hiu paus tutul, whale shark

Setalah beberapa hari yang lalu seekor hiu paus tutul terdampar di Pantai Pandasimo Bantul, pada jum’at malam sekitar pukul 18.00 WIB, seekor ikan hiu paus kembali terdampar di peraian pantai selatan tepatnya di Pantai Pandansimo, Bantul, Yogyakarta 500 meter dari pantai Parangtritis.

Ikan hiu paus dengan ukuran yang lebih kecil dengan hiu paus yang terdampar di Pandansimo yakni mempunyai panjang sekitar 7 meter.

Seperti halnya di Pantai Pandansimo ikan hiu paus tersebut kemungkinan juga dalam masa migrasi dan terlepas dari rombongan karena terhempas , whale shark, hiu pausderasnya arus air di laut pantai selatan. Keberadaan Hiu Paus tersebut pada awalnya masih hidup dan berada di 100 meter dari bibir pantai. Sama halnya hiu paus di Pandansimo karena tidak kuat terjangan gelombang air laut maka semakin lama justeru semakin mendekati bibir pantai.

Pada awalnya beberapa warga akan mengevakuasi ikan tersebut namun hal tersebut dicegah oleh tim SAR, kepolisian, TNI, dan juga Animal Friend Jogja (AFJ), hal ini mengingat keberadaan ikan hiu yang mempunyai harga yang cukup mahal pada siripnya. Penjagaan dilakukan karena sempat beredar kabar bahwa sirip hiu tersebut akan dihargai sebesar tujuh juta rupiah.

Hiu ini pun akhirnya menjadi tontonan warga, dan bersama sama ikut menjaga dan mengamankan keberadaan ikan hiu paus yang terdampar tersebut sesuai kesepakatan pihak pihak yang terkait. Ini hiu paus, hiu tutul, whale sharkberkat kesadaran warga yang peduli akan lingkungan.

Dengan adanya beberapa ikan yang terdampar di pantai yang terbaru adalah di Pantai Parangkusumo ini kiranya perlu penanganan khusus seperti halnya yang terdapat di Negara Negara lain, hal ini perlu mengingat agar focus dalam penanganan dan tidak ada saling kecurigaan dari beberapa instansi yang terkait yang kebetulan berada dalam satu wilayah kerja, seperti halnya di parangkusumo yang sedikit terjadi ketegangan karena isu penjualan sirip ikan hiu yang terdampar tersebut.

How to get There :

Dari kota Yogyakarta dapat menggunakan angkutan umum berupa bus dari terminal Giwangan menuju Pantai Parangtritis. Atau bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hotel terdekat :

Di Kota Yogyakarta masih banyak lokasi lokasi wisata yang sayang jika dilewatkan, seperti keraton, kawasan titik nol dimalam hari. Untuk itu semua anda bisa bermalam di dekat kawasan tersebut diantaranya Hotel Ibis Malioboro atau  Hotel Mutiara

Peta Lokasi  :


Lihat Peta Lebih Besar 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

  Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • parangkusumo
  • pantai selatan yogyakarta
  • pantai parangkusumo jogja
  • paus terdampar di yogyakarta
  • ikan paus terdampar
  • ikan hiu terdampar
  • ikan terdampar
  • ikan hiu terdampar di jogja
  • paus
  • gambar ikan hiu raksasa