersebut. Bp. Sugiman sendiri merupakan putra asli dari dusun lemahdadi tersebut sedangkan Bp. Budi Mulyono merupakan pendatang namun sudah lama menetap di dusun Lemahdadi tersebut.

Mereka berdua memulai patung, lemahdadimembuat tempat produksi sendiri sekitar tahun1995, setelah merasa mendapat bekal dan pengalaman dari tempat mereka bekerja dan Bp, Sugiman memberi nama usahanya dengan nama Sanggar budaya sedangkan Bp. Budi Mulyono dengan nama Fajar Stone. Dari sinilah kemudian dusun lemahdadi berkembang menjadi sentra kerajinan Patung batu.

Pembuatan patung batu disini menggunakan dua system cara, yang pertama dengan system cetak sedang yang kedua dengan system pahat. Bentuk patung yang banyak dibuat adalah patung Budhha, hal ini disamping merupakan permintaan dan juga karena pengaruh asal pembuatnya yang berasal dari Muntilan. Pembuatan patung dengan cara dicetak lebih cepat dan lebih mudah pengerjaannya dibanding dengan system pahatan, sehingga harganya pun juga berbeda untuk setiap patungnya.

Dari sentra ini telah mengangkat dan membuka peluang kerja bagi dusun lemahdadi sendiri maupun dusun disekitarnya. Saat ii sudah lebih dari 8 pengrajin yang terdapat di dusun Lemahdadi dan mampu meneksport sekitar 8-9 kontainer setiap bulannya baik dalam negeri  seperti solo dan Bali mapun luar negeri  yakni Eropa, Australia, Amerika dan Timur tengah.

How to get there :

Untuk menuju kedesa tersebut diperlukan endaraanpribadi baik roda empat maupun roda dua, bisa juga menggunakan taksi.

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang berdekatan dengan desa Lemahdadi diantaranya  Kedung Pengilon, Sendang Kasihan

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Hotel Mawar Asri atau Brongto Hotel

Peta Lokasi  :

Lihat Kampung Lemahdadi di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • patung batu
  • kerajinan batu muntilan
  • patung batu keryarajasa
  • kerajinan dari batu
  • membuat kerajinan dari batu
  • membuat patung
  • pengrajin batu yogyakarta