parang wedang, pemandian air panas

Pemandian air panas dengan sumber air panas alami dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, sangatlah tepat kiranya anda mengunjungi satu tempat di sekitaran pantai parangtritis namanya parang wedang. Parang Wedang terletak sebelum anda memasuki kawasan wisata parangtritis hanya beberapa meter saja atau, sekitar 30 km dari kota yogyakarta.

Air panas disini berbeda dengan air panas alami lainnya yang biasanya mengandung belerang, namun di parang wedang ini hanya mengandung Na, CL, dan MG dan berbagai zat mineral. Sumber air dari pemandian parangwedang berasal dari perbukitan di utara pantai parangtritis. Hal ini di tempat ini merupakan pertemuan dua lempeng yang mengakibatkan timbulnya air panas dengan konsentrasi parang wedang, pemandian air panaskimia yang tinggi karena air yang mengalir dari perbukitan tersebut mendapat panas panas bumi.

Namun menurut cerita leluhur, keberadaan Pemandian parang wedang tidak terlepas dari sejarah keraton Kasultanan Yogyakarta yakni berkat kesaktian yang dimiliki oleh sultan Hamengku Buwono VI. Saat itu Sultan HB VI sedang dalam perjalanan menuju pesanggrahan Balekencur. Semula Sultan Hamengku Buwono VI bermaksud mandi di pesanggrahan tersebut namun air yang ada semuanya dingin, maka beliau berusaha mencari air panas. Setelah beberapa waktu tidak menemukan sumber air panas sesampainya di desa mancingan maka dibuatlah lubang, berkat kesaktiannya lubang tersebut di rubah menjadi sumber air yang sangat deras dan berair panas. Dan dinamakan parang wedang yang berarti karang yang mengeluarkan air panas karena Parang dalam bahasa jawa berarti karang sedang wedang berarti air panas. Mulai saat itu kemudian tempat tersebut sebagai pemandian keluarga keraton. Namun karena sudah jarang digunakan maka kemuadian dibuka untuk umum, mata air panas tersebut hingga saat ini tidak pernah berhenti. Khasiat air mandi hangat ditempat ini ternyata sungguh luar biasa dari penyakit kulit, stroke dan reumatik. Ataupun hanya sekedar lelah atau pegal pegal niscaya pasti akan sembuh. Untuk penyakit kulit harus mandi / berendam di pemandian ini setiap hari selama 1 minggu  sedangkan penyakit stroke dan reumatik harus berendambak pemandian, parang wedang setiap hari selama satu bulan.

Pemandian Parangwedang dibuka mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB, namun jika pengunjung banyak maka akan ditutup pada pukul 15.00 WIB, ini dikarenakan untuk menjaga kehangatan air panasnya karena mata airnya sangat terbatas yaitu hanya 3 mata ir yang kedlamannya mencapai 10 meter.  Untuk menikmati hangatnya pemandian air panas ini anda haru membayar tiket masuk retribusi masuk pantai Parangtritis dan memasuki kolam pemandian. Tiket ke pantai Parangtritis sebesar Rp. 3.000 per orang ditambah jika memakai kendaraan roda 2 ditambah 1.000,- dan mobil Rp. 2.000,00 sedangkan masuk ke kolam pemandian sebesar Rp. 4.000,-. Sedangkan untuk parkir anda yang menggunakan sepeda motor dikenai tarif parkir sebesar  Rp. 2.000,- dan mobil Rp. 5.000,-. Selamat menikmati mandi air hangat yang menyehatkan.

 

 

How to get There :

Untuk menuju lokasi Parang Wedang bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal Giwangan Yogyakarta jurusan Pantai Parangtritis. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Pramesthi Jogja atau Dusun Jogja Village Inn

Tempat terdekat :

Lokasi di dekat Parang Wedang selain Parangtritis adalah Pantai Parangkusumo

Peta Lokasi  :


Lihat Parang Wedang di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pertemuan dua air
  • pemandian air panas jogja
  • pemandian air panas di jogja
  • parang wedang
  • pemandian air panas di yogyakarta
  • parang wedang sumber air panas alami
  • pemandian air panas parang wedang
  • parang wedang jogja
  • pemandian air panas di jogjakarta
  • pemandian parangwedang