Sangat banyak obyek wisata di kabupaten Bantul, Namun masih banyak pula yang belum maksimal dikelola sehingga tidak banyak terekspose yang mengakibatkan tidak banyak kunjungan. Seperti halnya dengan air terjun Seribu batu namun karena berada di dusun cengkehan maka sering disebut juga Air terjun cengkehan. Kawasan air terjun ini pada dasarnya sangat menarik dengan bebatuan cadas yang ada membuat suatu pemandangan yang menakjubkan di tambah dengan kawasan yang masih banyak ditumbuhi pepohonan yang menjadikan suasana alami sangat terasa.

air terjunAir terjun ini berada di dusun cengkehan , Giriloyo, wukirsari, Imogiri Kabupaten Bantul atau berada didekat  Makam Giriloyo. Air terjun seribu batu atau Air terjun Cengkehan ini berada dikawasan pegunungan sehingga untuk mencapai lokasi ini memang harus sedikit ekstra hati hati, karena kondisi jalan berupa batu batu curam dan agak licin yang cukup memberikan tantangan tersendiri. Air terjun ini merupakan aliran sungai yang berhulu di pegunungan mabul dan berhilir di sungai Oyo yang selanjutnnya mengalir ke Parang Wedang.Ketinggian air terjun ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 4 hingga 6 meter saja.

Keberadaan air terjun ini dipercaya memiliki khasiat berupa membuat awet muda dan mempererat hubungan suami isteri. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta ecotourism dan pleaksanaan kegiatan outbond. Fasilitas yang masih minim mungkin yang membuat tempat ini sepi pengunjung. Untuk menikmati air terjun ini belum ada biaya retribusi  namun hanya biaya parkir dipintu masuk yang memanfaatkan rumah penduduk,. Dan waktu yang diperbolehkan ketempat ini mulai jam 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB, hal ini karena jarak dari tempat parkir yang cukup jauh yakni memakan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan kaki dan suasana yang sangat gelap jika sudah terlalu malam karena memang belum ada penerangan yang memadai sepanjang jalan menuju tempat ini.

Sedangkan rute yang ditempuh sama dengan perjalanan menuju makam giriloyo dari Yogyakarta yakni setelah Jembatan Karangsemut air terjunbelok kiri hingga menemukan percabangan jalan ambil yang arah kiri hingga menemukan gerbang Desa wisata Wukirsari ikuti jalan tersebut hingga menjumpai percabangan lagi yang membentuk huruf Y ambil yang kanan dan sesampainya di lokasi makam Giriloyo ambil arah kekanan maka hingga ujung jalan dan anda bisa memarkir kendaraan anda di area tersebut kemudian berjalan kaki menyusuri jalan bebatuan untuk menuju ke lokasi tersebut.

 

How to get there :

  1. Dengan Kendaraan umum turun di pertigaan setelah jembatan Karangsemut, dan dilanjutkan perjalan menuju desa wukirsari
  2. Denga menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Tempat terdekat :

-           Makam raja raja Imogiri

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi berada dikawasan kota Yogyakarta diantaranya Hotel Ibis Malioboro dikawasan Malioboro atau Hotel Indah Palace Yogyakarta yang berada dikawasan Prawirotaman

 Peta Lokasi :

Lihat Air Terjun Cengkehan di peta yang lebih besar

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat diklik disini

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata air terjun di bantul
  • air terjun giriloyo
  • wisata alam bantul
  • air terjun cengkehan
  • tempat sepi bantul
  • tempat makan di imogiri bantul yogyakarta
  • perbukitan di jokjakarta
  • daerah wisata bantul
  • Air terjun wukirsari imogiri
  • air terjun batu seribu