kedung, air sungai

Kedung pengilon merupakan tempat yang masih alami belum banyak terjamah tangan manusia, sehingga ke-alami-an sekitar kedung masih benar benar asli dan menyimpan potensi alam yang luar biasa. Kedung ini terletak di sebelah ujung barat daya Desa Bangunjiwo, tepatnya di dusun petung.  Nama Pengilon merupakan bahasa jawa yang artinya kaca untuk bercermin, seperti halnya kedung tersebut seperti kaca yang fungsinya untuk bercermin tersebut. Yakni berupa kolam besar di aliran sungai. Dengan kedalaman kurang lebih 2 meter, dengan aliran air yang jernih karena berasal dari sendang atau mata air di pangkah yang mengalir melalui sungai kecil ladang dan kebun milik warga serta hutan dusun sebelum akhirnya  sampai di kedung pengilon. Sesaat sebelumnya air ini melewati satu grojogan atauair terjun dengan ketinggian 10 meter.

tugu desa, kedung pengilonTerlebih kedung pengilon oleh warga dianggap sebagai tempat keramat, sehingga tidak banyak yang secara sembarangan ditempat ini apalagi merusak sesuatu ditempat ini. Hal ini tentunya membuat keuntungan bagi tempat ini yang selalu terjaga akan keasriannya. Bagi anda yang berminat ketempat inipun sebaiknya meminta pemandu wisata dari para warga yang siap membantu anda untuk menikmati kedung pengilon tersebut.

Kedung pengilon berbentuk oval dengan diameter kurang lebih 15 meter, aliran sungai yang tidak melewati pemukiman membuat air tersebut belum terkontaminasi. Warna air kedung pengilon berwarna hijau kebiru-biruan, hal ini dipengaruhi oleh dasar kedung yang berupa bebatuan putih serta kedalaman kedung itu sendiri. Di sebelah kedung ini sendiri juga terdapat mata air kecil yang terkumpul pada semacam kolam kecil atau belik. Bagi pengunjung yang ingin membasuh muka atau mandi dapat menggunakan air tersebut, dan telah tersedia gayung dari batok kelapa.

Tempat ini belum secara maksimal dimanfaatkan sebagai tempat wisata kedung pengilonwalalupun keindahan alam di sekeliling kedung sebetulnya sangat bagus dan alami. Letak kedung pengilon ini sendiri jauh dari pemukiman penduduk jadi agak sulit bagi anda yang ingin mengunjunginya karena angkutan umum juga belum ada. Dari Yogyakarta anda bisa langsung menuju kearah desa Bangunjiwo tepatnya dari Pabrik Gula Madukismo kearah barat melewati padepokan Bagong Kussudiardja hingga menemukan Balai desa Bangunjiwo. Kemudian dari balai desa tersebut anda ambil arah ke barat sejauh 2 km, hingga menemukan gentong/tempat air dari tanah liat seperti halnya yang dibuat di Kasongan. Ambil kiri kemudian ikuti jalan tersebut kearah selatan kurang lebih 1 km hingga menjumpai tugu lagi yang merupakan Tugu dusun Petung.  Setelah itu anda menyusuri jalan tanah hingga sampai ke lokasi kedung pengilon. Sebaiknya anda sering bertanya karena lokasinya memang agak masuk.  Dan karena jalan yang tidak memadai sampi kedung maka kendaraan anad sebaiknya dititipkan dirumah rumah penduduk.

How To get There :

Dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

 Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Brongto Hotel atau Hotel Mawar Asri

Peta Lokasi  :

Lihat Kedung Pengilon di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kedung pengilon
  • kedung pengilon bantul
  • pantai pengilon
  • alam jernih jogja
  • Belik di bangunjiwo
  • obyek wisata di yogyakarta yang masih alami
  • sendang pengilon