Desa tembi dahulunya merupakan salah satu dimana tempat ini merupakan tempat bagi abdi dalem katemben yang tugasnya menyususi anak anak dan kerabat raja. Maka desa ini kemudian dinamai dusun Tembi, d an masih ada pula yang menganggap  jika berkunjung kedusun ini akan mendapatkan kemuliaan bak raja pada zaman yang lalu karena latar belakang desa tersebut.

rumah budaya tembiDidesa tersebut telah berdiri sebuah rumah yang terletak di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta yang merupakan Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture. Museum yang menempati tanah seluas 3500 meter persegi dengan dengan luas bangunan utama 212 meter persegi dan luas seluruh bangunan mencapai 1057 meter persegi mengkhususkan diri pada kebudayaan jawa. Sedangkan desa tembi sendiri merupakan kawasan kampung Kerajinan GMT (Gabusan  -Manding – Tembi) yang beberapa waktu lalu diresmikan Oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X tepatnya pada 31 Agusutus 2007.

Museum Rumah budaya Tembi mempunyai beberapa koleksi yang variatif, berupa peralatan tradisional jawa antara lain peralatan dapur seperti tungku dan dandang, senjata berupa keris dan tombak, peralatan bertani berupa bajak, kolam renang, rumah budaya tembiperalatan seni gamelan dan bartik, dan juga foto foto jaman dahulu, poster kuno bahkan ada sepeda motor kuno serta perpustakaan dengan jumlah naskah yang mencapai kurang lebih 5000 buah.

Tempat ini juga menyediakan ruang pameran, meeting room, tempat penginapan, restaurant, kolam renang dan pendopo beserta seperangkat alat gamelan. Guide di tempat ini juga siap menjawab pertanyaan anada karena tour guide ditempat ini tidak hanya mengetahui masalah desa tembi melainkan benar benar mengetahui seluk beluk budaya jawa sehingga dijamin anda akan puas dengan pelayanan di Museum rumah budaya Tembi ini.

Setiap bulannya digelar kegiatan rutin berupa pertunjukan tarian nasional dari sabang sammpai merauke. Dan pertunjukan wayang dengan dalang local daearah Bantul.Selain menjadi salah satu paket kunjungan rumah budaya tembimuseum masih terdapat kegiatan tradisional berupa membajak sawah dengan sapi, membatik, bermain gamelan dan lainl-ain. Sedangkan sumber dana pengelolaan museum didapat dari dana pribadi pemilik museum serta para kolektor yang menitipkan barangnya dimuseum tersebut dan juga pendapatan dari restaurant, persewaan homestay, meeting room , galeri dan juga pendopo.

Demikian bagi anda yang hanya berkunjung ke Museum Rumah Budaya Tembi ini tidak dipungut biaya yang buka setiap hari senin sampai dengan jumat mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16 WIB.

How to get there :

  1. Angkutan umum arah parangtritis turun di km 8.4 tepatnya selatan pertigaan lmapu merah atau depan SD Timbulharjo , kemudian jalan kearah timur kurang lebih 500 meter.
  2. Dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang dapat Anda kunjungi di sekitar rumah budaya Tembi diantaranya Bakmi Mbah Mo

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya D’Omah Boutique Hotel Yogyakarta atau Dusun Jogja Village Inn

Peta Lokasi  :

Lihat Rumah Budaya Tembi di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tembi rumah budaya
  • rumah budaya tembi
  • tembi
  • desa tembi
  • wisata parangtritis
  • desa wisata tembi
  • rumah tembi
  • sejarah berdirinya tembi rumah budaya
  • desa wisata tembi bantul
  • tembi rumah budaya yogyakarta