oleh-oleh

Oleh oleh merupakan hal yang paling ditunggu oleh keluarga, kerabat, relasi atau teman jika kita pergi ke suatu tempat, apalagi tempat kita kunjungi merupakan daerah yang mempunyai kekhasan tersendiri baik berupa makanan ataupun benda. Dan rasanya sayang jika kita bepergian ke suatu tempat yang tidak biasa kita kunjungi tanpa membawa atau mencicipi sesuatu yang khas dari daerah tersebut. Yogyakarta yang merupakan salah satu tujuan wisata tentunya mempunyai sesuatu yang dapat dijadikan oleh oleh. Apa saja yang dapat dijadikan cindera mata ataupun oleh oleh bagi keluarga, teman atau relasi anda sewaktu anda berkunjung di Yogyakarta, berikut saya berikan beberapa referensi yang bisa membantu anda:

1. Bakpia

Didesa pathok pusat oleh- oleh bakpia pathok anda akan menemukan ribuan jenis oleh- oleh dan tentunya bakpia pathok dengan berbagai merek dan rasanya. Anda bisa menemukan beberapa merek bakpia pathok mulai dari bakpia pathok 25, bakpia pathok 75, bakpia pathok d’java dan masih banyak yang lainnya yang bisa anda pilih sesuai dengan yang anda inginkan, umumnya rasa bakpia pathok bermacam – macam mulai dari  rasa kacang hijau, kacang hitam, coklat, keju dan rasa yang baru- baru ini muncul rasa umbi ungu, tentunya setiap rasa dari bakpia pathok mempunyai rasa yang lezat dan luar biasa, anda bisa memilih rasa sesuai dengan yang anda pilih.…….(read more)

2. Gudeg

GudegMasakan Gudeg ini dapat kita jumpai diseluruh pelosok kota yogakarta dan yang menjadi Sentra Gudeg ini terdapat di daerah Barek, Jl. Kaliurang Km. 4,5 sebelah utara selokan Mataram atau Daerah Wijilan, sebelah timur dari alun-alun keraton Yogyakarta sebelah selatan Plengkung Wijilan.……(read more)

 

 

 

3.  Salak Pondoh

Yang menjadi andalan dari Agrowisata di tempat ini adalah kebun Salak Pondohnya, Tempat ini berada di ketinggian 200 meter diatas permukaan laut, dengan kondisi ekosistem yang terjaga dengan baik para pengunjung dapat menyaksikan tanaman pohon salak yang mirip dengan pohon kelapa sawit. Di Tempat ini karena areanya sangat luas kurang lebih 27 ha maka para pengunjung akan di temani oleh seorang pemandu yang akan membantu pengunjung berkeliling kebun salak. Di tempat ini pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman salak yakni sekitar 17 jenis yang antara lain Salak pondoh super , Salak pondoh kuning, salak pondoh hitam, salak bali, salak tanonjaya, salak semeru, salak gading dan lain sebagainya. Dan yang menyenangkan ditempat ini kita bisa mendapatkan buah salak langsung dari pohonnya sekaligus cara pembudidayaan pohon salak tersebut.…….(read more)

4. Batik

Batik saat ini merupakan salah satu warisan budaya yang telah diakui Unesco. Di yogyakarta ada beberapa tempat penjualan bentuk kain batik atau bentuk jadi seperti baju, celana, dan lain sebagainya. Anda dapat mengunjungi tempat berikut :

-           Di Pasar tradisional Beringharjo, Masuk kedalam pasar, lantai dasar anda akan melihat ratusan penjual batik  dan ribuan produk batik, dalam bentuk bahan maupun sudah dalam bentuk siap pakai atau jadi. Batik yang berada di Pasar Beringharjo tidak hanya batik Yogyakarta dan Solo, batik Pekalongan pun  banyak terdapat di pasar ini, dari bahan katun maupun sutra dari berbagai warna dan motif, dari puluhan ribu sampai ratusan ribu tergantung dari jenis, bahan, ukuran dan motif.  Untuk batik dalam bentuk bahan terdapat dilantai dasar bagian barat sebelah Utara, sedangkan  untuk batik siap pakai terdapat dilantai dasar bagian Barat. Dilantai dasar bagian Barat ini tidak hanya menjual batik siap pakai saja,  blangkon, pakaian surjan,  tas, sarung tenun maupun sarung batik tersedia di los Barat. Bagi anda yang pandai tawar- menawar jangan malu- malu untuk menawar di pasar ini, diperbolehkan menawar dipasar ini, dengan anda pandai menawar, anda akan mendapatkan harga produk dengan harga miring.…….(read more),

-          sepanjang Malioboro, Sepenggal jalan yang di penuhi oleh pedagang kaki lima selain toko toko yang beraneka ragam barang yang dijual ataupun sekelompok orang yang dengan seni mereka menampilkan kemampuan olah suaranya kadang menghibur para pengunjung Malioboro maupun hanya sekedar lewat saja. Memang Malioboro menjadi urat nadi kehidupan banyak kalangan baik mulai dari penjual ditoko, kaki lima, tukang becak, kusir andong, pengamen, tukang parkir dan masih banyak elemen-elemen yang lain turut ambil bagian dalam kehidupan malioboro…….(read more),

-           Di Kampung Ngasem, Keberadaan batik saat ini pun berkembang, bahkan di Yogyakarta setiap hari Jum’at telah di instruksikan untuk memakai baju batik pada sekolah bahkan instansi swasta maupun pemerintah. Jadi Jikalau anda ke Yogyakarta tidak ada salahnya mengunjungi Kampung Batik di Kampung Ngasem salah satu tempat sentra batik yang masih berada dalam jeron beteng atau berada dalam benteng keraton yogyakarta, ini bisa anda buktikan jika anda menyusuri kampung ini terlihat banyak tembok yang mengelilingi kampung ini. Dikampung ini setiap sudutnya dapat ditemui gerai dan toko batik, yang mempunyai koleksi batik yang beragam baik motif maupun coraknya……(read more)

5. Gerabah Kasongan

Kasongan, GerabahKasongan, Yogyakarta Kasongan terletak di selatan kota Yogyakarta kurang lebih 6 km dari pusat kota, tepatnya daerah pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kec. Kasihan, Bantul. Desa ini penghasil kerajinan Gerabah yang sudah terkenal sampai ke Luar negeri serta banyak Wisatawan Mancanegara yang datang berkunjung untuk belanja dan melihat proses pembuatan Grabah tersebut. Saat ini dapat dijumpai berbagai motif untuk berbagi model bentuk barang. Yang paling banyak dijumpai barang bentuk Guci, Pot, Meja, Kursi, kursi, dll. Namun sekarang sudah berkembang dengan berbagi macam barang tidak hanya dari tanah liat saja namun berkembang menjadi sentra industri kerajinan yang berkualitas untuk ekspor ke mancanegara. Kasongan, Yogyakarta…….(read more)

Kiranya ini dapat membantu anda untuk mendapatkan oleh oleh saat anda berlibur di Yogyakarta.

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • oleh-oleh khas yogyakarta
  • oleh oleh jogja
  • oleh oleh yogyakarta
  • oleh oleh yogya
  • oleh-oleh jogja
  • oleh-oleh yogya
  • oleh-oleh khas malioboro
  • oleh oleh khas yogya
  • pusat oleh-oleh khas yogyakarta
  • oleh2 jogja