Pucung wukirsari, wukirsari

Satu lagi daerah yang masih berlokasi di Kabupaten Bantul bernama  Pucung, di Wukirsari. Merupakan sentra kerajinan tatah sungging kulit terutama wayang. Tatah sungging merupakan seni memahat dan mewarna dalam satu media, sedangkan media itu sendiri di desa ini berupa kulit sapi atau kerbau yang dibuat menjadi wayang. Sedangkan pucung yang berada di sewon merupakan sentra kerajinan patung primitif. Kabupaten Bantul memang terdapat banyak sentra-sentra kerajinan yang sangat beragam. Terbukti banyak sekali sentra industri yang mendunia di wilayah ini dan bahan kerjinan yang beragam pula. Dari Desa wisata kasongan dengan media tanah dan produknya sudah diakui sampai mancanegara demikian pula sentra batik kayu di Krebet dan juga patung primitif di pucung sewon dan masih banyak lagi.

Desa Pucung wukirsari ini tepatnya berlokasi di Dusun Karangasem, Desa Wukirsari, pucung wukirsariWukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan kampung pengrajin wayang ini tidak dapat dipisahkan dengan nama Mbah Atmo Karyo atau biasa disebut mbah Glemboh. Beliau adalah seorang lurah atau kepala desa di desa Pucung sebelum berubah nama menjadi Karangasem tersebut pada tahun 1917. Lurah pada jaman itu harus mendapat pelatihan dari Panewon atau setingkat kecamatan pada saat ini sedangkan panewon dibina langsung oleh Keraton dalam hal ini oleh Sultan sendiri. Dengan demikian secara tidak langsung Mbah Glemboh menjadi Abdi dalem keraton dan mempunyai kedekatan dengan Sultan yang saat itu berkuasa yakni Sultan Hamengku Buwono VII. Dari kedekatan inilah mbah Glemboh mendapat tugas untuk merawat wayang milik keraton. Karena kebiasaannya dengan wayang tersebut mbah Glemboh mulai tertarik untuk membuat wayang sendiri. Ia belajar menatah wayang yang dibantu oleh tentangga sebanyak 4 orang yakni mbah Reso Mbulu, Mbah Cermo, Mbah karyo, dan mbah Sumo.

Pada awalnya mbah Glemboh tidak ada niatan mengkomersilkan hasil karyanya tersebut. Niat hati hanya ingin memperlihatkan karyanya kepada Sultan di Keraton namun masa itu di perjalanan di hentikan oleh Belanda yang melihat hasil karya mbah Glemboh tersebut tertarik untuk memilikinya. Maka semua wayang yang dibawa mbah Glemboh yang semula akan diperlihatkan kepada Sultan dibeli semua oleh Belanda. Bahkan tidak hanya Belanda yang tertarik dengan hasil karya tersebut namun ada seorang pengusaha batik yang membelinya juga serta memajang di toko batiknya.

Sampai dengan tahun 1930 bersama keempat wukirsari, pucung wukirsarirekannya dan anak-anaknya terus membuat wayang tersebut hingga pada akhirnya pada tahun 1970, PT. Sarinah dari Jakarta juga tertarik, hingga wayang karya mbah Glemboh terkenal dan laris dibeli. Semenjak itulah warga desa pucung tersebut ikut memproduksi tatah sungging wayang sampai saat ini. Keahlian mereka diturunkan turun temurun hingga generasi saat ini. Kerajinan Tatah sungging wayang ini semakin terkenal setelah mengikuti Expo non migas pada tahun 1980. Dalam expo tersebut banyak pesanan dan mulai saat itu kerajinan ini berkembang tidak hanya model wayang saja namun sangat beragam mulai dari lukisan dinding, kaligrafi , kap lampu dan model lainnya.

Desa ini yang dulunya hanya 5 pengrajin sudah memiliki 1.060 pengrajin dengan pengusaha pengepul sebanyak 138 orang. Jadi rata rata para pengusaha ini memiliki 5-10 orang pengrajin. Saat ini keberadaan para pengrajin hanya sesekali saja membuat kerajinannya disebabkan harga bahan baku yang melambung tinggi.

How to get There :

Untuk menuju desa pucung, Wukirsari, Imogiri tersebut bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus jurusan yogyakarta imogiri kemudian dilanjutkan dengan ankutan ke arah wukirsari. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Hotel terdekat :

Hotel terdekat lokasi diantaranya adalah Hotel Grand Rosela atau Duta Hotel

 Tempat terdekat :

Beberapa lokasi wisata terdekat diantaranya Makam Raja-raja Imgiri, Batik Giriloyo serta makam seniman Giri Sapto

Peta Lokasi  :


Lihat Desa wisata Pucung, Wukirsari di peta yang lebih besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • Cerita mestis desa pucung wukirsari bantul
  • kerajinan sungging 2D
  • pucung kampung wayang
  • tempat pembuatan wayang kulit